SWITCH – FOREWORD — IRISH’s Story

s      w      i      t      c      h

|  Jongdae x Hyunhee  |

|  Fantasy x Historical x Mystery x Romance  |  

|  Chapterred x Short Story  |  Teen  |

by IRISH

[PLAYING] Foreword

FOREWORD

Finally, historical!

Well, hallo, Irish di sini.

Ada sedikit perasaan bersalah dari aku karena tiba-tiba mengucapkan salam perpisahan lewat hiatus di pertengahan Agustus. Memang sih, aku sedang dalam masa pemulihan pasca kecelakaan yang terjadi tanggal sembilan belas kemarin. Tapi rasanya beberapa hari enggak berkutat sama tulisan membuat otak aku beku dan keinginan aku untuk sembuh semakin minim.

Setelah menjadi korban kecelakaan dengan dislokasi bahu (bahasa gaulnya dikenal sebagai keseleo) dan dua tulang rusuk yang patah juga satu yang retak… ternyata saya bangkit sebagai seorang yang haus akan tindakan kriminalitas yaitu: menistakan bias.

Biar aku ceritain dulu gimana awalnya diriku kembali ke peraduan virtual ini.

Di awal Juni kemarin, secara enggak sengaja diriku ketemu sama temen SD yang lagi berlibur di kota pahlawan. Umur boleh tua dia dua tahun, tapi dia ternyata sudah jauh lebih dewasa. Ya, terbukti dengan begimana dengan polosnya dia bilang kalo dia lagi hamil muda, anak kedua. Tuhan, dia korban pernikahan dini. Haruskah aku tawarin dia KB? Krik /ikutan Nida/.

Oke, itu prolognya. Klimaksnya ini ketika aku sama dia tuker-tukeran nomer telepon, sampe mabok tiap malem dia telepon aku, ya kali aku kira dia ngidam ngomong sama aku, terus anak dia nanti keluar kayak diriku, kasian kan? Terus tetiba aja gegara pertanyaan ‘lagi apa?’ kami jadi menangis bersama-sama.

Enggak, enggak nangis juga sebenernya. Cuma terkejut aja, shock gitu ceritanya. Karena senyatanya dia adalah EXO-L juga, PFT, PFT, dan pertanyaan ‘lagi apa?’ yang aku berikan, mendapatkan jawaban: lagi baca fanfict, tau fanfict gak, Rish?

Terus gue gulung-gulung di atep sambil nangis di bawah dua matahari yang pekan lalu nampang.

Ternyata aku terkejutnya enggak sampe di sana doang! Faktanya lagi, si ibu hamil muda yang gak lain adalah temen SD aku yang dulu sering ingusan kentel banget sampe huek ngingetnya itu… pembaca astral di sini juga, ziyal.

Terus karena insiden ‘ulang tahun’-ku kemarin, dia ternyata tau siapa diriku sebenarnya. Ah, kumerasa sedang di X-Ray. Antara seneng tapi kezel juga. Ya kali gimana enggak kezel, semaleman dia berikan kritik & saran penuh cinta padaku—yang kata dia, dia selalu merinding kalo liat update-an dariku karena kuatir update-nya thriller, ziyal (2).

Nah, sekarang mulai masuk inti cerita.

Intinya adalah dia itu salah satu korban pernikahan dini (kemudian disambit) yang sekarang sedang hamil muda dan ngidam berat ini katanya lagi kepengen sama semua hal yang berbau sejarah, sampe cari-cari fanfiksi historical juga. Ya aku sih ngakak aja sama dirinya yang lagi hamil masih sempet baca fanfiksi… mungkin emang jiwa fangirl itu enggak terhalangi sama hamil sekalipun, ya.

Nah, terus ceritanya, dunia berubah jadi sesempit daun kolor—eh kelor, ketika dia tetiba melayangkan tantangan pada diriku untuk menciptakan sebuah karya historical

BOLEH ENGGAK AKU GANTI PENNAME SUPAYA DIA ENGGAK TAU AKU LAGI? MEMAKSAKU UNTUK MENCIPTAKAN HISTORICAL ITU SAMA DENGAN MENYURUH AKU BUAT MEMBAYANGKAN LEE JONGSUK DI CINCANG DI FANFIKSI COMEDY.

Tarik nafas, hembuskan.

Jujur aja, buat diriku yang nilai rata-rata sejarah di zaman sekolahnya seringkali jadi TTM-nya KKM, sekalinya dapet nilai seratus hasil nyontek, membuat fanfiksi dengan genre historical itu… bunuh diri. Aku sih sebenernya bisa aja nolak, gampang kan, tinggal suruh si doi buat nonton pelem-pelem india dan turki (atau Iran?) yang ada di saluran televisi, udah sejarah tuh.

Tapi dianya sebodo teuing.

Ngeyelnya dia ini bikin aku mikir juga, katanya kalau orang ngidam enggak diturutin itu pamali. Kalau anak dia nanti lahirnya ileran mulu gimana? Aku dong yang harus tanggung jawab.

Berhubung tantangan ini dia keluarkan di tanggal 25 kemarin, akibatnya apa? Akibatnya dari tanggal dua enam sampai sore tadi, aku jadi mahasiswa sejarah akibat nongkrong di perpustakaan kampus si adek yang baru jadi MaBa, perpustakaan kota, perpustakaan daerah, dan dating sama Gugel Oppa demi mempelajari sejarah.

Ya bayangin maboknya diriku yang harus mencari sejarah negara lain bukannya sejarah negara sendiri. Pengen sih bikin mas anak EXO jadi temennya Bung Tomo, gitu, tapi nanti… WKWKWK, sudahlah enggak perlu kujelaskan apa jadinya.

Sisi malunya ya aku keliatan macem mahasiswa gagal mata kuliah yang lagi mati-matian belajar meski tangannya berbalut perban dan keadaan awut-awutan juga mulut yang terus komat-kamit sambil sesekali mengumpat akibat rasa kezal pada sejarah.

Terus apa hasilnya? Ya ini, foreword.

Mau enggak mau foreword ini jadi tanda bahwa aku akan menuruti apa yang dia idam-idamkan. Kali aja ntar anak dia pas baru belajar ngomong udah bisa menceritakan sejarah Joseon ke emaknya.

Berhubung bias dia Mas Jongdae (kenapa sih semua yang berbasis teman dekat ini biasnya Jongdae? Ya gapapa lah, kalau Suho mungkin diriku enggak akan mau bikinnya, apalagi Tao, LOL) jadi… here I am, with my first EXO’s historical fiction.

Well, foreword ini juga sebagai ungkapan kembalinya aku yang enggak jadi hiatus selama satu bulan. Tapi berhubung tangan kiri aku masih sulit buat bekerja sama dan belum bisa sepenuhnya bekerja kayak dulu, aku belum bisa mempublish beberapa chapter fanfiksi chapterred aku (seperti One and Only, Springflakes, True Lies… apa lagi, aku mulai lupa…) karena kalau aku publish, secara otomatis aku harus mempersiapkan chapter selanjutnya, sementara aku enggak kuat buat ngetik lebih dari 1000 words di satu periode waktu. Intinya aku pengen sedikit berlatih, sedikit demi sedikit, supaya jari aku enggak kaku.

Mengingat di saat comeback Lotto aku terlena sama lagu bertitel She’s Dreaming dan sempat heboh di Group Chat Staff EXOFFI dengan berkata bahwa suara Chen di sana begitu mendayu-dayu dan aku ada bilang ‘besok-besok aku bikin banyak fanfiksi dengan main cast kamu, Chen’ dan ternyata aku tahu kalau Chen yang menciptakan lirik She’s Dreaming

Aku rasa aku sudah bernadzar secara enggak langsung dan Tuhan juga enggak selip, He’s watching me. Dan yeah, ketemunya diriku sama temen yang ngidam buat baca fanfiksi historical Jongdae, dan nadzar-ku tentang Chen (apa bedanya Jongdae sama Chen?) anggep aja sebagai sebuah takdir.

Mungkin nanti aku bisa pinter sejarah.

Yap, jadi Switch ini akan jadi latihan buatku. Berhubung dia akan kusajikan dalam short-story jadi cerita per-bagiannya enggak bisa dan enggak akan panjang. Sepegelnya aku ngetik aja. Mungkin aja Switch jadi sedikit pengobat rindu aku sama dunia fiksi yang dua minggu kulepaskan, jadi penurut ngidam juga, jadi nadzar-ku juga.

Dan fyi, Switch akan mewarnai akhir pekan kalian selama bulan September. Anggep aja berhubung September ulang tahunnya Chen jadi sebulan aku rayakan ulang tahunnya (apa kabar bulan Mei dan Byun Baekhyun, Rish? HAHA. Iya bulan Mei tahun depan aku sebulan bikin fanfiksi Baekhyun deh—lagi-lagi bernadzar pft).

Oh ya, maaf juga ya, karena aku belum sempat membalas semua komentar kalian satu per satu. Kemarin hari minggu tanggal dua puluh sembilan udah dua jam sih aku belajar ngetik dan akhirnya tangan aku kram berkepanjangan. Pas tanggal empatnya aku begitu sibuk dengan kontrol dan berbenah kehidupan nyata sampai-sampai enggak sempet buat sekedar main komputer.

Ah, aku rasa masih ada beberapa komentar yang tenggelam dan… begitu sulit untuk ditemukan. Jadi di sini aja perwakilan minta maafnya, ya.

Sekian foreword dariku. Jaa mata!—

.

.

.

[HELP! Aku lagi-lagi butuh vote → HELP! I NEED YOUR VOTE (2) ]

.

.

| MY SHOW |

| Instagram | Line | Twitter | Wattpad | WordPress |

77 thoughts on “SWITCH – FOREWORD — IRISH’s Story

  1. Ping-balik: SWITCH [AFTERWORD] — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  2. Ping-balik: SWITCH – EPILOGUE — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  3. Ping-balik: SWITCH – 14th MOSSAIC [FINAL] — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  4. Ping-balik: SWITCH – 13th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  5. kayaknya aku udah lama gak mampir di tulisan kamu deh rish….
    dan comebackmu ini tau-tau udah chapter 12 ajah…..
    gara-gara sibuk kuliah sama sibuk ngedrama (hahaha korban junki oppa ngedrama lagi) . jadi kuputuskan bakalan ngebut alias maraton baca switch… berhubung ini cerita historical, semoga ni otak gak kusut kayak tumpukan rambut rontokku, hahahaha…….

  6. Ping-balik: SWITCH – 12th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  7. Ping-balik: SWITCH – 11th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  8. Ping-balik: SWITCH – 10th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  9. Kemaren aku udah baca foreword tapi belum sempat komen, maapken daku mba.
    Sungguh perjuangan yang luar biasa mba, semangat terus mba buat ngelanjutin ini epep.
    Dan aku rasa aku baru bisa baca foreword sama prolognyabuat minggu ini, hiks maapken daku. Itu ada yg udah numpuk kaya gunung soalnya, hehehe.
    Semangat terus kakak. Miss you loh, sungguh.

  10. Ping-balik: SWITCH – 9th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  11. Udah bc foreword ini dr awal2 irish publish tp blm ninggalin jejak cz ‘bnyk’ excuses *tepar hbs hiking akhr agsts kmrn & lg bnyk bgt krj-an di kntr😥
    semua update-an switch jg sdh ku bc, tp review’ny nyusul yak  pengen ninggalin jejak di tiap chap sesuai urutan.
    Seneng & bersyukur irish ga jd hiatus lama, bhkn bw ff genre br yg cpt di update’ny. Wow, scenario dr Tuhan ga bs dilukiskan ya amazing’ny, ktmu tmn SD yg trnyt sesama Exo-L & jg pembaca astral di sini, surprise in life! Twrn KB aja rish, kan msh muda bgt dah mo pny 2 anak, spy ms dpn anak & klrg’ny lbh terjamin. Heheh.. so bijak bgt!
    Klo pljrn sjrh di sklh dulu lmyn sk yg menyangkut sjrh dunia. Nilai lmyn aja, ga se’terpuruk’ math jg ga se-bgs English, haha.. klo anak Exo jd tmn’ny Bung Tomo/anak di2k’ny bpk Tjokro Aminoto.. bs brubah jln crita sjrh di buku2 pljrn qt😀 wkkk~
    Slmt ya irish bs menunaikan nadzar ke Chen 1xgus ksh ‘obat/pnawar’ ngidam ke tmn SD’ny ^ ^ moga pas lhr nanti ponakan kamu itu ga ileran, bs mrp Chen/pntr sjrh Korea😀 wkkk~
    Have a quick recovery ya rish..

  12. Ping-balik: SWITCH – 8th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  13. Hohoho comeback juga. Sudah mendingan kah? Kenapa dengan suho. AKhirnya kamu buat ff cast chen, jrang soalnya. Sumpah lucu baca cerita kamu. Dah jodohnya kali. Izin baca ya. Biasa aku bela-belain begadang gpp. Lagian insom..

    • Buakakakak iya udah agak mendingan dikit ini alhamdulillahnya😄 wkwkwkwkwkwk Suho… ah sudah enggak perlu dideskripsikan lagi kalo Suho mah😄 wkwkwkwkwkwk ini serius? jangan begadang loh, bahaya😄

  14. Ping-balik: SWITCH – 7th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  15. Ping-balik: SWITCH – 6th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  16. KAK IRISH AKU KANGENNNNN WEHHH..
    kok aku ngakak ya baca ini.. Haha kak Irish ketemu temen sd trus dia ngidam baca ff gitu?? Haha kok lucu ya..
    cieeee castnya mas Jongdae…
    nanti alurnya mbahas sejarah gitu.. Kok keliatannya seru ya …hehehe..
    Btw, kakak udah sembuh?? Aku doa’in kakak sehat selalu.. Haha..
    ya udah kak, aku tak mampir ke chap 1, hihihi..

    • Lebih tepatnya temen aku pengen baca Historicalnya Chen, begitu. Terus iya aku dipaksa buat bikin cerita macem ini. Biarlah. sesekali, kali aja nanti anak dia lahir2 macem Chen mukanya😄 wkwkwkwk

  17. Maaf kak Rish tapi aku harus Ketawaa… /plak/
    Kak kok bisa kecelakaan? Kakak gak ngebayangin abs bias kan waktu itu?
    Dan kenapa foreword ini harus lucu? Ini ngakak banget kak Rish. Bagaimana bisa teman sd kakak ngidam kek begituan? wkwkwkw..

    Btw kakak udah totaly sehat kah? Kalo belum apa aku perlu kontak doa sama Eki?😀 Get well soon yang kak Rishh, fighting!

    • Iya ane bisa juga loh kecelakaan😄 ngakak juga sih aku bayangin diriku pas kecelakaan itu sebenernya mikirin apa😄 wkwkwkwkwkwkwkw ITU PLIS SHIRA, DIA EMANG SERIUS NGIDAM CHEN HISTORICAL, PENGEN KUCEKEK JADINYA KAN?

      • Wkwk, ka Irish aja gak tahu 😄😄 tapi meskipun kecelakaan ka Irish tetep ngetik yaa hebat banget, salu, salut, salut 😆😆

        JANGAN DICEKEK KAK, KASIHAN 😁 BTW ITU TEMENNYA KAKAK HAMIL PERTAMA KAH? 😂😂

  18. Ping-balik: SWITCH – 5th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  19. hai aku reader br salam kenal dan ijin baca ya ffnya….. dan semoga cepat sembuh, bingung mau manggil kamu apa aku 95line salam kenal lg…..

  20. Yeyeye kak rish gak jadi hiatus hhehe
    Aku kangen sama fanfic kak rish trs aku juga kangen coment aku dibales sma kaka cepat sembuh ya kak!
    Cieee jadi ceritanya ketemu temen sd nih? Trs ditantang buat fanfic genre sejarah wkwkwk semangattt kak rish uda dulu ya aku mau baca prolognya

  21. Ping-balik: SWITCH – 4th MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  22. Kak irish bogoshipo..
    Ketemu temen sd, pasti seneng ya kak^^

    Kakk cepet sembuh ya, tetep smangat juga^^
    Udah itu aja aku mau baca prolognya dulu ya^^

  23. Ping-balik: SWITCH – 3rd MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  24. Ping-balik: SWITCH – 2nd MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  25. jadi… temen sd kak irish tau identitas kak irishh waktu ulang tahun? Whaaa pasti rasannya gak nyangka ternyaata orang yg sering kita baca ff nya itu temen pas masa sama2 ingusaannya😄 tuhan emang selalu nyiapin hal tak terduga. /angkat tangan cem mau doa makan/ aku udaah baca ch 1 duluaan~

  26. Cieee ciee,,ada apes ada rejeki pula,,ketemu teman lama pasti senangnya pake banget,apalagi temen SD,jadi inget jaman dulu kan,,itu juga rejeki lho,kan rejeki bukan cuma uang tp banyak teman jg rejeki/ hehee nyambung ga c/
    – btw baru sempet baca afterword mu Rish- akhh iya ,temen IRISH yg lg ngidam tu,pinter ya RISH dia tau buat Irish bakal jd lbh pinter dan tau ilmu sejarah,,,hahaaaaa jd bisa jd bahan berguna buat fanfik irish d masa depan..HISTORY FANTASY ,kayanya serru ni,
    – ga sabar baca story nya,,
    -btw aku juga dh tua Rish,hehe tp jiwa fangirlnya ga ilang wlopun dh pny temen hidup,mpe,suami suka ngomel karna d galeri Hp isinya anak anak EXO,,play list musik nya kebanyakan lg EXO n kpop,,hahaaa eitsss jng Kaget ya RIsh,, duh ko jd curhat….dan aku pny satu anak,umur 4 thn,dan kebetulan mata anakku tu sipit,mungkin dulu waktu hamil ngefans bnget ama lee min ho,mpe pny harapan klo pny anak cowok mbo mirip Lee min Ho/ otak mak kpopers emg gini Rish,,tp anakku cewe,jd cuma mirip matane tok! Heheee,
    – yg terkhir,cepet sembuh ya rish,,dan tetep mau temenan ma ibu ibu kpopers!

    • Eh iya masa dia ngapain ya pake acara ngidam sejarah segala, aku kuatir aja gitu kalo anaknya lahir2 udah hafal sejarah Joseon kan emejing sekali…😄 wkwkwkwkwkwkwk
      NAH BTW, ITU KEKNYA BENERAN NGIDAM LEE MINHO😄 SIAPA TAU GEDENYA MIRIP LEE MINHO KAN LUMAYAN😄 WKWKWKWKWKWK
      thanks yaaaaa😄

  27. waktu aku buka blog, ff ka irish yg ini, yag chapter 1 nya muncull. trus aja ini yaudh aku buka ajaa. so ka, aku baca dulu yaaaa. paai. sampai jumpa di chap 1 /padahalgaadayangmauketemu

  28. Whoah, new fanfic? Terhura aku 😂😂, tapi kak irish udah mulai baikan, kan? Semangat yap buat ff yg baru dan (yang lama juga tentunya 😂😂 ) kesembuhannya, gws juga ya kakk 😇😇

  29. Ping-balik: SWITCH – 1st MOSSAIC — IRISH’s Story | EXO FanFiction Indonesia

  30. aku sangat bersyukur kak irish jumpa sma tmen SD nya yg membawa genre baru, historical.. wuuuuu.. keren2
    tetap semangat ya kak, moga cpat sembuh..
    maaf aku yng sering ilang timbul seperti ingus dedek bayi, dan ganti2 nama gaje hehehehe

  31. Gws kak Irish ^^
    semoga cepet sembuh lahir batin hihihi~ cepet” publish karya mu lah… Wkwkwk dan jg genre terbaru nya :v
    oke fighting ^^

  32. kak irishh ku rindu dirimu,dan fanfictmu,rasa nya sepi ga ada postan nya kak irish,tapi jangan terlalu dipaksa kak nanti tambah parah,ditunggu lanjutan cerita lainnya kak

  33. Fighting ka IRISH, cepet sembuh tangannya *eehhhh…
    maksunya cepet sembuh ka irishnya, kalau udah sembuh jngan lupa publish One and Only yah ka hahahaha😀 *maksa*abaikan ^^V

  34. kyaaa kak ilish sambalado ku miss you dirimu somat kak:'(#sksd
    astogeh apa ini foreword…zzz..btw aku jg punya pengalaman kek kaka loh#gananya jd aku tuh punya tmen kpopers emak” didunia luna maya..anjayy baek bgt olangnya yawla pas exolution jg nonton dia huwaa…jengjeng finally ku gebet doi pan lumayan udh baik+ga pelit jg haha#ketawa setan…trus yah dia tuh orangny suka beli goods gtu aaah sumpah envy aing..makanny ku gaet doi biar bisa dpt sripilanXD trus brhubung dia itu biasny kang jongin anakny masa namany berbau” kanjeng pangeran kai..ahaha saya jd berfikir” nanti gue jg bakalan kek emak” kepopers ga yaah…”wkwk Ya Tuhan ini malah aku yg curhat looool…ini lama” commentku kek sianida#okeganyambung

    BTW GWS AKA GEUS WAE SARE#CKK …KA ILISH JAN MAKSAIN NULIS KLO BELUM CEMBUUH KAN AKU JG CEDIIIH:'(😥 UH KENAPA LAMA” JADI CAPSLOCK.-.POKOKNY GWS YA KAK..KAKA FOKUS DULU BUAT SEMBUH JAN TERLALU MAKSAIN READERS JG GA TEGA LIAT KAKA SAKIT KEK GINI HIIKS..OKEE INTINYA GWS&AKU SELALU NUNGGU EPEP KAKA KO..SELOW AE OCREH KA..OKEH MAAPKEUN CUAP” YG G PENTING INI…SEMANGAT YA KA*ALA” CILIDERS*

    PEYUK MESRA DARI MRS.BYUN BONCABE SAMBEL TERASI PFFFTT:-*

    NB: CAPSLOCK GA TER KONTROL

    “SALAM HANGAT SAMBALADO”

    • Kamu kangen tapi komentarnya nyiksa sekali ;”) tangan aku berjuang keras buat balesinnya huhuhu
      Btw ya, kenapa saat baca cerita kamu aku awalnya mikir dia awewe taunya dia awowo? Ziyal… ini gegara temen ane hamil nih sedangkan temen ente engga /lah ngapa emang Rish/😄 wkwkwkwwkwkkwkw
      Dan btw lagi, aku engga semangat buat pake kepslok… semangat kepslok aku masih belum muncul jadi tolong bersabar ya😄 wkwkwkwkwkwkwkwk aku engga maksain diri tenang aja karena chapternya cerita ini bakalan pendek-pendek. HAHAHAHAHAHAHAHA😄
      Alurnya juga bakal ringan jadi… ya biar aku engga banyak dosa gitu aja ini cerita publishnya😄

  35. Kàak riiiish!! Aku kangen!! Seriusan. Jangan bilang kalo aq cuma kangen epep kaka. Aq juga kangen ama cuap cuap kaka!! Seriusan!!
    Seneng kaka gak jadi hiatus, tapi jangan paksain tangannya juga ya kak.. biar cepet pulih..
    Saya tunggu september besama mas jongdaee 😀😀😀😀
    Oya kak, pas jadwal ff freelance bakal ada ff perdana aku looh.. judulnya ‘Comeback’/promosiceritanya//abaikanajè/

    • 😄 kangen aku atau kangen sama cerita aku doang ini?😄 wkwwkkwkwkw tangan aku mulai gwenchana kok, meski masih ada nyut-nyutannya sedikit kalo ngetik, btw, besok mulai weekend sama mamas jongdae😄 eh serius? nanti aku baca deh😄

  36. Pengen sih bikin mas anak EXO jadi temennya Bung Tomo, gitu, tapi nanti… WKWKWK, sudahlah enggak perlu kujelaskan apa jadinya.
    ^ Selalu ngakak sendiri membayangkan itu 😂😂
    Btw, emak-emak ngidam memang… ga tau mau bilang apa 😂😂 untungnya tak pernah jdi ‘korban’ emak-emak ngidam :v
    FF Sejarah? Asek, akhirnya ada yang buat :v /plak!/

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s