SWITCH [AFTERWORD] — IRISH’s Story

irish-switch-2

s      w      i      t      c      h

|  Jongdae x Hyunhee  |

Copyright © 2016 IRISH, all rights reserved

~ 2016. 09. 02 — 2016. 10. 21 ~

AFTERWORD

Kata orang, sejarah itu tidak bisa diubah. Ada yang mengatakan, sebuah cerita berbasis sejarah adalah sebuah cerita yang tidak boleh diubah sedikit pun dari sejarah yang sesungguhnya terjadi. Tapi tahukah kalian kalau di dalam imajinasi, sejarah itu sesungguhnya bisa dipermainkan? Sejarah, sisa diambil cerita kecil tidak berartinya untuk kemudian diolah menjadi sebuah cerita lain yang berdiri sendiri, memiiki konsep dan permasalahan sendiri, bisa membuat seseorang berpikir seolah cerita tidak penting itu adalah bagian dari sejarah yang penting. Padahal tidak. Cerita itu hanya bagian dari cerita lain yang tidak pernah dianggap, bahkan tidak pernah tertulis dalam sejarah. Tidak dianggap ada, tapi sebenarnya sudah melalui banyak hal yang tidak masuk akal.

Story`s Progress

ForewordPrologue1st Mossaic 2nd Mossaic3rd Mossaic4th Mossaic5th Mossaic6th Mossaic7th Mossaic 8th Mossaic 9th Mossaic 10th Mossaic 11th Mossaic 12th Mossaic13th Mossaic14th MossaicEpilogue

 [PLAYING] Afterword

jongdae-hanbok

UNIVERSAL DISCLAIMER

Banyak orang berpikir jika kisah Switch adalah sebuah kisah adaptasi yang saya tulis berdasarkan beberapa cerita atau drama yang ada? Tahukah kalian—pembaca—kalau pemikiran sempit dan pandangan apatis semacam itu adalah hal yang paling diharamkan dari point of view seorang penulis?

Throw-back saja, bagian kecil dari salah satu fiksiku yang berjudul Code Name LIV, ada banyak suara yang mengatakan kalau cerita itu terlihat mirip dengan film, tapi kemudian di akhir mereka sadar kalau Code Name LIV berdiri sendiri, punya konsep dan alur sendiri, punya dasar-dasar sendiri yang sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan cerita yang mereka sebutkan.

Switch, juga punya konsep kehidupan yang sama.

Konsep dasar Switch aku dapatkan ketika aku mendalami cerita tentang Hwang Jin-i, seorang gisaeng di zaman Joseon yang sampai sekarang masih sering disebut namanya sebagai salah seorang gisaeng berpengaruh di zaman Joseon. Nama Hwang Jin-i bahkan tercatat di sejarah.

Lalu apa konsep yang aku ambil dari Hwang Jin-i?

Tiba-tiba aja aku terpikir: kalau aku menulis sejarah sendiri dimana pada akhirnya Hwang Jin-i yang terkenal itu jadi hilang dari sejarah, gimana ya?

Tapi karena aku sadar mengubah sejarah dari titik yang begitu penting itu akan berefek cukup besar (diantaranya penolakan, juga cerita yang jadi begitu tidak masuk akal karena pada kenyataannya, Hwang Jin-i masih akan tetep ada di dalam sejarah) maka aku mengambil cerita lain yang ada tapi dinilai enggak ada.

Pemerintahan Gwanghae-gun dan selirnya yang banyak, juga kisah tentang perebutan tahta akhirnya jadi cerita yang aku ambi. Alasannya: karena sejarah Gwanghae-gun enggak terlalu terekspos sehingga mencari kebenarannya di antara cerita fiksi akan sedikit terkesan blur.

Ya, kan diriku suka yang ambigu-ambigu gitu.

Intinya, tolong bersihkan mind set kalian dari dugaan-dugaan dan tuduhan-tuduhan tentang cerita Switch yang mengadaptasi (apalagi dituduh meniru) cerita lain yang serupa. Ketahuilah meskipun sama-sama berkonsep historical, apa semua cerita historical-fantasy harus menyangkut sejarah Goryeo? LOL. Harga diri saya teriris karena kalian menyamakan Switch dengan drama yang menyantolkan Cabe Internasional sebagai bibit keturunan cabe dari tahun Gajah.

Maaf, maaf sekali karena saya bukan tipe penulis kurang kreatif yang suka meniru. Sekarang, setelah Switch selesai, kalian masih memberi judge dan penilaian tentang kesamaan antara Switch dengan cerita lain? Masih? Ini saya ngasih tantangan buat kalian yang berpandangan sempit dan suka memberi dugaan-dugaan yang berujung tuduhan berbau fitnah.

Ketahuilah kalau fitnah itu lebih kejam dari kasus pembunuhan menggunakan sianida.

WHY IT CALLED AS SWITCH

Cerita ini awalnya ingin dikasih judul: She’s Dreaming, dan Witch. Pertama, karena She’s Dreaming adalah track favorit di Lotto, dan karena She’s Dreaming sudah menghancurkan jiwa labil ini sampai titik terendah dan nista. Kemudian Witch, aku ambil karena konsep penyihir yang diemban oleh pemeran utama kita di sini.

Pikir punya pikir, pada akhirnya Switch terbentuk dari gabungan dua judul versi trial itu. Dan kebetulan sekali karena Switch di kamus Bahasa Inggris punya makna yang menyiratkan inti dari cerita ini.

Meski enggak pernah dengan jelas pemeran utama kita bicara tentang kata switch, setidaknya kalian tahu apa maknanya, bukan?

Itu artinya, judul ini berhasil menggambarkan cerita.

ABOUT CAST

Pemilihan Kim Jongdae aka Chen sebagai pemeran utama dalam cerita ini sebenernya berbasis dia ini bias si temen deket yang lagi ngidam (baca kisah ngidam ini di Foreword). Tapi kemudian suatu ketika saat aku sedang mencari-cari gambar berbau sejarah, gambar di atas (yang jadi cover Afterword) muncul dan menghancurkan pertahananku. Tolong. Siapapun. Jelaskan ke aku kenapa muka Jongdae aka Chen begitu terlihat bersejarah di gambar itu?

Well, mungkin ada yang menyebut pemilihan cast aku untuk cerita seperti ini kurang tepat. Kenapa? Apa alasan kalian? Karena Jongdae enggak sefamous member EXO lainnya jadi fanfiksi dengan pemeran utama dia akan kurang diminati? Who’s care?

Aku tidak membuat cerita untuk semata-mata memuaskan keinginan kalian yang haus akan fantasi dan delusi tentang kesempurnaan bias masing-masing. Aku lebih suka menulis cerita yang aku sukai, dan ceritanya, berusaha aku ciptakan agar kalian sukai. Jujur, perkataan tentang salah memilih cast ini lebih menyakitkan daripada tuduhan tentang meniru drama yang menampilkan bibit cabe zaman Goryeo.

Apa kalian masih punya hati nurani untuk mendiskriminasi seorang Kim Jongdae? Perlukah diriku merukyah kalian secara pribadi?

Cast perempuan sendiri aku pilih bernama Hyunhee, giyowo aja gitu, nama Hyunhee. Simpel tapi manis dan bisa disalah ucapkan. Iya, buktinya aja Jongdae manggilnya beda sendiri. LOL. Hyunhee sendiri divisualisasikan oleh aktris Nam Bora. Gak ada alasan spesial memilih Bora sebagai visualisasi. Random aja milih dia, karena dia berwajah antagonis dan protagonis di waktu yang bersamaan? Kayaknya iya. Karena Lady Jo dan Jo Hyunhee seolah punya dua karakter yang berbeda padahal di mata Jongdae mereka sama aja. LOL.

Cukup tentang cast, kayaknya.

TIME-SKIPPED CONCEPT

Konsep waktu. Aku sebut perpindahan Hyunhee dan Hyunwoo di cerita ini sebagai time-skipped. Mereka bukannya melalui satu kurun waktu tertentu, tapi melewatkannya. Kenapa? Karena saat mereka bangun, mereka enggak tahu di waktu mana mereka akan datang. Di masa depan, maupun masa lalu.

Blur sekali memang, tapi kalau aja Switch bukan projek kejar tayang, mungkin misteri tentang time-skipped ini bisa lebih rinci lagi aku jelaskan di dalam cerita. Berhubung ceritanya kejar tayang jadi masih ada beberapa hal yang missed penjelasannya dan sampai di akhir pun masih membuat kalian bertanya-tanya.

Dan karena saya bukan tipe penulis baik hati yang mau mengetik dengan panjang-lebar-tinggi tentang konsep time-skipped itu sendiri, silahkan gunakan kemampuan berpikir kalian masing-masing.

Aku rasa, garis besar dari konsep time-skipped ini sudah ada. Berbasis pada ‘sejarah enggak sepenuhnya bisa diubah tapi ada bagian tidak penting yang berubah tanpa orang-orang sadari’ kalian pasti mengerti tentang cara Hyunhee berpindah tubuh, alasannya, dan kenapa pada akhirnya dia enggak lagi berpindah-pindah tubuh, juga, apa yang terjadi sama tubuh lama yang ditinggalkan.

Pft. Kalau aku jelaskan semua itu mungkin kalian bisa wasting time hanya untuk ngebaca penjelasanku. Meski aku tahu kalian penasaran, tapi aku kok ogah sekali menjelaskannya, ya? Yuk mari mending kita sama-sama berimajinasi.

ABOUT THE END

Aku bukan pecinta sad ending. Kalau kalian menghujat aku akibat sad ending yang seringkali kemungkinan besar terjadi di cerita-cerita ciptaanku, maka kalian sudah berdosa besar-sar-sar (efek echo). Aku adalah pecinta happy ending, korban kartun Disney dan segala happily ever after yang disuguhkannya selama bertahun-tahun.

Satu-satunya ganjalan di hati aku saat harus mengakhiri Switch adalah fakta kalau cinta dua dimensi waktu itu enggak akan bisa terjadi. Salah satunya harus mati, salah satunya harus pergi, itu akhir yang paling masuk akal.

Tapi aku masih aja maksa, dan masih aja beregois ria karena enggak rela untuk ngebuat mereka terpisah selamanya. Sampai epilog jadi mimpi buruk buat aku selama beberapa hari saking kepikirannya. Efek enggak pernah suka sama kehidupan yang sedih-sedih ya gini ini, jadi ogah kalau ngebuat cerita sad ending.

Terkesan begitu biasa, emang. Tapi memangnya kalian pikir happy ending itu akan begitu-begitu aja? Ya tolong, siapa di dunia ini yang benci kehidupan bahagia?

LADY-JO-HYUNHEE

Ada segelintir orang yang memprotes aku karena sudah pamer banyak masa kehidupan yang Hyunhee tempati sementara cerita ini hanya berfokus pada kehidupan Lady Jo saja. Padahal, Lady Jo sendiri enggak banyak muncul.

Kutekankan kalau alasan seorang Jo Hyunhee jadi satu-satunya pemeran wanita yang dominan dalam cerita ini bukan karena cerita ini kejar tayang. Tapi karena memang aku rasa sudah sepantasnya Jo Hyunhee sebagai korban time-skipped yang paling berhak untuk menjadi peran utama sepenuhnya.

Dan juga, Kim Jongdae, lead male cast kita, bukanlah seorang penyihir yang terlahir dari zaman sebelum tahun Gajah, jadi dia itu lahir di masa yang sama dengan Lady Jo, terus dia terjebak cinta segitiga—jadi segi tiga perempat sejak Jo Hyunhee dateng—dan akhirnya berakhir dengan kebersamaan dia dengan Jo Hyunhee.

Apa kabar Lady Jo? Sudah jelas kalau dia ditinggalkan dan akhirnya hidup dengan normal bukan? Kenapa Jo Hyunwoo bisa hidup? Sudah kujelaskan alasan dia bisa hidup, bukan? Kok bisa hal enggak masuk akal itu terjadi? Hell, this is just a fiction, jangan baper, tolong. Kalau mau cerita yang masuk akal dan rasional, baca aja biografi.

Kemudian, alasan kenapa cerita ini berfokus sama Lady Jo dan Jo Hyunhee saja tidak lain dan tidak bukan adalah karena keberadaan lead male cast kita. Anggep aja, Jongdae adalah magnet yang menarik Hyunhee punya petualangan panjang yang akhirnya membuat dia menemukan cinta secara tidak masuk akal.

Lord, ingatkan aku kalau cerita ini tidak punya tokoh antagonis. Bahagianya. Bahagia sekali. Tanpa adanya tokoh antagonis aja cerita ini sudah cukup panjang, apa kabar kalau kutambahin antagonis di dalamnya? Bisa-bisa rencana kejar tayangnya buyar.

THANK YOU

Sekali lagi, aku sangat berterima kasih untuk semua orang yang sudah menyempatkan diri membuang waktu dan membaca cerita ini dari awal sampai akhir. Kuhargain semua amal perbuatan yang sudah kalian lakukan, dan kucintai semua kritik juga saran yang kalian berikan. Kecuali bagian fitnahnya, itu aku garis bawahi. Aku enggak mengharap feedback berlebihan dari cerita ini, karena sesungguhnya menyelesaikan cerita ini saja udah jadi sebuah kebahagiaan berlebih untukku.

Sekian dariku, sampai jumpa di afterword lainnya, Irish!

NOTE

Kembali ke fakta kalau aku sudah menganak-tirikan banyak cerita berseries lainnya karena Switch yang sudah memenuhi slot bulan September dan Oktober. Aku rasa cukup adil kalau aku memberi kalian sedikit informasi, bukan?

— kemungkinan besar aku akan datang membawa beberapa chapter sekaligus secara berurutan, mungkin dua chapter kalau aku lagi dalam mood yang bagus, atau mungkin tiga kalau jadwalnya memungkinkan, dan insya Allah, akan aku post dalam jarak sesingkat-singkatnya, bukan berarti aku post selama dua hari atau tiga hari berturut-turut, tapi mungkin berjarak beberapa hari aja.

— sehubungan dengan dua coming soon yang sudah aku pamerkan di akhir pekan kemarin, aku rasa sudah waktunya buat aku menyapa kalian dengan sesuatu yang baru (lagi) dan semoga saja sesuatu yang baru ini akan membawa barokah, wkwk.

— kuucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya karena semakin ke sini aku semakin lama membalas komentar-komentar dari kalian, ketahuilah kalau aku lebih sering tenggelam di balik kata PMS dan kesibukan atas laporan juga rapat bejibun, kalau enggak kuota yang sekarat meski tanggal bukan tanggal tua, tapi aku berusaha untuk membalas satu persatu komentar kalian, kan?

— aku sudah pernah bilang kalau bulan Mei akan ada cerita kejar tayang lainnya, dan semoga aja beneran bisa terealisasi, karena sekali lagi aku bakal mengangkat konsep yang cukup anti mainstream dan belum pernah aku temuin di cerita fanfiksi yang ada, sedikit ketar-ketir juga diriku yang mau menulisnya, sedikit spoiler, cerita di bulan Mei tahun depan akan berhubungan dengan sebuah permainan.

— sekali lagi terima kasih karena sudah membaca ceritaku, Irish.

| MY SHOW |

| Instagram | Line | Twitter | Wattpad | WordPress |

28 thoughts on “SWITCH [AFTERWORD] — IRISH’s Story

  1. Yang penting akhirnya bahagia, ga harus sedih-sedih lagi. Yang lain mah lewat aja. Kek begini aja udah bagus banget, kak rish. Ditunggu aja cerita lainnya kak^^

  2. Kak irish…. aku jujur sejujur jujurnya. Aku mau ngakuin sesuatu ama kak irish, ane tu sebenernya….
    Sebenernya…
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Sebenernya gak ngerti apa yang diomongin kak irish, maaf sedalam dalamnya. Kalo tentang cerita sih aku paham, tapi kalo yang tentang meniru itu nggak, soalnya aku baca ini cerita dari awal sampe ahir lempeng lempeng aja gak kepikiran kalo ini tuh plagiat atau pun adaptasi drama drama*yaiyalah orang jarang nonton drama
    Abaikan aja orang yang kayak gitu
    Semangat kak!!!

  3. Ya ampun siapa itu yang udah memfitnah kakak irish author kesayangan diriku ayo kita TENGGELAMKAN. Bikin esmosi deh sumpah, apa cuman ngambil tema historical bisa dibilang kenjiplak atau meniru?? Tolong yah tolong perlebar dan perluaslah cara berfikir anda anda semua ini 😠 Buat kak irish biarkan lah ocehan ocehan itu berlalu, mereka hanya orang orang yang gak bisa membedakan dan gede omong doang. Apapun yang terjadi aku akan selalu mendukungmu 🙌🙌 semangat kak 😘😘😘

  4. Sesungguhnya aku punya cerita yang juga berpindah tempat nan waktu,apa itu juga disebut ngejiplak Moon Lovers?
    Beneran itu bikin aku ngerasa kecil.dan pengen tetep nyimpen itu cerira di wattpad.
    Pandangan sempit sekali.
    Haduw,abaikan wae lah kak.
    Tapi soal cast utama jongdae juga jadi permasalahan. aku rasa itu emang lebih nyakitin. Berasa mas jongdae disia siain. Sakit mah aing …. kasian mas jongdae,jadi mandang egois banget tuh yang bilang mas jongdae nggak pantes jadi pemeran utama.

  5. Saya rasa yang ngeyamain ini ff ama Scarlett heart itu dia gk paham konsep dari ff ini. Ff ini membawa konsep ya seperti time traveler bukan? Jadi dia jalan-jalan dari masa depan, masa lalu, masa sekarang (udh kyk verb aja). Kalo si hae Soo mah tiba-tiba nongol aja di kolam, trus stuck aja di goeyeo ya beda lah…tp maybe tema sama.
    Cheer up irish!!! Aku dukung kamu,(weleh emg org lg pemilu?) Intinya kamu My fav writer..jd apa aja crtmu aku usahakan untuk membacanya. Elau main leadnya bukan bebek Byun Baekhyun

    • 😄 buakakakakakakakakak kayaknya iya beb, mungkin dia memandang sebelah mata konsep historical yang sama antara Switch sama Scarlet. sedih. kokoroku terlukah ~
      ya ampun maaciw beb ~ diriku terharu kalo ada yang nyasar di cerita abnormal ini ~😄 wkwkwkwkwkwk nanti deh aku buat yang main cast nya cabe lagi ~

  6. kak irish knp ff switch harus end?😦 tpi ada 1 kalimat yg hrs kak tau, ff switch sangat keren.. Kak blh request? Bisa gk kak buat ff yg cast utama x lay dan oc? Klo chen lgi jga gpp atau xiumin jga gpp yg penting pasangan x oc bkn di ambil dri nma asli anggota girl band, biar para pembaca x ngerasa ikt berperan dlm ff itu..cnth x kya ff switch🙂 . Oh ya alasan aku nge request cast utama x lay krna lay gege bias ku d.exo, dan knp aku jga pengen cast utama x klo bkn lay, xiumin dan chen jga gpp krna susah cari ff chapter yg cast utama x lay or xiumin or chen.. Jadi bsa kah kak buat ff berchapter dgn cast utama x
    lay or xiumin or chen dgn pasangan cast utama x oc? Sblum x aku ucpkn trma ksh kak udh mau baca comment ku apalagi klo kak mau mempertimbangkan requesan ku and salam kenal and teruslah berkarya.. Fighting and mf comment x kepanjangan hehe😀

    • Buakakakakaka keren apaan ini astral banget kok dikata keren😄 wkwkwkwwkkwk aduh duh mas Icing yaa ~ nanti deh aku coba bikin epep mas Icing siapa tau ada yang cucok ya😄 kalo aku buat ff mas icing kudu baca dan komen loh :v wajib😄 wkwkwkwkwkwkwkwkwkwwk

  7. Huhuhuhu
    Aku terharu dengan kata2 irish yg who care klo castnya dibilang salah
    Trus kata2 jangan menghakimi jongdae,huhuhuhuhu hiks

    Aku merasa punya teman sepemikiran tentang jongdae *plak

    Go jongdae go jongdae go

    Untung ya ini judulnya ga jadi shes dreaming
    Sumpah itu lagu bagus tp kampret artinya menohok
    Dan kmprt lagi jongdae yg bikin lirik koreanya
    Berasa secara perlahan dengan melodi yang lembut dia menyadarkanku akan kenyataan kami berdua tidak bisa bersama *gubrak

  8. Di tunggu karya fanfic menkajubkan lainya kak.

    aku ngikut dari awal sampe akhir switch. karena aku buta soal sejarah apalagi sejarah luar. gak ada maslah sih soal cerita mengenai cerita sejarah yg bersangkutan. aku tetep menikmati cerita siwtch ini. berbagai alasan genre nya juga bikin ngiler apalagi fantasy. so aku jujur bukan hanya sebagai hiburan bca ff ini tapi aku dapet ilmu juga dari seorang kak irish dalam menulis sebuah fanfic sangat bagus,detail,apik good kak🙂 (y)
    big love haha😀

  9. izinkan aku untuk bersariosa sebentar. apa kalau aku bilang afterwordnya lebih seru dari ff nya itu sendiri? haha. enggadeng. afterwordnya panjang. sepanjang cintaku padaamu iyyyyoooot. enggadeng ka. aku blg enggadeng untuk apa? yaaa ka irish tak pernah gagal membuatku kagum sekalipun engga. ihh gregeeet deeeh aaaaahhhaaahh assdfgkklha. aku bingung ingin berkomentar apa dan malah menghasilkan komentar beegitu tak berguna seperti ini. heol, kaa ktunggu ff mu selanjutnya laah josss.

  10. KENAPA KAK RISH SELALU GREGET DIMATA EKI KAK?
    WKWK.😂
    ITU SIAPA YG FITNAH? GAK TAU APA KALO KAK IRISH INI AHLI NUJUM? MAU DIPELET/PLAKK/ APA?😂
    OVERALL, AKU SUKA BACA SEMUA FANFIKSI KAK IRISH, ASTRAL YANG PALING EKI SUKA, WKWK..😂
    AKU EMANG SUKA YG SETIPE KAK IRISH, SUMPAH. WKWK..😂
    CHEN, SIAPA YG BERANI NISTAIN NIH ORANG? YALORD, CHEN. ANE SUKA DIA, MESKI TAK SEFANATIK CHANYEOL /PLAKK/ TAPI ANE JUGA SUKA CHEN. KAK RISH GAK SALAH PILIH, SERIUSAN.😂
    ENDING HAPPY ENDING EMANG YG TERCUCOK KAK, THANKS UDAH BUAT HYUNHEE MAS CHEN BAHAGIA DISINI MESKI CEYE JADI ORANG YG TERSAKITI.😂
    DAN JUGA HWAITING KAK UNTUK CHAPTER FANFIKSI YG LAINNYA, EKI GIDARYEO DENGAN SETIA~~ 😂😂 /plakk/😂
    HWAITING KAK RISH!😆😆😆

  11. YALORD MERASA TERPANGGIL(re:cabe internasional)wkk emang gue cewe paan hahaha
    TUHAN…BAGAIMANA DIRIKU TIDAK NGEPENS KAILISH SAMBALADO OTAKKMU ITU TERBUAT DARI APA KA??hell HUFFT GAKERASA Y NI EPEP UDH KELAR:-\ TAPI CINTAKU PADAMU GAKAN KELAR KO KA ASEEKXD
    SUMPEH YA ITU YG BILANG MIRIP KEK DRAMA YG CABE NYANGKUT PLIIS OPEN YOUR RICE LOH DRESS MAKSUDNYA LAH WKWKK INI BEDA KOK PLIIS:-/ MUNGKIN MEREKA YG BILANG SEPERTI ITU KURANG BELAIIAN OBBA KA#DIAMUK MASA/kabuur
    SUMPAH YA INI SYUKAA BGT CERITANYA JADI TAU ADA SEJARAH INI LOH DI JAMAN JOSEON..WAEE SI KA KENAPA DARI YG BUTIRN DEBU BISA JADI MUTIARA AKA WARBYAZAH#BAHASAMACAMAPAINI….SELALU AJA PUNYA IDE YG GA MASUK DIOTAK TP GABISA NOLAK BUAT BACA-__-SELALU KEPIKIRAN YG ORANG GA KEPIKIRIN COBA KENAPA??UDAH FIX KAKA JADI PENULIS AJA..BIKOS I LIKE VERY MUCH EPEP MU KA..JEBAALL AAHH
    TRUEE BGT CHENTONG KOMUKNY DISITU HISTORICAL BANGET AA♥♥ DAN ITU JUGA KALO ADA YG BILANG KENAPA KARAKTER INI GACOCOK BUAT CHENTONGQUE PLIS OPEN YOUR ICE YAKALI MUKA SITU COCOK APA:-P SIAPA BILANG CHEN ITU GATERKENAL HAH??DIA FAMOUS EMANG SITU😛 HAAH SUKA LUCU DEH
    DUH SIAPA PUN TOLONG YA SIAPA PUN YG MENCOBA MEMFITNAH AUTHOR KESAYANGANKU INI MUNGKIN HIDUPNY KURANG BAROKAH YA HEOL DUH KA SUKA SYEDIH DEH DIJUDGE AMPE BEGITUNYA.PUKPUK
    ADUUH UDAH DEH AKU GAMAU PANJANG” TAMBAH NGALOR NGIDUL NANTI NGOMONGNYA TT TT
    INTINYA MAH AKU SYUKA SYEKALI SAMA SEMUA EPEP YG KAKA BIKIN WTF SAMA ORANG YG BILANG INI ITU ANYWAY SIH AKU ENJOY” AJA BACANYA PLIIS KITA ITU CUMA READERS YA SELAGI BISA HARGAIN JUGA KARYA ORANG LAIN EMANG SITU BISA BIKIN CERITA KEK GINI?KRITIK SH BOLEH TAPI GA NYAMPE NGEFITNAH JG KALI HELL…pfft KENAPA MALAH JADI AKU YG CURCOL YA #BUNUHSAJAAKU WKAKAKA/KABUUR
    POKOKNY DTUNGGU BANGET NEXT PROJECTNY KA TETEP SEMANGAT BUAT NULISNY YA KA FIGHTING:-* MAAF YA KA GABISA KASIH FEEDBACK LIKE SUPER MARIO MWEHEE

    PS: #SAVE CAPSLOCK 2K16:-D jujur cape pake capslock#plaak siap juga yg suruh pake capslock dan jujur ini akutuh commentny nulis ulang sinyal like eeq hahaha sejujurny msh banyak yg pengen aku tulis TT TT coba aja comment bisa kaya love letter ya LOL… kalo comment di lapak kaka gapake capslock tuh rasanya kurang memuaskan(?) gituh…

  12. dan sesungguhnya aku malah gak ngrasa ini mirip sama2 cerita2 atau drama2 atau mungkin film2 atau apalah
    karna aku terlalu menikmati perpindahan hyunhee yang gak bisa di tebak2

  13. Aku suka jongdae lebih dri anak exo koq.. 😭😭
    Ok.
    Aku gak pinter dalam berkata2..
    Tpi switch memang aku suka karena aku suka jongdae, aku suka petualangan, aku suka hyunhee~~ dll..
    Haha.. Smuanya ja lah itumah.
    Trimkasih buat irish yg tlah mnyuguhkan crita yg mnarik dan menegangkan..hihihi.
    DanSmoga slalu smagat untk mnulis apapun. 🙏😊

  14. Baru sadar jika tidak ada antagonis dalam Switch setelah baca afterword 😂😂 /akibat keasikan baca/
    Switch menyangkut drama Goryeo? itu kurang minum kopi sianida 😂

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s