WINTER PROJECT – WINGS – FOREWORD — IRISH’s Story

foreword-wings

— WINGS —

~

collaboration project

by

— ALTAIR x IRISH —

~

FOREWORD

~

Percayakah Anda kalau diriku bisa merasa grogi saat mengetik foreword?

Tidak percaya? Maka percayalah… karena menulis foreword secara kolaborasi itu lebih sulit bagiku daripada menulis fanfiksi kolaborasi.

P.s: pertamanya, ini foreword udah normal. Sampai beberapa hari kemudian ane menemukan fakta-fakta mengejutkan yang ngebuat ane ngerombak ini foreword.

HAI!

Diriku tau, orang-orang udah bosen melihat wajah lama, terutama kalau aku—Irish—yang harus bercuap-cuap ria di foreword. Karena kali ini diriku peka, aku tau kalian pasti lagi mempertanyakan nama baru yang ada di atas sana.

Halal kan kalau forewordnya fokus sama dia aja? LOL.

Dan dia, adalah Altair. Yang seringkali ane panggilin ‘Al al’ kalo enggak ‘Nak’ di japrian, LOL. Mau kenal? Kenalan aja, kenalan. Dia baik gak cem ane demen ngomel.

Gimana sejarahnya ane bisa nemu Altair dan berujung sama cerita ini?

Klasiknya, cerita ini terlahir karena sebuah ‘kebetulan’ dan ‘rencana dadakan’. Gini sejarahnya:

Di akhir bulan September, secara kebetulan diriku bertemu dengan roleplayer dari Byun Baekhyun—cabe internasional yang berubah jadi ultimate bias—datang untuk menguji kemampuan ane berbahasa inggeris yang satu-dua sampe ane harus buka gugel translate hingga akhirnya ane menyerah dan memilih untuk menghancurkan harga diri. Gimana dia bisa menghancurkan harga diri ane karena bahasa inggeris? Tanya dia aja. (Al, jangan ketawa pas baca bagian ini, serius). Di kemudian hari, ketahuilah kalau pas ane mengeluh soal bahasa inggeris di telepon, Al malah ketawa jahat. Sedih.

Udah ah italicnye, ane ga tahan liat tulisan miring-miring.

Jadi begini, setelah pertemuan dan penghancuran harga diri itu, Al (bukan Al, El, Dul, loh. Tapi dia Altair, kenalan sono, WAJIB) dengan begitu ajaibnya mengajak diriku buat kolaborasi di sebuah cerita fantasy. Fantasy. Ane ulangi. Pure fantasy (dikasih bold, italic, underline, biar greget).

TAHUKAH ANDA KALAU MENULIS PURE FANTASY itu adalah sebuah hal yang enggak masuk akal buat aku selesaiin sendirian? Serius. WKWK. Kalau kalian baca beberapa fanfiksi fantasy aku, enggak ada yang pure fantasy, dan baru seorang Altair yang ngajak ane buat bikin pure fantasy  dalam bentuk chapterred (hal yang dengan jujur ane bilangin ke Al kalo ane minder, LOL).

Sekali lagi, tolong diingat kalau nanti di cerita ini kalian harus lebih sering berterima kasih sama Al daripada sama ane. Bukan berterima kasih ke Al kakaknya El dan Dul, tapi dia adalah Altair, si Ketos yang ngaku-ngaku Humas.

KENALAN SONO. KENALAN. WAJIB KENALAN KARENA INI CERITA LAHIRNYA KARENA DIA.

Nah di sini ane udah enggak bisa berkata-kata, jadi ane poin-poin aja:

  1. Altair jago bahasa inggeris (sengaja ane tulis inggeris, huh) jadi kalo ente ada Pe-Er bahasa inggeris, silahkan minta bantuan dia, WKWKWK.
  2. Altair seumuran sama adik ane, jadi ente jangan jahatin dia, jahatin dia berarti jahatin adik ane, nanti yang jahatin dia ane tendang. Kagak tau kan ente-ente kalo diriku ini berjiwa patriot sebagai seorang kakak?
  3. Altair itu ngakunya Humas di sekolah, padahal ane yakin dia Ketos. Why? Karena dia itu bisa memplanning semua hal dengan begitu sempurna. JADI, ente semua kudu bersyukur karena Wings bakalan update Udah dibikinin jadwal sama Al.
  4. Altair itu ngakunya berimajinasi ‘biasa’ tapi tahukah kalian kalau dia sudah membuat saya ternganga akibat membaca imajinasi dia yang dalam waktu semalam bisa membuat plot untuk cerita secara keseluruhan dari awal sampai akhir? JADI, berterima kasihlah ente-ente semua karena ini fanfiksi gak akan berakhir stuck.
  5. Altair itu BENER-BENER KETOS di sekolahnya! Ane yakin! 100% YAKIN. WHY? Karena dia rajin banget ngobrakin ane buat ngetik, persis macem Ketos yang ngobrak anak buah buat nyelesein proposal kegiatan. Ya amsyong ane sampe enggak bisa bermalas-malas ria. Biasanya kelakuan ane kalo males nulis epep kan tidur-tiduran, kelonan sama guling, semenjak kenal si Ketos yang ngaku Humas ini ane jadi rajin.
  6. He’s a perfectionist. INI DUGAAN ANE. Kenapa? Karena Al ini bisa mikirin plot yang supeeeeerr sekali di saat ane bahkan enggak bisa mikir apa-apa. Tau kagak di tempat kerja hape ane bunyi klang-klung sampe belasan kali (sebenernya dua puluh satu kali) gegara nerima ide-ide dia (yang aibnya, dia dapetin di tempat sakral) tentang plot Wings?

DAN AL BISA NEMU TYPO. WKWK. TYPO SEHURUF AJA DIA BISA NEMU. INI SUPER AMAZING.

  1. Altair itu perah ngaku-ngaku ada ulangan Matematika sama Fisika, tapi malemnya dia ngetik fanfiksi, dan besoknya (saat normalnya dia harusnya masih di sekolah) dia juga bisa ngetik fanfiksi… disitu saya jadi ingin gigit tembok saking gregetnya.
  2. Enggak seperti ane yang hobi tebar kepslok dimana-mana, Al itu kalem. (pft, kalem, kalem… kalem) karena dia cuma keluarin kepslok di saat-saat tertentu aja, dan bisa dihitung jari kapan dia kepslokan.
  3. INI TAMBAHAN (1). Al itu demen thriller! Dia sering mau gelitikin ane pake golok. Kalo ane molor masalah poster pasti Al nyari-nyari ane karena mau dia tikam lambung ane. Kalau besok-besok tetiba ane ilang, ente semua patut curigain Al sebagai pelaku penculikan ane.
  4. INI TAMBAHAN (2). Al itu kadang-kadang ketularan ane, bisa nujum. Khususnya, dia bisa tau ane lagi ngapain. Ya jadi ketauan gitu kalo pas ane lagi males-malesan ngetik fanfiksi atau bikin poster. Pft~
  5. INI TAMBAHAN (3). Perlu diketahui kalo kadang ane sama Al suka tukeran keadaan dan kemampuan. Ada kalanya Al berubah lola dan ane yang sedikit pinter, dan ketika Al udah ngegas (otaknya) pasti ane yang lola. Bahkan kata si Al, ane lebih lola lagi di versi telepon… jahat kan? Padahal dia lebih kejam karena mendeskripsikan adegan thriller di telepon.

Itu sembilan, sekarang sebelas poin dia doang. TENANG. Jangan protes ke ane kalo ente pada pengen tau dia langsung. Forewordnya juga ada si Al.

TAMBAHAN, lagi. Ada beberapa hal penting yang perlu ane ungkapin kebenarannya setelah Al selesai ngetik foreword bagian dia, LOL.

  1. Al ternyata bener-bener seorang perfectionist, calon ketos dan calon ketua BEM. WHY? Karena dia bergolongan darah A dan TERJAWABLAH SEMUA PERTANYAAN ANE TENTANG DIA YANG MIRIP KETOS.
  2. Al ini kadang-kadang bisa jadi sangat—kelewat—bijak, dibanding ane yang bermental SMP tapi sudah berkepala dua, Al yang masih berusia belasan justru punya daya pikir yang lebih dewasa dan rasional (ini sudah teruji secara klinis, ada izin BPOM sama label halalnya) jadi selain berprofesi sebagai menejer, Al bisa jadi temen curhat, LOL.
  3. Saat pengerjaan Wings—khususnya prologue sampai saat ini, belum yang lain—ane dan Al sama-sama pernah begadang, BAYANGKAN, KITA BEGADANG, CEM MAU NUNGGU SERANGAN FAJAR UNAS.
  4. Dibalik semua versi thriller dan perfectionist-nya (sumpah, ini Al kadang pengen bikin ane ngejitak dia, gitu, saking geregetannya) ternyata Al itu juga seorang adik yang selalu rela jadi pelampiasan omelan ane, LOLOLOL. TANYA DIA, berapa kali ane omelin dalem sehari, udah saingan ane sama emak-emak kalo urusan ngomelin si Al biar dia kembali ke jalan yang benar.
  5. Ada dua momen yang bikin ane terhuray ketika ngenal Al. Satu, saat Wings ternyata dia konsulin ke Gurunya juga di sekolah (ini gabisa dipercaya tapi beneran) itu guru yang berjiwa muda apa Al yang hobi gosipan sama guru? Entah. Dan yang kedua adalah ucapan dia beberapa hari lalu yang berkata kalo dia sepaket sama ane. Meski terdengar macem diskon akhir tahun, tapi kata-kata itu ngebuat ane yang berjiwa patriot ini terhuray!
  6. Di foreword si Al, bagian dalem kurung itu bukti ane berani ngutak-atik foreword dia :p padahal Al udah ngelarang, WKWK.

Dan kayaknya, beberapa informasi tentang Wings ujung-ujungnya harus kalian tanyain sama Al karena enggak afdol kalau aku yang jelasin. Diantaranya:

  1. Kenapa judulnya Wings? TANYA AL.
  2. Berapa chapter Wings nanti? TANYA AL.
  3. Gimana konsep Wings ini? Gimana sejarahnya dibikin begitu? TANYA AL.
  4. Siapa main cast Wings? Kenapa mereka yang jadi main cast? TANYA AL.
  5. Kapan chapter pertama Wings bakal release? TANYA AL.

Pertanyaan-pertanyaan simpel juga boleh kalian tanyain ke Altair di kolom komentar. Tapi kalo pertanyaan yang ruwet, ane kuatir apa Al bakal jawab (kali aja ente tanya kapan Baekhyun balikan sama Taeyeon, atau tanya kapan Kai ngebawa Krystal ke KUA).

Sekian dariku. Biarkan Altair melanjutkan foreword cerita ini.



 — ALTAIR x IRISH —

 

Well,  terima kasih untuk Kak Irish yang sudah memuji, menyindir, dan mengolok-olok adikmu ini, so thankful. Dan mari kita mulai~

HELLO~

Mungkin ada beberapa dari kalian bertanya-tanya siapa sih anak bau kencur yang di bicarakan Kak Irish yang dia sebut ‘ALTAIR’.

Perbolehkan saya memperkenalkan diri secara resmi, sebenernya ini bingung mau pake nama apa, tapi setelah pertimbangan pake penname aja.

Nama saya adalah, ALTAIR.

Seorang anak lelaki berumur 16 tahun yang udah jadi EXO-L saat EXOnya sendiri masih seumur biji. Wkwk, bias ane di EXO itu ya Kai dan Baekhyun—yang Kak Irish bilang cabe international menjelma menjadi ultimate bias dia—dan itulah sedikit tentang ane yang menjadi K-Popers. Dan mungkin kalian juga mikir ‘ini kenapa anak lama amat ngomongnya, cepetan wei pengen tau tentang WINGS!’

Hahaha, diriku akan menjelaskan dan membenarkan hal yang Kak Irish bilang di atas, JANGAN PERCAYA ITU SEMUA BOHONG. Hahaha, oke mari kita bedah satu-persatu (Lu kira kata dokter, main bedah-bedahan!)

  1. Altair itu jago bahasa inggeris. Plis, jangan percaya ama apa yang Kak Irish ucapin. Diriku itu ga jago bahasa inggeris, cuma mahir aja.-. (Ya sama aja kampret!-.-) Wkwk. Just Kidding, engga kok engga jago, cuma sering main game yang bahasa inggris aja jadi mulai ngerti dan ane juga main RolePlayer jadi yang LESS OOC. (Irish: ITU BAGIAN YANG BIKIN ANE MALU, DUH. MASA ENTE GA INGET?)
  2. Altair itu 100 persen pasti Ketos di sekolahnya. Ini ane pribadi udah ngomong ribuan kali sampe berbusa ke Kak Irish karena jelasin kalo ane itu bukan Ketua Osis, Cuma Ketua Humas di OSIS. *krik krik
  3. Oh, yang terakhir, tentang imajinasi itu. Ane sih biasa aja, waktu cerita ke Kak Irish ane cuma ngasih tau yang ada di kepala ane buat bikin cerita tentang fantasy, diketik di HP dan kasih tau alur cerita dan konsepnya sampe tamat dalam 1 malam doang, biasa aja kata aku malah-.- (Irish: Al, mau ane gelitikin pake golok?)

Yah, mungkin itu aja yang mau aneh benarkan dalam poin-poin yang ane berikan. Dan ane yakin pasti foreword bagian ane bakal di utak-atik lagi ama dia-.-

Okey, kita bakal bahas WINGS sekarang~

Pertama-tama sebelum jawab pertanyaan Kak Irish, Al mau ngasih disclaimer nya WINGS

DISCLAIMER!!!

Mungkin ketika kalian membaca WINGS kalian akan berpikir ‘wah ini mirip film ini nih!’ ‘wah ini mirip anime ini nih!’ ‘wah, ini sih alur ceritanya ngikutin film ini’ ‘apaan sih, ini mah plagiat film ini sama anime ini’.

Well, kalian semua harus dengar ini terlebih dahulu.

WINGS emang tercipta dari otak ane, Altair, berdasarkan beberapa film dan anime sebagai konsep dasarnya. WINGS  itu asli dari otak seorang remaja Kpopers bernama Altair. Tapi, jika kalian membacanya dengan berasumsi bahwa cerita ini berbeda, maka kalian akan menemukan WINGS itu emang beda dan cuma konsepnya aja yang sama. (Irish: tambahan, kalau secara murni judul Wings ini tidak mengadaptasi dari judul Album BTS yang bertitel sama—meskipun di sana Taehyung sama Jimin were so kissable (Al paling sebel kalo ane bahas kissable atau good kisser)—karena saat titel ini tercetus dari mulut Al, ane menyetujui gitu aja tanpa tau kalo BTS bakal ngeluarin Wings kedua, LOL).

Now, kita kembali ke topik.

  1. Kenapa judulnya Wings? TANYA AL.

Kenapa judulnya itu WINGS? Ini karena aku melihatnya dari sosok seorang yang jadi tokoh utama disini. Dia itu sendirian sampai akhirnya dia jatuh cinta dan ketika mereka bersama, mereka lakukan semua hal dengan baik. Bayangkan jika kamu mempunyai sayap, dan hanya bisa bekerja 1 saja, kira-kira kalian bakal terbang tinggi ga? (Irish: boleh nangis sama bagian ini? Ane engga pernah ente kasihtau konsep sayap-sayap patah ini, Al) Engga kan, makannya si tokoh utama cowo ini ketemu tokoh utama cewe yang jadi pasangannya atau sayapnya yang lain, dan mereka bisa terbang tinggi ketika bersama. Itulah kenapa FF ini diberi nama WINGS yang melambangkan sayap.

  1. Berapa chapter Wings nanti? TANYA AL.

Untuk pertanyaannya yang ini, kira-kira WINGS bakal ada sampai 15 Episode lebih, karena Al udah susun adegan terakhir WINGS itu gimana, dan apa aja plot yang harus dimunculkan untuk mencapai target saat Episode terakhir WINGS tercapai. (Irish: jadi kalau mau fast update, demo ke Al, jangan aku!)

  1. Gimana konsep Wings ini? Gimana sejarahnya dibikin begitu? TANYA AL.

Untuk konsep WINGS sendiri, ini mengambil tema sekolah magis yang ada di dunia lain selain bumi. Dan mereka menjaga perdamaian di antara dua dunia tanpa dilihat manusia. Sejarahnya dibikin kaya gini konsepnya? Pernah ga sih kalian mikir kalo sebenarnya Yang Maha Kuasa itu ngelindungin kita tanpa kita sadari? Yang Maha Kuasa itu mengirim para malaikatnya untuk ngejaga kita. Nah itulah kenapa konsep WINGS kaya gitu, jadi dunia di FF ini menjadi dua dan para siswa ini melindungi para manusia tanpa mereka lihat di dunia kasat mata.

  1. Siapa main cast Wings? Kenapa mereka yang jadi main cast? TANYA AL.

Siapa yang main? Tokoh utama pria di ambil oleh Kai dari EXO dan tokoh utama wanita berhasil di pegang oleh Irene dari Red Velvet. Alasannya? Al ga ngejadiin Kai tokoh utama di FF ini karena dia bias Al, bukan, sama sekali. Al ngambil Kai juga udah diskusi sama Kak Irish, muka dia itu paling cocok buanget buat meranin peran di FF Fantasy, mungkin readers bisa bayangin sendiri. Hehe. Untuk Irene, kenapa? Karena Kai sang tokoh utama, ga mungkin dong Al kasih Seulgi? Mereka bakal jadi pasangan yang powerfull banget (Irish: serius, Al bilang di chat itu sama persis cem ini, bayangkan kehebatan Ketos satu ini, guys) di cerita ini dan itu ga sesuai sama bayangan Al dan Kak Irish, Kai butuh pasangan yang kuat tapi juga lemah lembut dan ya bikin Kai sendiri jadi kelimpungan karena dia, dan Irene lah yang kita putusin. Serius deh, kalo kalian baca nanti, bahkan di prolognya… kalian bakal liat Irene yang bertingkah konyol dan interaksinya sama Kai itu kadang bikin hati ketawa dan sedih sendiri, huhu, wkwk.

  1. Kapan chapter pertama Wings bakal release? TANYA AL.

Well, untuk pertanyaan ini Al, gamau ngasih spoiler, kkk. Tapi Al mau ajak kalian main games sebelum WINGS debut nanti, dan itu sekitar bulan Desember. Setelah foreword ini, kalian bakal nemuin kode tentang petunjuk selanjutnya tentang debutnya atau rilisnya FF WINGS ini, jadi pastiin kalian ga ketinggalan satu hint pun ya^^

(Irish: ini curhatan tambahan Altair tentang kenapa dia memilih cast Kai dan Irene)

Well tiap hari ane liat cast HunRene, KaiSeul, HunRene, KaiReul. Well, meskipun couple KaiSeul itu jarang ane liat tapi pasangan HunRene itu cukup menjamur dan menjadi kanker (Irish: KANKER ANJU…). Bukan Al gasuka dengan HunRene, bukan sama sekali. But, ini sudah menjamur, guys. Mereka adalah pasangan sempurna jika kita lihat, same like Kai and Krystal. Kalian pengen liat moment HunRene disini? Move on guys, this fanfiction is not for you who’s thirsty about HunRene romance. Al ga peduli kalo FF ini bakal ga laku karena kalian tidak suka pairingnya karena Al sama kayak kak Rish. Kita mau kasih liat style kita sendiri, bukan memenuhi hasrat kalian tentang pasangan favorit kalian. Well, Al yakin kalian pasti pecinta HunRene bakal butthurt denger Al ngomong gini. But, coba kalian liat dari sisi yang lain guys. Pasangan KaiRene disini sangat adorable sekali. Dan sekali lagi, jika kalian mengharapkan HunRene atau KaiSeul sebagai pasangan, pergi, this fanfiction is not for you.

Mungkin ini aja foreword dari Al, maapin Al ya kalo kata-kata Al sedikit nge-‘gas’ wkwk. Al minta maaf juga kalo readers ngerasa penjelasan di atas itu kurang bisa dimengerti, nanti Al bales atu-atu deh di kolom komentar. Al ingetin lagi ya men temen, WINGS itu bukan plagiat apapun sama sekali, itu asli dari otak remaja 16 tahun ini, yang terinspirasi dari beberapa film dan anime. Wkwk, oke segitu aja dulu.

Bye, semua dan salam kenal^^

~

KEMBALI KE ANE

Berhubung di tim kerja (dimana Al menjadi manager sekaligus dirut, sedangkan ane ini tim editor dan tim pembahagia, terkadang berubah jadi juru bicara) tentu saja ane merasa berhak menutup foreword, biarkanlah Al protes di kemudian hari. Kata Al dia kalo ngamuk enggak serem-serem amat, katanya.

Sedikit menambahkan dari kata-kata Al di atas, soal KaiRene. Aku sendiri secara pribadi seorang HunRene shipper (aku rasa ada beberapa orang yang tahu kalau aku HunRene shipper, kan?) tapi serius aku setuju aja kalau di cerita ini terlahir couple KaiRene. Masih inget cerita dimana aku menjodohkan Baekhyun sama Yeri? Aku pikir di cerita itu awalnya banyak yang merasa engga cocok sama pairing yang aku pakai tapi seiring berjalannya waktu kalian juga merasa kalau aku enggak salah ngepairing kan? Aku rasa Wings akan ngasih kalian kesan yang sama. Overall, it’s not about the cast guys, it’s about the story (Al, Al, kali ini bahasa Inggris ane bener kan? :v akhir-akhir ini jadi sedikit ngeri ngehancurin bahasa inggris karena ada English Mafia bernama Altair, WKWK).

Intinya, secara pribadi diriku mau mempromosikan kalau Wings ini akan jadi proyek kolaborasi yang lain daripada yang lain. SERIUS. Karena kita enggak sekedar nyelesein part masing-masing tapi sampe beberapa kali saling mengirim naskah satu bagian cuma untuk saling menyamankan diri dan menyamakan persepsi dengan hasilnya. Meski masalahnya cuma ada di satu kalimat atau satu momen, kita tetep lakuin editing. Ya amsyong, niat sekali, sampe ane hafal isi tiap prologue.

Dan sejujurnya, karena kolaborasi fanfiksi ini kepemimpinannya ane serahin sepenuhnya sama Al (meskipun dia berstatus adek tapi dia enggak bermental SMP kayak diriku, dan dia golongan darah A! Dia Ketua Humas, sebelas dua belas sama Ketua OSIS!) jadi… aku rasa akan ada sedikiiiiiiiiit banget perbedaan di antara penulisan kami berdua.

YA AMPUN, mungkin ini momen ketika seorang pembunuh berhasil nyampur sianida di kopi tanpa bikin orang mati ketika minum itu kopi.

Segitu dulu foreword dari Wings ~ see you in the story, guys!

50 thoughts on “WINTER PROJECT – WINGS – FOREWORD — IRISH’s Story

  1. Serius mata aku rasanya muter” baca foreword iniiih…
    Ehm… altair, aq kira kamu itu cewek dan seumuran kak irish!! Sumpah! Maapkan aku al, nyatanya kamu adalah fanboy yg umurnya 2 tahun dibawah akuu..
    Jadi berasa tua saya.. 😑
    Oke, komenan saya telat dan gak jelas 😑
    Lebih baik saya pindah aja ke teaser, bye kak irish, bye altair 😊😊

    • Muter2 begimana ini maksudnya?😄 wkwkwkwk kagak, si Al masih brondong (tapi dia lebih dewasa dari ane dari segi pemikiran, serius!) kok ane jadi ngakak karena dia brondong dimana-mana?😄

  2. sori ka -untuk kalian berdua-, tapi aku caphuuueee bachhanyaaaa~ naon laaah ka -ini buat ka irish- gawoles anjir forewardnya. beda banget ama yg switch wekaa wekaa wekaa. bener kata ka irish, klo ka altair -aku nyebut ka, karena umurku dikurang dua dari umur kaka, altair- lebih kaleem dari kaka. (kayaa udh kenal ajaaa) beda banget rasa forewardnya. api maafin aku ka altair, ku kira dirimu ini seorang perepaun. maafkeun daku yng sotau ini. udh lah yaa ka ku mau baca prlogo nye duluu cussss.

    • 😄 caphue ini apa toh?😄 wkwkwkwkwkwkw ADUH DUH EMANG AKU KAPAN WOLES SIH INI. SWITCH KAN KALEM YA😄😄😄
      -___- itu perkataan Al kalem sesungguhnya adalah sebuah fitnah, aku nyesel bilang dia kalem wkwkwkwk

  3. Ternyata cowok, dan dia lebih muda satu taun dari dirikuh… ya amsyong, masyang sing?*abaikan,ini abstrak
    Tentang cast, aku sih bukan hunren atau pun kaiseul shipper. So, that doesn’t matter.
    Semangat/cemungud/fighting/cheer up/dll yang sejenis ama semangat.

  4. Karya kalian sedang aku nantikan wahai kakak irish dan adek altair 😂😂. Tapi ya al, (ngikutin kak irish manggilnya gitu 😁) keberadaanmu itu mengingatkan diriku pada eksistensi temen kuliah aku yang jadi fanboy nya baekhyun yang bikin aku suka ngomel ngomel karna kuatir dia ketularan virus cabe. Tapi ya sudahlah, aku tak kuasa membeberkan aibnya disini (sebenernya takut dia nongol tiba tiba disini 😁) yang jelas aku tunggu epep ini. Dan semangat buat kalian berdua 🙆🙆🙆😘😘

      • Yeah serius banget, tapi udah lah jangan dibahas lagi takut dia liat sembilan komen aku ini. Heeh aku udah baca, aku gak komen disana soalnya aku sudah terlalu banyak meninggalkan jejak di beberapa epep kak irish hari ini. Dan masalah terbesarnya aku gak bisa berhenti ngoceh kalo udah sekali komen. Jadi aku bakalan terus tunggu in Wings okok😁😁😁😁

      • 😄 eh iya notif aku banyak komen kamuu ~ beberapa kelelep kayaknya gabisa terselamatkan, karena aku engga bisa berenang dan engga punya pelampung ~

  5. gilegilegile aing baca foreword ini ampe pusying sendiri lol sumpah baru foreword aja ngebayanginny udah it’s amazing giiilssss double wow deh pokokny
    woah ada dedek penboy cabe internasional nih salam kenal dek:-D jangan” al ini jelmaanny om rudi yah?#plaak apa dah om rudi dibawa”….dek al otakny bisa tukeran ga yao_O bisa banget deh make a story like prepare blabla cuma semalem km makanny apa sih nak-.-genius ma baby boy unch:-*(maklumin inggrisny yg ancur) ciee pak humas nih good job boy! tos sesama pecinta thriller:-)

    KAILISH SAMBALADO WHAT THE HELL??CIEE KOLAB AMA BRONDONG*uhuuk
    CIEE KETEMU KETURUNAN ASTRAL LAGI:-X
    GUYSS SATU PERTANYAAN DEH…OTAK KALIAN TUH SEBENERNY TERBUAT DARI APADAH? BISA BANGET DEH BIKIN STORY LIKE THIS DIRIKU IRI:-\ DUH CAPE CAPSLOK TERUS WKAKAKA
    UDAH AH COMMENTNYA SPEECHLESS AKUTU:O OVERALL KALO AKU SIH LEBIH MENTINGIN TULISAN YG ENAK DIBACA, ALUR/PLOT GA BELIBET KALO SOAL CAST SIH GA MASALAH ASAL CERITANYA BAGUS SIH SUKA” AJA GITU:-) TUHKAN KETERUSAN CAPSLOCK……POKOKNY GOOD JOB BUAT KALIAN BERDUA:-*♥♥♥

    Ps: dek al yg sabar ya kalo sering diomelin kailish sambalado maklumin aja mulutny emang cem ibu” kostan lagi nagih uang kost wkakaka

    • INI JAHAT. Kenapa kalian jahat… kalian memaksa jari-jari aku buat mengetik ekstra banyak di kolom komentar….

      BUAKAKAKAKAKAKAK DIPANGGIL DEDE DIA SI AL, PADAHAL SUARANYA CEM MAS RADIO, NGAKAK DOELOEH AH DIRIKOEH😄😄😄 WKWKWK

      Om rudi siapa ya btw -__- jadi salfok sama Om rudi, namanya mirip sama tetangga masa😄 wkwkwkwkwkwkwk nah, tanya Al aja masalah otak mah… diriku juga sampe detik ini masih enggak memahami kenapa dia bisa seperti itu… mungkin Ibunya Al ngidam apa gitu dulu….

      CIEH. ANJIR. TOLONG. ANE GAJADI HEBOH GEGARA AL DISEBUT BRONDONG. DIA BRONDONG TAPI MENTALNYA ENGGAK MACEM ANE. KEKNYA KALO DI CHAT, YANG LEBIH MUDA ITU ANE…. IYA GAK SIH AL? ANE CEM ADEK KELAS ENTE YANG MASIH UNYU-UNYU KAN AL? JAWAB AL, JAWAB.

      Kalo otak aku sebenernya normal, serius. Malah aku astralnya kalo tengah malem doang WKWKWKWKWKWK tapi pas ngetik Wings mah ga butuh tengah malem, udah bisa jadi astral pemikiran ane😄 ya ampun ini kepsloknya masya Allah sekali ya😄

      Sekali lagi, thanks a lot buat dukungannya ~ semoga cerita ini bisa sukses terus mengudara dan bisa memuaskan (?) dahaga akan cerita fantasy (BAHASA APAAN INI RISH TOLONG)

      Dan tolong, diriku lagi-lagi dikata emak-emak. Abis emak-emak arisan RW, sekarang emak kost.. sudah nasib… WKWKWK thanks yaa ~~😄😄 sini kupeluk kukecup basah ~

  6. gais, kalian yakin ini ga termasuk dalam ceritanya? ini oneshot loh ciusan xD

    first of all thank you for bunda irish who has introduced me to al (not in a good timing but not that bad, too). al, maklumi bundaku yang sangat tidak manusiawi dan gesrek itu ya, sebenernya dia perhatian kok, bisa diliat dari kiriman ss-ku yang membuktikan betapa bunda alay satu itu sayang sama dd njel ini wkwk. and she will also treat you well, or maybe better.

    sumpah njel bingung loh mau ngetik apa ini, boleh ngakak aja ga sih yaampun bun inget ayah di rumah lagi kerja keras nyanyi apado gwencana dari panggung ke panggung. kurang-kurangin lah gesreknya /lalu njel dibuang dari peradaban/

    for al, so far it’s nice knowing you. when I was sharing with bunda about my problem (yang sampe bikin nangis sumpah malu ih) I never thought if she would ask for your advice. njel gatau kalo bunda kenal sama al, tau-tau njel dikasih ss with that black background yang hawanya mistis banget dan chatnya panjang-panjang dengan display name Altair. and finally I realized that tuh bunda alay nyebar-nyebar problem orang (but thank you for giving me many solutions and cheering me up personally). kukira al disuruh bunda gataunya inisiatif sendiri wkwk dasar humas.

    back to the story…

    tar dulu, ini njel maunya ngomong sama al aja gamau ngomong sama bunda ah bosen. B-O-S-E-N.

    ini mau pure fantasy? beneran? kalo gitu njel cuma mau ngingetin aja jangan sampe romance (atau genre lain) mendominasi ya. bukannya njel ga suka romance dan yang lain loh ya, bikos as you two said this is pure fantasy fiction. Let you focus on that fantasy plot, perhaps with every scene or dialogue. because tbh making pure genre story is hard enough for me. aku gatau plot apa yang udah al bangun segitu matengnya, tapi mengingat juga couple main cast dan keterangan al di awal tentang filosofi sayap itu membawa pikiranku langsung terpatri pada romance jadi kuharap al lebih hati-hati lagi perihal genre. I know it’s just fiction but let’s write as a professional.

    eh iya al pernah nanya ke njel kira-kira cast yang pantes masuk peran fantasy siapa terus kujawab sehun wkwk. bikos njel pernah bikin fic fantasy and most of it starred by sehun. tapi kairene juga bagus kok, njel pribadi sih baca cerita karena penulisan dan jalan ceritanya, cast nomer kesekian.

    balik ke bunda: BUNDAAAAA JANGAN KESERINGAN NGOMELIN AL YA AWAS AJA KAMU NJEL PROTEKTIF NIH-_-

    gapapa al demen thriller bikos njel juga suka something creepy wkwk, daripada karish yang suka jelalatan matanya sama cowok gudkiser-_- (TOBAT BUN TOBAT)

    al, njel titip bunda ya, ajarin bahasa inggris yang baik dan benar, cita-cita dia kan punya suami bule masa ga bisa bahasa inggris xD dan tolong tuntun dia untuk kembali ke jalan yang benar karena njel sudah lelah…

    satu lagi buat al, adeknya karish adekku juga jadi feel at home aja ya al kalo sama njel, aku ga suka gigit kok ga kayak bunda yang … sudahlah lupakan.

    ini udah panjang belom sih komennya? dd gamau kalah dund sama emak sendiri yang udah cem curhat di arisan erwe :3

    semangat buat kolabnya ya❤❤❤❤❤❤ (lovenya yang lima buat al yang satu buat karish wkwk)

    much love, angel.

    • NJEL KAMU YAKIN ENGGAK MAU AKU KETEKIN BARENG MUNTEH?

      Karena ane dalam keadaan gabisa go internasyonal jadi ane go jawa dan go indonesia ae yo njel wkwkwk😄 iyaa sama-sama soal ngenalin Al mah ~ tapi kenapa makasihnya di sini? Buka aib njir😄 wkwkwkwkwkwkwk

      EH SIYAL. APAAN ANE DIKATA GESREK, ENTE LEBIH GESREK. ASLINYA ane itu kalem njel. Tanya aja sama beberapa orang autor yang pernah ketemu sama ane, ane itu QUALLLEEEEEMMMM SYEQALIIIIHH ciyusli.

      Btw, ente bilang bingung mau ngetik apa tapi ane buka Ms. Word buat balesin komen ente nak -__- kamu dosa loh sama Unda…
      Ya Allah.. maaf aku belum bisa jadi Unda yang sempurna buat Njel dan belum bisa jadi Istri yang solehah buat Mas Munteh, biarlah Mas Munteh mencari nafkah demi sesuap nasi dengan apado kwencananya… :”)

      Itu yang paragraf dibawah apado kwencana buat Al ya… jadi biarlah diriku skip aja… kecuali bagian alay, ane engga terima, itu pencemaran nama buruk njel, tulung.

      DAN BAGIAN “tar dulu, ini njel maunya ngomong sama al aja gamau ngomong sama bunda ah bosen. B-O-S-E-N.” ini sampe bawah UDAH DIJELASIN SAMA AL BELOM? KARENA MENJELASKAN ULANG ITU BEGITU SYUSAH. Fyi njel tadi pagi aku dibully Al njel. Al bilang “sepik” terus ane tanya “sepik apaan” dia jawab “bahasa inggrisya speak tapi kalo sama ente bilangnya sepik” seolah ane begitu nista diperbendarahaan kata bahasa iblis… sedih.

      Jadi konsep pure fantasy, sama cast, sudah dijawab sama Al kan? :”) apado kwenchana aku mah diduain sama njel di sini. Unda selalu tabah dan mendoakan njel dalam doa unda. Semoga jadi batu.

      HOI, ANE KAPAN NGOMEL KE AL -____- FITNAH NIH AL, PENCEMARAN NAMA BURUK PART 2.

      DAN TOLONG NJEL, DIKONDISIKAN AIB ANE tentang gudkisser jangan semakin disebar luaskan coba…. Nanti kalo Mas Munteh baca gimana? Dikira Undamu ini suka jelalatan liatin bibir awowo lain dong njel, nanti kalo Unda di TALAQ gimana?

      IYA BENER AL! AJARIN KAKAKMU INI BAHASA INGGRIS. Eh gak njel, kamu fitnah. Kangmas aku sesungguhnya ada di Tokyo njir gak diinggris. Bukan bule, dia bangsa oriental -_- jangan ngerasanin kangmasku di sini coba.

      DAN PLIS, LOVE NYA SATU DOANG BUAT ANE. PATAH KOKORO INI, PATAH.

      FIKS, BHAY NJEL BHAY.

      • DD MAUNYA DIKETEKIN TAEYONG AJA GIMANA😦
        iya bun njel maklum kok udah gausah ikutan go internasional ya pake bahasa jawa aja yo rapopo. itu tyda buka aib bun bikos dengan njel kenal al jadi punya temen buat ngebuli bunda HAHAHAHAHA. KAMU GESREK BUN AKU TAU SUDAHLAH JANGAN MENGELAK LEBIH JAUH LAGI.
        ngapain buka word deh bun ketik aja langsung di kolom komen ga bisa apa-_-
        alah bunda mah nyeselnya sekejap doang nanti balik khilaf lagi awas loh nanti kuminta ayah cari istri baru :p
        KAMU EMANG ALAY BUN SEANTERO GC UDAH TAU SUDAHLAH JANGAN MENGELAK LAGI.
        mpus dibuli al mpus gapapa njel ikhlas al lanjutkan ya lanjutkan xD benahilah perbendaharaan katamu ya bun wkwk.
        IYA NIH GEGARA BUNDA BILANG PURE FANTASY GA DIPIKIR DULU JADINYA DD SALAH TAFSIR KAN ZBL, UNTUNG DIJELASIN AL-____- yawlah bunda macam apa yang mendoakan anaknya jadi batu kamu tega bun tega njel mau sama ayah aja jangan tahan aku bun njel mau ikut bunda baru aja😦
        EH APAAN BUKAN PENCEMARAN YA AL SENDIRI YANG BILANG SERING DIOMELIN SAMA BUNDA.
        dirimu kan emang suka jelalatan bibir cowok ITU FAKTA, dd njel yang ucul ini pantang berbohong bun bikos boong itu dosyah nanti aquh tyda suci lagy kalo boong.
        kangmasnya siapa hayoooo bilangin ayah ya bunda nakal nih awas aja-_-
        yaudah deh nih kukasih love lagi❤❤❤❤❤❤❤❤ (yang dua buat bunda sisanya buat al) :3

      • KETEK TAEYONG MULUS, IEWH KAN.

        Buakakakak iya maklum diriku sudah tua sudah engga masa muda buat beralay-alay ria pake bahasa ibris. ANJIR KAMU JAHAT NJEL, AKU SEGIYOWO INI MAU DIBULI. CUKUP COBA JAMAN SEKOLAH AJA AKU DIBULI. HIKS.

        Ya gabisa -___- ini bukanya kudu jejer sama Word baru bisa balesin kata-per kata neng wkwkwkwkwk😄 IYA, NYESELNYA BENTAR DOANG. NTAR DIGODAIN SAMA AA’ BOGUM ANE PASTI UDAH MENIKUNG KE JALAN YANG BERBEDA DARI HATI MUNTEH ~~~

        Ah, siapa sih yang doyan sama Mas Munteh dengan rambut jabrik mengerikannya? Sini coba buktiin ke ane kalo ada yang demen WKWKWKWKWKWKWK YA LORD TOLONG, KENAPA JADI ANE YANG SALAH? KENAPA? NJEL AJA GAPEKA SAMA APA YANG UNDA MAKSUD, DASAR KAU ANAK YANG TERTUKAR .G

        BODO, KUKUTUK JADI BATU KARANG YANG KARAM KAMU NJEL. UNDA INI UNDA TERANIAYA. Hiks.

        ANJIR GA JELALATAN BIBIR JUGA NJEL. CUMA SAMA BOGUM DOANG ANE GA TAHAN. ABIS BIBIR DIA SO KISSABLE. MUKANYA GIYOWO, OPPA-OPPA IDAMAN HATI BANGET KAN YA. AW AW. BOGUMMY ~~

        Wkwkwk ada lah kangmas yang empat tahun lagi pulang ~ APASIH INI JADI BAHAS KANGMAS. ITU KENAPA JUGA LOPE PUNYA AKU SEPEREMPAT KALINYA? ANJIR KALIAN MENGANIAYA DIRIKU ~

      • pokoknya dd sayang taeyong kyaaaaaaaaaa :3

        alah bilang aja males belajar gosah banyak alesan-_- BIKOS PEMBULIAN ADALAH TANDA SAYANG DALAM BENTUK LAIN BUN :*

        yawlah segitu panjangnya apa wkwk. TUH KAN TUH KAN BODO KUADUIN AYAH NTAR

        bun gabole jaad itu ayah muntae kalo rambutnya lagi normal gans gewla loh banyak yang ngantri buat jadi bunda baru dd :3 AKU MAH SELALU PEKA YHA EMANGNYA *pip* YANG GA PERNAH PEKA😦 miapa tega dd dibilang anak tertukar dasar bunda durhaka-_-

        abis dikutuk jadi batu terus dicium ama taeyong dan kembali menjadi manusia lalu hidup bahagia selamanya di koriya HUAHUAHUAHUA😛

        IH BUNDA GABOLE GENIT SAMA BOGUM BIKOS DIA CUMA BOLEH SAMA IRENE BUNDA SAMA AYAH AJA SANA GOSAH GANGGUIN KOPEL ORANG-_____-

        asick bunda punya kangmas beneran aw aw tinggal nunggu undangan aja ini mah wkwk

        bikos al harus mendapatkan cinta yang lebih dari dd ketimbang bunda HAHAHAHAHA /kabur/

  7. WAU,KAK IRISH COMEBACK DENGAN KOLABORASI BARU. KU SAYANG KAK IRISH :* :* .

    BUT WAIT,ENTAH KENAPA DAKU NGAKAK BACA FOREWORD PANJANG LEBAR NYA . ENTAH ITU CUAP CUAP NYA KAK IRISH ATO DEDEK BARU NYA KAK IRISH. AHHAHAHAHAA
    #JANGAN PROTES KENAPA DAKU NGAKAK

    MAYGAT,GAK SABAR LIAT GMANA CERITANYA NANTI. DAN OH? PURE FANTASY? AKU SUKA GENRE INI KAKKKKKKKKKKKKKKKK :* :*
    #CAPLOCKS DIINJEK SEMUT

    • YA AMPUN PENCET KEPSLOK DULU ~
      WKWKWKWK IYA DIRIKU MENGGANDENG (?) SESEORANG DI PROJEK KALI INI. ALHAMDULILLAH RESPONNYA LUMAYAN BAGUS DIRIKU JADI TERHURAAYY ~~ WKWKWKWK
      ITU BAGIAN ATAS CUAP-CUAP EYKEH, TERUS BARU CUAP-CUAPNYA AL ~ WKWKWKWK DI SINI PURE FANTASY NYA MAKSUD AKU YA…. AH GIMANA MENJELASKANNYA… /KEPSLOK DIINJEK CABE/

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s