GAME OVER – Bonus Stage V [My Dimension, My Rules] — IRISH

G    A   M   E       O   V   E   R

starring Byun Baekhyun, Invisible Black

Game Level(s):

Bonus Stage I: Tacenda Corner — Bonus Stage II: Eden’s NirvanaBonus Stage III: Royal ThropeBonus Stage IV: Spotlight Effect — [PLAYING] Bonus Stage V: My Dimension, My Rules

2017 © GAME OVER created by IRISH

♫ ♪ ♫ ♪

Bonus Stage [5] — My Dimension, My Rules

In Author’s Eyes…

“Pertemukan aku dengannya.”

“Tidak bisa. Dia mungkin akan salah paham.”

“Mengapa? Bukankah kita dua orang yang berbeda?”

Baekhyun mendongak, ditatapnya sosok dengan paras serupa dengannya yang sekarang berdiri menyandarkan tubuh di dalam sebuah tabung kaca bening dengan kedua tangan terlipat di depan dada dan pakaian serba hitam yang kontras dengan kulit pucatnya.

“Dimensiku, aturanku.” tandas Baekhyun berhasil membuat decihan kasar lolos dari bibir sosok yang memiliki bentuk fisik sama persis dengannya itu.

“Aku tidak membuat pengecualian yang sama padamu ketika kau ada di dalam dimensiku, Byun Baekhyun.” balasnya tidak ingin kalah.

“Lalu mengapa tidak kau tunjukkan saja memorimu kepadaku, Invisible Black?”

Sosok itu terdiam saat mendengar ucapan lawan bicara—ralat, lebih tepatnya lawan debatnya—sekarang. Ekspresi serius yang dia pasang di wajah seolah jadi pertanda bahwa dia sedang berpikir keras.

“Tidak bisa. Memoriku, adalah milikku.” kata sosok berpakaian gelap tersebut.

“Lalu apa bedanya? Kau adalah bagian dariku, kau tidak ingat? Tanpa adanya bagian dari diriku yang kupindahkan secara sistemik, kau juga tidak bisa hidup. Sekarang, aku hanya menuntut ingatanku kembali, tapi kau tidak memberiku akses untuk melihatnya.” kata Baekhyun, hampir frustasi.

Bukan salahnya jika dia membuat sebagian kecil dari benaknya untuk hidup di dalam sebuah sistem. Tapi, mana Baekhyun tahu kalau sistem tersebut akan menolak untuk mengembalikan ingatannya?

“Ingatan dan perasaan yang ada padaku, adalah milikku, Baekhyun. Kalau kau memilikinya, apa yang akan tersisa dari diriku?”

Tawa meledek lolos dari bibir Baekhyun sekarang.

“Kau hanya sebuah karakter fiktif, Invisible Black. Apa kau sudah lupa di mana kau berada sekarang?”

“Kalau begitu, masuklah ke dalam WorldWare, Baekhyun. Rebut kembali ingatanmu dariku. Jika kau berhasil mengalahkanku, kau bisa memiliki memori yang kumiliki.” Invisible Black berkata, mengutarakan sebuah tantangan kepada penciptanya sendiri.

Geram, Baekhyun lantas melangkah ke arah sosok Invisible Black yang sekarang dihadapinya dalam bentuk hologram tersebut. Dia sungguh tidak ingat kalau karakter ini akan punya sifat keras kepala yang sangat persis dengannya, tapi Baekhyun juga tidak bisa berbuat banyak.

“Mengapa aku harus masuk ke dalam permainan mematikan itu lagi?” tanya Baekhyun segera membuat Invisible Black tersenyum sarkatis. Dia tentu tidak akan selemah ini jika keduanya berada di dalam WorldWare. Tapi Baekhyun juga tidak bodoh, dia tahu apa resikonya kalau dia masuk ke dalam game itu lagi.

Ego Invisible Black juga tidak bisa dia abaikan. Jelas dia tidak bisa berbuat apa-apa kalau karakter itu sudah menantangnya dengan begitu lantang.

“Dimensiku, aturanku. Kau sendiri yang mengatakannya, ingat?”

*

*

*

Hola!

Lagi-lagi kita berjumpa di bonus stage. Kali ini aku sedikit ngasih spoiler cerita di atas sana (untuk informasi nanti potongan cerita di atas akan ada di salah satu level Game Over, rahasia ya level berapanya) tapi kayaknya aku sudah bagi-bagi spoiler yang luar biasa besar kali ini, LOL. Dan aku bangga karena bagi-bagi spoiler.

Jadi, sesuai dengan apa yang aku bilang di fingernotesku level 37 dan 38, jadi hari ini aku bakal menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian (tentunya yang bisa dijawab dengan logika dan nalarku ya) ini mumpung otak aku lagi waras, jadi jawabannya mungkin aja akan jadi normal.

*

*

*

Chen akan segera sadar kok, segera, kalau nanti Johnny berhasil ngebangunin dia tentu aja, lol. Dan juga, tujuan Sehun musuhin di WorldWare enggak lain dan enggak bukan adalah supaya enggak kentara kalau Sehun sebenernya kenal sama Baekhyun di real life. Yah, gimana ya, Invisible Black pasti bakalan bertanya-tanya kan kalau tiba-tiba ada player sok kenal sok deket yang bilang kalau di dalam Invisible Black itu ada ingetan orang lain?

*

Bisa, jawabannya bisa, tergantung gimana usaha Johnny buat ngebikin Seungwan jatuh hati doong, berhubung level 41 sudah publish jadi sudah tahu juga kan kalau hubungan Seungwan-Baekhyun juga udah berlanjut?

*

Untuk angka kekonsistenan, iya, aku masih konsisten buat ngebikin mereka enggak bersatu: Byun Baekhyun sama Song Jiho ini. Kalau kemungkinan hidup mas Johnny jadi cerah tentu ada, sebenernya hidup Johnny bakal jadi cerah kalau sahabatnya—Jongdae—tersadar dari koma berkepanjangannya kok (: kalau kemungkinan Johnny sama Seungwan… gimana ya enaknya ya…

*

Kalau masalah ingatan, itu ingatannya Invisible Black. Lebih jelasnya sudah ada di level 41 di mana memori Invisible Black dan Byun Baekhyun adalah dua ingatan yang berbeda. Jadi tolong, jangan kaget kalau Byun Baekhyun enggak inget sama sekali sama Jiho ya.

*

Masalah tubuh Baekhyun kenapa bisa enggak apa-apa selama empat tahun, nanti akan ada penjelasan secara medis yang aku selipin, mungkin di level 42 atau 43, tapi sebenernya setelah terbaring selama empat tahun tentu aja badan Baekhyun enggak akan senormal dulu. Apalagi, selama empat tahun dia enggak punya ingatan.

Kalau Jongdae yang ada di rumah sakit, nanti sekitar level 45 ke atas akan ada penjelasannya, enggak afdol kalau aku jelasin di sini sebab itu jadi spoiler super besar, wkwk. Tapi yang jelas, memang komanya Jongdae jadi alasan yang memaksa Johnny buat terjebak di NG Soft (haseeekk).

*

INI PERTANYAAN FAVORIT.

Haruskah saya buat cerita satu sisi tentang Kim Haejoon?

Kim Haejoon di dalam Game Over adalah kakak biologis dari Kim Junmyeon (yang dulu berstatus sebagai mahasiswa manajemen tanpa ketertarikan pada game) yang dalam hal ini, diberi tanggung jawab penuh atas NG Company. Kenapa dia jahat? Enggak kok dear, Haejoon bukannya jahat. Dia cuma pakai strategi untuk mempertahankan perusahaannya, juga nama baik perusahaan itu sendiri.

Ada alasan yang ngebuat dia enggak ngasih kepemimpinan juga pengembangan WorldWare ke adiknya sendiri, karena adiknya sama sekali enggak suka game, sukanya main bisnis (itu juga yang ngebuat Junmyeon akhirnya nyewa Agen Moon, inget?) lalu, Haejoon ini main politik, mana yang menguntungkan dia ambil, yang udah gak menguntungkan dia buang.

Byun Baekhyun adalah salah satu pion yang udah dia anggep enggak berguna. Karena game yang sudah dikembangkan Byun Baekhyun (Rule The World) bisa dia ambil alih sebagai kepemilikan NG Soft, jadi dia buang aja Byun-nya, tanpa tahu kalau mengubah Rule The World menjadi WorldWare berarti dia siap ambil resiko tentang kerusakan-kerusakan di dalam game.

Dari sana dia mempekerjakan programmer jenius lain yang di masa lalu menjadi rekan sejawat Byun Baekhyun (programmer ini adalah Kim Jongdae) yang kemudian karena satu-dua hal dianggap Haejoon enggak berguna lagi dan akhirnya berusaha untuk dia singkirkan.

Enggak beruntung, dia enggak berhasil nyingkirin programmer-programmer ini sepenuhnya. Jadi dia cari alternatif lain, narik seseorang untuk bekerja secara paksa di bawah kendalinya, dan korban itu adalah Seo Johnny.

Sekarang, mulai jelas kan hubungan Baekhyun-Jongdae-Johnny di dalam cerita ini?

*

Alasan Jongdae bisa ada di rumah sakit sudah aku jelasin di atas.

Kalau yang diomongin Haejoon sama pihak militer nanti kita bahas lebih lanjut di level berikutnya. Tapi, Junmyeon berusaha nyuri prototype bukan semata-mata karena dia kepengen hak milik WorldWare, tolong diingat. Junmyeon bukan orang jahat kok…

*

Rencana awal yang dibuat Sehun dan Baekhyun adalah berusaha mencari ‘bugs’ yang ada di dalam WorldWare. Karena pencurian Rule The World ini pada dasarnya enggak ngebuat Baekhyun rela dan ikhlas, dan dia juga tahu dengan adanya pencurian, apalagi penggantian pimpinan proyek, secara otomatis ada yang salah dengan WorldWare, yang belum sempat Baekhyun selesaikan saat dia ada di NG Soft.

Mau enggak mau, dia harus masuk ke dalam WorldWare, pilihannya cuma dua: dia masuk ke WorldWare secara game/system, atau dia masuk ke dalam NG Soft. Dan bagi seorang jenius cyber kayak Baekhyun, masuk dari sistem lebih mudah.

*

Iya, di awal memang ada penjelasan tentang Sehun yang deket sama Jiho, kak ~ tapi kayaknya di awal-awal level flashback (ada bagian di mana Baekhyun sama Seungwan ngehabisin waktu berdua di flat mereka yang ada di Paris) aku sudah ngasih clue cukup jelas tentang siapa yang ‘minjem’ identitas Sehun sebagai rekan LDR Jiho di sini.

Untuk sekedar ngingetin lagi, kalau bentuk avatar/karakter seseorang belum tentu sama persis kayak fisik mereka di real. Kenapa? Karena tentu aja di dalem game ada efek-efek tertentu yang dibuat sama programmer untuk ngebuat karakter dalam game itu lebih terlihat realistis dan menarik.

*

Di dalam WorldWare, Baekhyun enggak pernah terbangun, ini perlu digaris bawahi, wkwk. Dari awal, Invisible Black yang terbangun di dalam WorldWare, tapi dia punya ‘tamu’ dalam benaknya, yaitu benak/pikiran milik Baekhyun.

Alasan yang ngebuat Jiho muncul dalam ingatan Invisible Black di awal kebangkitannya, enggak lain dan enggak bukan karena Jiho jadi bagian dari ingatan samar seorang Byun Baekhyun beberapa waktu sebelum dia masuk ke dalam WorldWare. Yah, jadi umpamanya kayak kalau kalian tidur, terus mimpi, dan saat kalian bangun kalian masih samar-samar inget sama mimpi itu.

Tapi, karena Invisible Black diciptain dengan basic ingetan milik Baekhyun dan kepribadiannya, jadi enggak kaget aja kalau dia juga penasaran soal orang-orang yang terakhir kali ada diingetan ‘tamu’-nya ini.

Gimanapun, Invisible Black terbangun tanpa inget apa-apa, kan?

Kalau soal Baekhyun sadar dan inget Jiho… jawabannya, enggak. Karena ingetan Invisible Black dan Baekhyun itu berbeda.

*

Iya, memang Invisible Black sama Baekhyun itu dua orang yang berbeda. Di level 41 sudah ada dengan jelas kalau mereka adalah dua orang yang berbeda, tapi berasal dari satu sumber ingatan yang sama (karena Invisible Black diciptain sama Byun Baekhyun).

Secara harfiah, cuma ingetan Baekhyun aja yang masuk ke Invisible Black. Tujuan Baekhyun, dia bisa berkuasa atas ingetan Invisible Black, tapi karakter itu ‘menolak’ untuk dijajah, dia juga ingin hidup bebas, itu yang ngebuat Baekhyun akhirnya terjebak di dalam ingetan Invisible Black.

Kalau aku pribadi… soal pdkt-nya Baekhyun-Jiho sih lebih enggak sampai hati aja kalau mau misahin Baekhyun-Seungwannya :’D

*

Invisible Black terbangun tanpa ingatan, dia cuma dapat ingatan sekilas dari Baekhyun yang ingetannya terjebak di dalam sudut pikiran Invisible Black sebagai salah satu produk artificial intellegence yang Baekhyun ciptain.

Kalau masalah bisa enggak Baekhyun inget sama Seungwan yang fisiknya sudah dicopypaste sama seorang Seo Johnny ke Red Hair Witch aka Wendy, mari kita balik lagi ke teori yang ada di atas: yang ada di dalam Invisible Black cuma sebagian kecil ingetan Baekhyun. Baekhyun sendiri secara fisik tertidur di kehidupan nyata, dan ingatannya terjebak di sudut ingetan Invisible Black.

Soal inget atau enggaknya sama Sehun, jawabannya idem sama Seungwan ya…

*

YAP! Ini pertanyaan jenius!

Yuta adalah prototype dari Invisible Black. Invisible Black diciptain sama Baekhyun atas dasar keberhasilannya dia nyiptain Nakamoto Yuta sebagai produk untuk NG Soft. Kemudian, karena Rule The World diciptain sama Baekhyun, bukan enggak mungkin kalau dia juga masukin karakter Nakamoto Yuta ke dalam Rule The World, kan?

Secara otomatis, selama di NG Soft, Yuta adalah temen Baekhyun juga.

Hal yang ngebuat Invisible Black ngerasa ‘familiar’ sama leader dari tiga Town besar WorldWare: Royal Thrope aka Seo Johnny, White Lion aka Park Chanyeol, YourZeus aka Kim Junmyeon enggak lain dan enggak bukan karena residu/sisa ingetan Baekhyun yang terjebak di dalam diri Invisible Black itu sendiri.

Gimana harus ngejelasin situasinya… ini tuh ya seumpama kalian kebangun, dan kalian ngerasa, kalian tau kalau di dalam diri kalian itu ada orang lain yang juga hidup, tapi orang lain di dalam diri kalian itu enggak bisa berbuat apa-apa, karena kalian enggak mau kalau mereka sampe sadar dan nguasain diri kalian.

Invisible Black sadar kalau di dalam dirinya ada orang lain, dia juga sadar kalau dia cuma sekedar karakter fiktif, tapi dia juga mau hidup, dia kepengen ngerasain jadi karakter game dan hidup di WorldWare, karena pada akhirnya programmer NG Soft enggak berhasil nemuin masalah utama dalam WorldWare: NPC yang bisa berpikir mandiri.

*

Jawaban:

  1. Yap, Yuta kenal kok sama Baekhyun di dunia nyata, tapi dia juga bertemen baik sama Invisible Black. Yuta tau atau enggak kalau Baekhyun ada di dalam Invisible Black? Enggak, jelas enggak tau lah dia. Gimana bisa tau? Orang yang dia kenal aja dua orang berbeda kok. Yang satu manusia, yang satu karakter game. Bagi Yuta, dua orang itu adalah dua orang yang berbeda.
  2. Ini darimana tembusnya bisa Jiho dapet invisible mode? Invisible mode hanya bisa didapetin player dengan membeli mode tersebut, atau kalau player itu ada di rank nomor satu (ada penjelasannya kayaknya di levellevel awal Game Over) jadi ngebunuh Invisible Black cuma menghasilkan pengurangan waktu dan lima puluh pouch..
  3. Penjelasannya ada di atas, pertanyaan dari kak Memey di urutan nomor sembilan. Kata ‘ldr’ cuma dipakai sama Jiho secara sepihak, ya…

*

Ini juga pertanyaan yang jeli dan teliti, wkwk. Iya, memang kan aku ceritain kalau Seungwan sama Liv dan Sehun sudah lost-contact. Karena Seungwan udah ngerasa dibohongin Sehun sejak awal (yang Baekhyun masuk ke WorldWare tanpa izin Seungwan itu loh!) akhirnya Seungwan pun berusaha untuk cari alternatif rencana yang lain.

Apa aja yang udah berhasil Seungwan lakuin selama dia lost-contact sama Sehun dan Liv? Nanti akan ada penjelasannya di level berikutnya kok.

Btw, hatimu enggak akan teriris sama level 40 kok… justru level 41 yang lebih bikin miris, wkwk.

*

Arti game over di dalam game ini baru diketahui oleh Song Jiho, aka HongJoo. Karena dia yang memang diberitahu sama karakter-karakter NPC yang aware terhadap apa yang sedang terjadi di dalam WorldWare.

Sejatinya, karakter-karakter di dalam WorldWare semuanya baik kok, karena mereka memang diciptain sebagai karakter baik. Tapi ada ‘perintah’ yang ngebuat sebagian dari mereka harus jadi villain, dsb.

Moon Taeil sendiri taunya perkara WorldWare secara file, sistem, yang ada di kehidupan nyata. Informasi yang dia dapet tentang WorldWare belum sampai sistem politik-militer yang ada. Karena nanti masalah politik-militer ini mari kita kembalikan kepada yang bersangkutan: Baekhyun, selaku pemilik dan pencipta Rule The World.

*

Posternya udah keganti, btw… huhu.

Wajahnya, sama lah sama. Cuma ya gitu, istilahnya kayak kalau kita selfie terus dikasih filter-filter sama edit sana-sini terus tiba-tiba aja kita jadi super cantik karena hasil filter, game juga punya hal yang sama.

Enggak mungkin kan mereka bisa bikin clonning wajah yang sama persis? Pasti ada efek filter sana sini, dandanan, biar lebih bernuansa game, tentu aja. Kayaknya masalah fisik ini udah pernah dijelasin sedikit sebelum Jiho dkk masuk ke survival mode WorldWare versi 4.2.4. (tolong diinget kembali saat mereka ketemu Hana dan Doyeon, yang mereka bilang kalau wajah Jiho beda banget sama di game).

Tentang karakter yang diciptain Baekhyun, memang Invisible Black ini bukan bagian dari WorldWare (ada kok penjelasan tentang karakter ilegal ini) tapi Invisible Black adalah sistem AI yang Baekhyun ciptain untuk penyelamatan diri. Terpaksa aja dia tarik ke WorldWare, dia sempilin secara ilegal ke dalem WorldWare demi kepentingan bersama.

Inget, awalnya Invisible Black enggak punya stage tetap, kan? Karena dia memang bukan diciptain untuk jadi bagian dari WorldWare… Eden’s Nirvana, adalah stage yang berhasil dia rebut dari karakter lain.

Baekhyun, kehilangan kesadarannya saat dia masuk ke dalam WorldWare. Itu hal yang enggak dia sadarin, kalau masuk ke WorldWare adalah rencana yang keliru, rencana gagal. Sementara Invisible Black sendiri ‘sadar’ kalau seseorang udah masuk ke dalam dirinya dia.

Karena Invisible Black sadar, sedangkan Baekhyun enggak sadar, udah enggak perlu lagi ada perebutan fisik untuk bertahan, kan? Invisible Black otomatis bisa hidup tanpa harus merasa terusik sama Baekhyun yang berusaha untuk hidup. Padahal, dia sendiri terganggu sama bagian-bagian dari ingetan Baekhyun yang ada di dalam dirinya dia.

*

*

*

Nah, akhirnya aku selesai menjawab beberapa pertanyaan yang bisa aku jawab dengan nalar dan logis juga penuh kejujuran di atas, rasanya lega sekaligus kepikiran, wkwk. Masih adakah yang akan bertanya-tanya soal WorldWare atau alur Game Over lagi padahal aku udah jelasin sampai titik kerincian paling akut kayak di atas?

Gimanapun, aku tetep menerima semua pertanyaan juga kebingungan kalian, walaupun kadang aku enggak sempet jawabnya karena udah keburu aku jelasin di levellevel berikutnya dari cerita ini.

Pada dasarnya, semua pertanyaan itu nanti akan terjawab oleh semua level yang ada di Game Over. Karena aku enggak ngebuat cerita ini sebagai cerita dengan misteri yang enggak terpecahkan. Cuma ya, butuh waktu dulu buat ngejawab semua misteri itu, dan enggak semua misteri harus diselesein sama karakter utama (dalam hal ini Byun Baekhyun dan Song Jiho) karena kehadiran semua pemeran/karakter pembantu dalam cerita ini, sama pentingnya dengan kehadiran dua karakter utama kita.

Gimana lagi, sebuah cerita yang seru enggak akan jadi seru kalau masalahnya cuma berputar-putar di dua orang karakter utama aja. Setidaknya, kalian akan jadi perhatian sama karakter-karakter pembantu di dalam cerita itu, karena masing-masing dari mereka juga punya peranan penting untuk membangun cerita, dan menyelesaikan masalah yang ada. Meskipun, pemeran utama tetep jadi perhatian utama kita semua.

*

Kiranya, sekian dulu yang bisa aku celotehkan di bonus stage kali ini. Menginget judulnya adalah ‘Dimensiku, Aturanku’ jadi udah jelas banget aku berusaha ngasih tahu kalian, tolong jangan pandang WorldWare dan dunia di dalamnya sama dengan dunia nyata tempat kita hidup sekarang.

Ada aturan yang berbeda di dimensi tempat para karakter hidup, dan aturan berbeda juga manusia ciptain di dunia mereka. Aturan-aturan itu, enggak akan bisa jadi satu, dan enggak akan bisa diterima dengan mudahnya tanpa ada perdebatan dan perselisihan.

Biar aku berbagi fakta kecil dulu, kalau nama WorldWare enggak semata-mata diciptain untuk ngeganti nama Rule The World loh… kedua nama itu: WorldWare dan Rule The World, sama-sama punya arti mendalam yang menggambarkan game itu sendiri, dan nanti akan dijelaskan di dalam cerita.

*

Terima kasih atas waktu yang sudah kalian habiskan untuk membaca bonus stage kali ini. Sampai bertemu di bonus stage berikutnya. Salam hangat, Irish.

kontak saya  Instagram  Wattpad  WordPress

25 tanggapan untuk “GAME OVER – Bonus Stage V [My Dimension, My Rules] — IRISH”

  1. Aku baru update lagi setelah sekian lama sibuk di dunia nyata. Btw agak kecewa juga karna komenan aku ga ada di atas, tapi ya karena komen di atas ad beberapa yang sepemikiran sama aku jadi ya yaudah, toh udah kejawab juga sama mba rish hahaha… Aku masih punya hutang 5 level lagi yang belum di baca. Baca level ini juga aku sempetin di antara pekerjaan yang menggung hanya karna aku masih penasaran sama jalan ceritanya wkwkwk
    Oiya mba rish aku juga mau tanya akun wattpad mba rish masih aktif ga sih ya? Soalnya aku mau baca di wattpad yang game over tapi cuma ada 14 level doang kalo ga salah. Kalaupun di privat aku udah coba follow akun mba rish dan logout akun aku tapi udah beberapa kali aku coba masih belum berubah. Mohon di jawab ya mba rish hehehe… terimakasih atas waktunya kalo emang komenan ga berfaedah ini di baca dan di jawab hihihi.. Salam manis dari Neli yang kurang manis.. Tetep semangat lanjutnya ya mba rish.. Fighting!!!

  2. gomawo kak irish udah jawab pertanyaan ku ,urutan pertama pulak tu😂 mgkn krn aku yg komen plg terakhir y😭. akhirnya pertanyaan yg selama ini belum terjawab ditanya oleh orang lain krn aku ga kepikiran buat nanyak 😁. duhh jadi ga sabar buat baca next lv
    game over di wattpad baru sikit ya kak lv nya….

    cocok nya game over ni diterbitkan aja deh soalnya aku sering liat buku2 di gramedia yg awal ny tuh dari wattpad
    kk tuh cocok bgt bikin buku soalnya cerita kk tu perfect bgt 👍👍👍

  3. pengen nya kim haejoon nti di akhir cerita di tangkap oleh kepolisian. dan bertanggung jawab atas semua kejadian di game over. krna seperti nya akar dri semua masalah disni tuh haejoon.

  4. Waahhh.. Aku shock berat.. Udah nggak tau mau nulis apa..
    Semua pertanyaan di atas udah hampir mewakili semua pertanyaanku, dan jawabannya membuatku shock..
    Spoilernya juga membuatku shock 😮😮😮
    Jadi baekhyun g bakal inget apa2 nih selama di worldware? Nggak bakal inget jihoo jugaa, huhuhu..
    Invisible black tangguh juga yaa, nggak mau ngalah dia lho sama penciptanya.. Kurang ajar emang wkwkwk

  5. Spoilernya benar benar membuatku shock
    Jadi si invisible black juga muncul didunia nyata tapi dihologram
    Gimana reaksi Baekhyun kalo dia dapet memorinya invisible yah??

  6. Yah kak irish, terjawab sih terjawab tapi kkok bkin aku tambah penasarannn… ini salah mu loh kak, jawabnya stengah stengah, bkin kepo lagi. Ya udah deh gak papa, kk udah mau jawab pertanyaan abstrak dari aku. So thank you kk..

    Aku mw tanya nih kk, soalnya agak ganjal nihhh… kan kk jawab pertanyaan dari lely anggraini, soal knpa invisible black ingat ama jiho, klw itu ingatan samar samar nya baekhyun. Knpa dia gak penasaran sama wendy, secara gitu wendy kan d ciptain mirip seunghwan, terus seunghwan kan lebih dekat sama baekhyun dari pada jiho yang cuma ketemu sekali kalI?

    Udah deh itu aja pertanyaan nya. Keep writing ya kk♡♡

  7. wkwkwkwkw…dua pertanyaanku dijawab..pertanyaan gak jelas ya rish…dan kedepannya mungkin aku bakalan ngebuat pertanyaan lebih gak jelas lagi .berhubung diriku ini suka LOLA dalam memahami sesuatu..hihi..
    keep writing ya rish…

  8. Kebingungan aku yg awal nya ada gambar tanda tanya nya sekarang jadi terisi ↖(^▽^)↗ lengkap banget penjelasannya thor,, sejauh ini kusudah paham gatau deh baca level 41 masih paham apa engga (*¯︶¯*) baekhyun minta ingatan sama invisible black itu biar tau apa masalah yg ada di worldware dari dalem game nya itu sendiri kah?

  9. Dibikin galau lagi di bonus stage ini T.T
    Baekhyun yang debat sama invisible black yang gak laen gak beda adalah pantulan dirinya sndiri :”v yg sama” punya sifat yang gak mau kalah bahkan debat pun seimbang dan saling tuker kata dgn kalimat yg sama ;”v
    plz ka Rish, greget bngt ini Baekhyun sma invisible xD

    btw, makasih ka Rish yang udah ngejawab kebingungan aku yang kelewat katro :”v otak lambat dan semacemnya xD ❤ ❤ jadi gak bingung lg dan malah galau nh jadinya..

  10. Ga tau mau komen apa, yg pasti makasih kak irish uda uda kasih sedikit pencerahan ama kebingunan kita wkwkwk.

    Jadi aneh baca baekhyun asli dan baekhyun palsu saling bicara wkwkwk..

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s