Dear EXOFFI, ShanShoo

DEFFI

 

Hai …

SELAMAT HARI JADI BLOG EXO FANFICTION INDONESIA YANG KE EMPAT! /tiup terompet bareng 12 alien lainnya/

Harapannya, semoga EXOFFI ini semakin jaya, semakin terkenal dan semakin menginspirasi para penulis fiksi di Indonesia dan di luar negeri juga /amiiiin/

Gimana, ya? Err… sumpah, aku gak bisa berkata apa-apa lagi. Inilah kelemahanku, sukar memulai pembicaraan, sukar juga membuat love letter yang diperuntukkan bagi blog EXOFFI serta para staff dan pembaca serta freelancer yang turut serta mengembangkan blog ini :””)

Tapi aku merasa bangga, karena pada akhirnya impianku untuk menjadi salah satu author di sini dapat terkabulkan. Aku gak nyangka sama sekali, aku kira, aku gak bakal diterima :”D

Pokoknya makasih banyak, ya! Doanya yang terbaik deh buat blog ini!❤❤❤

Oke, for the first, aku gak bakal pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya dan setulus-tulusnya buat owner, Kak Arum, beserta admin EXO FanFiction Indonesia yang udah mau nerima aku sebagai salah satu author di sini. Meski tulisan aku gak bagus-bagus amat /gak ada perkembangan, malah/ tapi aku seneng bukan main ^^

Oh, iya, gak kerasa, empat tahun sudah EXOFFI berdiri dan berjaya sampai sekarang. Di mana para penulisnya semakin kece beserta para readers-nya dan freelancer yang terus mengirimkan karya-karya kecenya. Aku kagum sama kalian semua :””). Yah, meski aku gabung ke sini sekitar setahun yang lalu, tapi aku ikut bahagia dan merayakan bareng staff serta readers sekalian ^^

Btw, awal mula aku mengenal blog EXOFFI, semua dimulai dari tahun 2014, dua tahun yang lalu di saat aku masih mengenyam pendidikan di kelas 3 SMA /tsah.

Nah, pas bulan pertama 2014, aku mulai mendalami(?) dunia per-FF-an gegara temen sekelas dan sebangku aku juga. Berhubung dia seorang Kpopers. Awalnya aku cuek-bebek aja enggak mau tau tentang curhatan dia soal isi dari salah satu FF yang dia baca ampe meletup-letup(?) saking senengnya, tapi aku enggak mungkin kan nyuekin dia terus. Tapi, lama-kelamaan, setelah dia udah nyeritain aku beberapa FF bercast EXO, aku jadi mulai tertarik ingin baca dan mulai nanyain dia bacanya di blog mana. Dan dia bilang blognya tuh EXO FanFiction Indonesia. So, aku mulai menjelajah isi dari blog itu, yang sialnya, aku enggak tau gimana caranya buat komen sehabis baca /miris sekali yha/. Udah gitu, temen aku juga mulai coba-coba bikin FF bercast Park Chanyeol dan pernah dikirim ke blog ini juga. Udah gitu (season 2), dia juga nyuruh aku buat bikin blog wordpress dan bikin FF. Seperti biasa, aku nolak dengan alasan aku enggak berbakat sama sekali, tapi setelah beberapa kali diyakinin sama dia, akhirnya aku … mulai membuat FF dengan cast EXO pertama yang aku pilih adalah Baekhyun. Karena baru member itu aja yang aku kenal setelah aku membaca satu FF dengan dia sebagai cast-nya.

Bikinnya sih udah, tapi aku enggak pede buat ngirim ke blog ini. Tapi, setelah yang kesekian kalinya aku diyakinin sama dia, aku akhirnya ngirim salah satu FF abalku ke sini dan … yep, ffku diposting dalam beberapa bulan berikutnya. Tau, enggak? Aku seneeeeeeeng bukan main! Apalagi pas liat ternyata ada yang ngerespon ff itu dan … cukup banyak juga yang ngedukung aku untuk terus menulis. Duuuh, pokoknya seneng banget, deh! Beneran!

Kalian tahu? Itu tandanya … EXOFFI adalah blog pertama yang aku jelajahi isinya, tempat aku memulai karir(?) di dunia per-FF-an! And EXOFFI is a beautiful place for me to read fanfiction with many genres and good writen! Sumpah! Gegara coba-coba ngirim sekali, aku jadi ketagihan buat bikin ff lagi dan lagi, hingga akhirnya aku memutuskan untuk membuat blog sendiri di tahun yang sama /nangis haru/

Btw, curhatan aku di atas enggak bermutu, yha? Tapi … tapi aku enggak tahan untuk menceritakan segalanya dari awal hingga aku mengenal dan menyukai blog ini x(

Bicara tentang kesan …

Banyak banget kesan yang membekas di hati aku mengenai blog ini. Mulai dari admin, artworker dan author lainnya yang baik dan nge-welcome banget, kegigihan mereka untuk terus berkarya dan mencoba genre terbaru (enggak kaya aku yang mentoknya di genre itu mulu T.T) para freelancer juga yang sering mengirimkan karya fanfiksinya ke blog ini membuat semangatku untuk menulis lagi semakin membara! Sedikit-banyak, kalian sudah memotivasi aku juga. Big thanks ya!❤

Untuk pesan? Yah, enggak banyak juga pesan yang ingin aku sampaikan di sini. Aku cuma berharap, semoga EXOFFI tetap jaya, tetap memberikan karya-karya terbaiknya buat para pembaca di seluruh Indonesia (yang mungkin juga nyantol ke luar negeri, amiin) serta selalu ramah-tamah ke siapa pun. Bisa menjaga komunikasi sesama staff atau ke para pembaca juga. Tapi aku juga berharap semoga para pembaca di sini mau menghargai karya authornya yang udah susah payah bikin FF :”)

Pokoknya, aku sayang sama semua staff beserta para pembaca blog EXOFFI! Aku enggak bakal pernah ngelupain blog besar ini yang juga udah turut membesarkan namaku. Kalau aku enggak mengenal FF dan blog ini, mungkin aku hanyalah seonggok … sudahlah, lupakan :”)

** Teruntuk Kak Della a.k.a Bebhmuach, makasih banyak karena Kakak udah ikutserta mengembangkan Blog EXOFFI ini sampai sekarang. Makasih untuk segala cinta /tsah/ yang kakak berikan untuk semua staff, makasih karena kakak selalu baik dan sabar menghadapi keabsurd-an anak didikmu di sini kak, makasih karena kakak enggak lupa sama aku :”) ILYSM pokoknya, Kakdel :*

Kusayang Kakdel pake banget ujungnya tanda seru😀❤

** Buat Nidul a.k.a l18heeuhuk, enggak tau kenapa bawaannya kalo liat satu spesies 97 ini selalu bikin aku ngakak /eheheh/ abisnya selalu mengingatkanku kalo kamu itu kocak, rada sengklek(?) /anjir dibacok Nidul inimaah/ wkwkwkwk makasih ya Nid udah selalu ada buat Isan /dibacok Nidul season 2/ selalu bikin Isan ketawa sendiri karena kelakuannya xD

Niid, semoga langgeng sama mas Sehun yaa… kalo enggak langgeng, Sehun aku ambil tanpa sepengetahuanmu dan mas Hanbin :”””) /dibalang/

** Kak Tata a.k.a L.Kyo ♪, haaaaai kak Tatakuuuuh, teman seprofesi meski aku masih harus menempuh perjalanan yang masih panjaang :***** enggak banyak kata yang bisa kutuliskan di sini tentang kaktata, karena aku nyadar kalo aku emang kurang berbaur sama yang lain, termasuk sama kakak… aku enggak tau keseruan apa yang bakal terjadi semisal aku bisa berbaur dengan baik. Yah, maapin Isan ya kak. Tapi aku tau kalo kakak emang sama-sama enggak waras kalo udah ngomongin seputar bias /emang siapa sih yang waras di EXOFFI? Tolong bikin pengecualian buat Isan/ /dibacok massal/ /ditendang kaktata/ /digiling kakdel/ hohohoho…..

Semangat kak! Semoga kakak semakin menjadi perawat yang professional! Tunggu aku, Kak. Aku bakalan nyusul kakak :””) Kusayang kakak pokoknya :****❤

** Buat Kak Farah a.k.a Honeybutter26 nah ini nih, aku udah kehabisan kata-kata kalo udah ngebahas kakfar. Rasanya aku mending ngejungkel ajadeh /ga/ xD

Hai kakfar, seneng rasanya bisa ketemu kakak di sini, di lapak sebelah juga /sssst/ awal pertemuan(?) kita dari facebook, berujung mengunjungi blog pribadi dan berakhir di sini, eh terakhir di grup LINE deng. Di mana kakak dengan segala kesomplakannya menyebar dan menempel lekat-lekat, sehingga banyak yang tertular /buang isan ke laut/. Hahahah aku senang bukan main, ketemu author kece macem kakak sama author-author kece lainnya ^^

Btw, gara-gara kakak, aku jadi ketularan enggak waras /tanggung jawab kakfar!/ /ga/ /digiling/ eheheh …. xD

Intinya, nice to know you, Kakfar!❤

** Buat Kakirish a.k.a IRISH … kalo udah menyangkut nama kakak di sini, aku sukar berkata-kata :”” bawaannya tuh syok, diem, bungkem… tapi ada banyak hal menyenangkan yang bisa aku dapatkan dari kakrish. Kakrish tuh paling juaranya ngelawak! Pinter banget bikin orang-orang ketawa gaje! Seneng banget bikin aku mesem-mesem kalo liat notif kakak di kolom komentarku :”D oh, ya, kakak juga paling jago kalo berurusan sama ff bergenre sci-fi, riddle, fantasy. Kenapa yang fantasy ditebelin? Karena kakak emang udah lihat banget sama dunia fantasy x) apa jangan-jangan itu pengalaman pribadi kakak? /nahloh, apaan san?/ /ditempeleng kakrish/ /dikira kakrish makhluk gaib xD

Udah deh, enggak ada cela tentang kakrish mah, semuanya terasa menyenangkan! Aku kagum dan seneng bisa mengenal kakirish ^^

Semoga FF-nya bisa diterbitin jadi novel dan berakhir dibuat film. Amiiin x) love ya! :*❤

** Buat Arrum a.k.a ARRYLEA … HAHAHAHAH HAI DEUI DEDEK ARRUM! LAMI HENTEU TEPANG! HENTEU NGOBROL-NGOBROL DEUI, SAKALINA TEPANG TEH DINA FB WE NYA? /sundanya keluar/ arruuuum … kamu teh diemnya di bandung sebelah mana? Hayu atuh kita ketemu, kita gegeloan, sugan we anu lain ngarasa terusik terus miluan gegeloan /sundanya keluar season 2/ ekekekekk …

Ah, kalo ngebahas dedek Arrum mah suka bingung. Tapi aku seneng kalo udah ngobrol bareng kamu dek :”3 semoga kita ketemu di kemudian hari, ya. Kapan we lah, yang penting ketemu :”D❤

** Buat kaktata a.k.a truwita … hai kaktata KW― eh tunggu, yang sebenarnya kawe di sini tuh kak Agatha atau kak Truwita?/ /okesip balang Isan/

Makasih kaktata, udah mau saling kenal sama Isan yang pemalunya bukan main x( tapi berkat adanya kakak dan yang lainnya, aku mulai berani keluar dan menunjukkan diri, bahwa aku memang ada(?) /sok dramatis/ tapi aku seneng kak, suer :””) sekali lagi makasih ya kak! Aku bingung mau ngomong apa lagi setelah ini. tapi kuharap, kita enggak kehilangan komunikasi :””) kusayang kaktata jugaa pokoknya :***❤

** Buat KakTitis a.k.a Twelveblossom yang paling bisa banget ngebikin anak2 eksoh menawan hati, yang paling jago banget deksripsiin gimana tampan dan indahnya mereka, yang paling jago banget dalam fanfiksi dunia vampire. I’m your admirer, Kak! Suer! Semua ff kakak yang melintas di teel wepeku beneran pengen dibaca semuanya, tapi aku belum sempet karena emang sekarang enggak ada waktu banyak buat baca ff kaya dulu, pas jaman aku masih SMA atau kuliah di tingkat awal T.T miyane kak, maaf kalo selama ini aku cuma kasih like-nya aja, tapi kapan2 kalo aku ada waktu luang, aku pasti baca dan meninggalkan komentar buat ffnya :””)

Meskipun kita enggak saling mengenal begitu dekat satu sama lain, tapi aku berharap mulai sekarang, kita mulai saling kenal, saling dekat, saling memahami(?)… kusayang kakTitis, always! :””)❤

** Buat Len a.k.a Len … vlis, Len, aku enggak tau siapa nama kamu sebenarnya :””3

Hai, Len! Meski kita baru kenal beberapa bulan yang lalu, tapi aku tau kalau kamu sama sengkleknya dengan yang lain. Apalagi kalo aku (sekilas) baca info-info atau review yang kamu ulas di blog kamu bikin aku mesem2 nahan tawa. KOK SEGITUNYA GITU YHA NISTAIN OPPA-OPPA? KOK BISA BANGET YHA BIKIN REVIEW SESENGKLEK ITU? VLIS LEN JANGAN TULARI PIKIRANKU DENGAN KADAR KESENGKLEKANKU YANG KIAN BERTAMBAH /dibalang/

Senang bisa kenal sama kamu, Len! ^^❤

** Buat Kak echa a.k.a echaminswag~

Kak echaaaa… masih inget gak kak sama aku? Aku juga Suga biased kak… aku masih inget pas kakak bilang kalo gravatar wpku tuh biasnya kakak (re: Suga) wahahah… aku ngerasa cemburu dongse karena bias kita samaan xD tapi tenang aja kak, aku relain abang Agus buat kakak… aku sudah memiliki mas Hanbin sebagai gantinya x) /eheheh.

Kak echaaaa, aku kangen pake banget sama kakak… aku beneran kaget pas kakak resign dari blog kita tercinta, padahal aku sangat menantikan karya fiksi kakak yang The Succubus and The Vampire. Aku suka banget sama ff itu, di mana kakak bisa mendeskripsikan sosok Kai yang begitu tampan sekaligus menyebalkan karena tega ngehianatin Hyemin T.T kaaaak, kapan pun, kalo kakak ada waktu luang buat lanjutin ff itu, bakal aku tungguin kak! Aku bakal tetep nunggu karya kece kakak yang satu itu :””) semangat menjalankan aktivitas real life-nya ya kak! Doa kami selalu menyertaimu! /hug/

** Buat kak Narin a.k.a narinputri

Hai, Kak… long time no see, ya? Udah lama kita enggak saling sapa kaya dulu. Masih inget saat kakak nyapa aku lewat komentar fiksi yang aku posting di sini. Awalnya aku enggak percaya kalo senpai macem kakak ngomen ff aku. Atoh pisan kalau kata orang Sunda mah :””) andai kakak masih jadi bagian dari EXOFFI, pasti seneng banget kak. Masih bisa saling lempar guyonan atau seenggaknya kita ngomongin bias-bias. Dan aku tau dengan pasti kalau bias kakak itu bangJosh :””3

Seneng banget deh pokoknya bisa kenal sama kakak ^^❤

Teruntuk Kak Anne, Dea, Kak Acu, FeLyWoo, Wuse, mbak Zulaipatnam, Shareena, serta jajaran staff lainnya yang enggak bisa kusebutin semuanya, maaf kalau selama aku menjadi author di sini, aku kurang berbaur dengan kalian. Yah, istilahnya kurang berinteraksi satu sama lain. Gimana, ya, aku hanya … merasa susah untuk berkomunikasi dengan kalian, bukan berarti aku enggak mau. Cuma aku selalu kesulitan buat memulainya /tears/. Tapi semoga ke depannya, aku bisa lebih baik lagi. Bisa ikut ngerusuh di grup LINE, enggak kaya sekarang yang masih malu-malu meong buat ikut ngegabung :””3 , bisa ikut menggila bareng kalian juga :””)

Pokoknya, tetaplah berkarya untuk para penulis di sini. Terus semangat dan jangan putus asa! Karena aku yakin, kalian yang ada di sini adalah penulis-penulis berbakat! Aku kagum sama kalian, sumpah! Aku aja ngetiknya sambil ada air mata-air mata gitu saking kagumnya x’)

Aku harap di suatu saat nanti, aku juga bisa seperti kalian. Bisa menginspirasi para penulis lain lewat karya kalian yang begitu istimewa, dan supaya aku bisa memberikan karya terbaik nantinya /tears/

Last but not least, kuucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya buat para pembaca setia serta freelancer yang telah mau meluangkan waktunya untuk bertandang ke blog ini dan memberikan secercah ide juga tulisan-tulisan kalian yang begitu amazing! Karena pada kenyataannya, cukup banyak juga lewat tulisan kalian yang memberi kami para staff sebuah inspirasi yang akan kami tuangkan ke dalam karya fiksi. Meskipun ada puluhan bahkan ratusan penulis mengagumkan di sini, tapi tanpa kalian, blog ini bukanlah apa-apa :”)

Enggak ada kata-kata lagi yang bisa kuucapkan selain terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya :”) kutetap mendoakan dan berusaha semaksimal mungkin untuk terus memajukan blog ini hingga titik penghabisan (di mana aku udah enggak bisa lagi menulis karya fiksi seperti sekarang) :”)

(Sayangnya, sebentar lagi aku bakalan hiatus untuk jangka waktu yang cukup panjang. Tuntutan kehidupan di dunia nyata emang gak bisa diabaikan begitu aja. Terlebih tahun ini adalah tahun terakhir kuliahku.)

 

 

Salam hangat,

ShanShoo♥

43 thoughts on “Dear EXOFFI, ShanShoo

  1. ISANKUHHHHHHH (entah kenapa kalok aku manggil kamu gitu pinginnya treak treak gini.nid) KETJUB BAZAH DOLO SINI HAYUK MUMUMU PEYUK CIUM KANAN KIRI/nid udah nid/
    sebagai sesama spesies 97, kita emang kudu kompak san/ini ngomongin apa sumpah ya nida gaje berat, gapapa yang penting sehat/

    btw bagian ini: ‘enggak tau kenapa bawaannya kalo liat satu spesies 97 ini selalu bikin aku ngakak ‘ aku baru sadar ternyata image-ku di matamu seperti ini san, padahal ya kalok kamu tau, aku itu aslinya pendiam kalem baik hati sukanya makan nasi/nid/ btw diajarin siapa kamu ikut squad manggil aku jadi nidul :’) waeyoh nama asliku padahal Irene Bae :’) kalian jahad :’) setidaknya kalo gak Irene panggil wendy son kek /kibas kuku/

    isan ih kiyowo sangad masa aku baca lovlet ini wkwk isan unyuuuu/lalu gegulingan/nid/ tapi btw iya aku setuju berat sama kamu san, apalagi bagian cerita kita yang terpampang di dunia maya terus ada respon balik, omaygat itu rasanya awal awal tuh OMMAYA banget, berasa dapet ID Line kakak tingkat tjakep/tabok/

    dan, AMIN YAWLAAAA LANGGENGKAN AKU DAN SEHUN AMIN/sujud syukur/ jan ambil sehun san, entar aku gandeng hanbin loh😉

    LAFYU FUL ISANKUH MUMUMU
    .dari squad telat bacain love letter.

    • niiiid aku sungguh bingung kudu balesin komentar kamu ini kek begimana :””) hoho boleh deh cipika-cipiki asal Hanbin mengizinkan /apaan san/
      mungkin kita harus kompak karena spesies 97 mulai berkurang(?) /gagitusan/ tapi suka syedih nid kalo teringat para penulis fiksi zaman sekarang kebanyakan anak 00 ke atas :””) apalah dirikuh yang kini dipanggil kakak sama mereka /berasa kolot :””)
      OH YA OH YA OH YA??? MASA??? AKU ENGGAK PERCAYA DIRIMU ANAK PENDIAM NID SETELAH MANTENGIN GC TERCINTAH :””V ketauan banget boongnya x) sepertinya hanya diriku saja yang mendapat label cewek pendiam yang ternyata diam2 juga merhatiin Sehun /hahahahahah
      ih apaan Son Wendy, dia kakakku niid, jangan bawa2 dia vlish xD ogah ah, aku juga enggak mau kamu dipanggil Bae Irene, cukup Nidul aja udah cukup /ketawa epil/
      HAHAHA IYA UNYUU KAYA YANG BIKINNYA YHA NID? HAHAHAH MAKASIH A LOT NIIID, AKU PADAMULAAH… KUCINTA KAMU SEPERTI AKU MENCINTAI MZ HANBIN SEPENUHNYA :*******
      oyanid, sepertinya sudah cukup kita saling merebut pasangan masing2 :”) iya iya yaampun niiid semoga kamu langgeng sama Sehun yhaaaa… doaku dari sini :*** doakan aku juga supaya hubungan rumah tanggaku dengan mz hanbin bisa sampai kakek nenek /apaan san (season 2)/
      mhihihi gapapaa nid, sebenarnya aku enggak berharap kamu baca surat cintaku ini yang isinya malu2in, tapi makasih nid kamu udah baca huhuhuh /xoxo/ ({})

  2. Teruntuk Isan, mengapa kamu merasa susah bergaul sama aku? Apakah kita minyak dan air? /gak

    Aku nggak gigit kok.. Beneran. Cuma kadangkadang aja nyakar dikit. Wkkwkwkwk..
    Jangan malumalu sama aku, aku ini kakak yang lemah lembut dan baik hati *lirik kanan kiri*
    Kalo pengen ngobrol langsung japri aja gakpapa, karena sejak di kantor sibuk di grup aku kadang nongolnya gak jelas, kaya tuyul gitu deh :v /apaan sih

    Tapi beneran San, aku nggak gigit kok. Aku nggak gigit. wkwkwkwkw

  3. Kakakku., inget aku kah?#Plaakk^^v
    Aku bcanya senyum” loh kak,
    Apa lagi yg pake bahasa sunda..wkwkwk

    Kakak mau hiatus??#pelukpeluk/apaannihanak
    Kakak tetep semangat yah kuliahnya^^
    Fighting!!

    • Halo sayangkuu… Iya gapapa say, justru aku seneng, serasa dianggap kakak sama kamu /eaaaa xD
      Wkwk tolong jangan coba2 nerjemahin yang bahasa sundanya ke bahasa jerman yha, nanti kamu mabok xD
      Oke makasih sayaang *xoxo* ❤❤❤❤💋

  4. Pertama, hai juga san😄 wkwkwkwkwk
    Kedua, aku tau kamu engga susah menulis pembicaraan san, kebukti dengan gimana kamu bikin Bobby begitu hentai karena ngintipin dalemannya Reyna, di sana aku tau Isan juga sudah dewasa karena bisa bikin epep hentai versi anak kecil😄 wkwkwkwkwkkwwkwkwkwkkwkwk

    Btw, kenapa bagian aku jadi sukar berkata-kata? Apa aku membuat jantung kamu berdegup engga karuan san? Kamu butuh dokter, panggil BOBBY! PANGGIL! Jangan sampe Baek nangkep dia lagi dua2an sama Reyna /dikemplang/😄 wkwkwkwk
    Ya aku emang jiwa lawak yang kalo ekstrim bisa berubah jadi thriller san, wajarkan saja semua keabnormalanku😄 kwkwkwkkw dan tenang aja karena keabnormalan aku itu engga menular😄 wkwkwkwkwkwkwkwkkwk

    KAPAN BYUN SIBLING MENGINJAK JENJANG PERNIKAHAN?😄 WKWKWKWKWKWKWKWK
    Entahlah san, kalo fantasy keknya udah sama kayak eksistensi aku di dunia ini, astral dan begitu fana😄 wkwkwkwkw kalo pengalaman pribadi sih belum, mungkin nanti kapan2 nemu mas Baekhyun dari webtoon yang keluar, biar temenan dia sama mas Jongsuk😄 wkwkwkwkwkwkwkwk

    Amin, amin, semoga bisa jadi filem layar tancep, yang nonton Reyna dkk, terus mereka mabok abis nonton filemnya😄 wkwkwkwkwk

    Sukses terus san ~ lopyu muah muach /pake gaya alay/😄

    • UDAH TANGGUNG KAK BIKIN DRABBLE AJA DI SINI X) ENTAR AKU POSTING X) /gagitusan/
      A-a-a-a-pa? Hentai? Hentai itu paan kak? /cengo/ /Bobby nyengir kelinci di belakang/
      Apaan banget lah kak masih inget sama insiden memalukan nan lawak itu xD Bobby enggak sengaja liat celana dalem juga tetep ajaa diliatin ampe melotot xD reyna nya lagi, keenakan diliatin(?) hanjaaay 😂😂😂😂😂
      Aniyoooo… Aku tak butuh Bobby kaaak, dia sudah sama dedek Reynaaa :”” aku butuh mas Hanbin aja kaak, tolong panggilin 😂😂😂😂😂 entar aku kirim mas Baekhyun kerumah kakak *eheheheh
      YALORD INI KENAPA KAKIRISH BAWA2 PERNIKAHAN? JANGAN SAMPE REYNA TAU KAK, NANTI DIA MALAH NGAJAKIN CHANYEOL KAWIN LARI, ENTAR BAEKHYUN MAKIN PUSING, ENTAR DIOMELIN IBUNYA LAGI, ENTAR—kkeut!
      MEREKA MASIH TERLALU KIYUT UNTUK MENIKAH KAK T.T
      hohoho bisa wae kakirish mah xD nunggu baek dari webtoon? Kalo enggak keluar, gimana? /slapped/
      Waaaa aku gak bakalan ngajak reyna deelel buat nonton filmnya kakirish, nanti mereka ikutan mabok mastin terus nistain kakaknya lagi xD

      Huhuhu ailapyutu kakiriiiiish :**************

  5. Wkwkwkw. Teteh mah:v
    Iya ketemunya via FB aja ya wks. Arum bandung nya di Cicaheum ih, tau gak? Tau lah. Terminal wkwkwk.
    HAYUK PATEPANGGGGGGG!!!!!!

    LAFYU TEH ISAN😘😘😘😘

  6. Maacih dek isan yg udah mention mbak tata ini, perawat kecilku♡ semoga sukses kuliah dan nugas kenegeraannya. Jan ngeluh. Tugasnya itu mulia san :3 aku tunggu kau benar2 jadi teman sejawat 1 taun lagi /eh isan masih sem 4 yakan?/ :3

  7. Halo Isan, aku terharu ples seneng pas kamu mention twelveblossom di loveletter kamu. Semoga nanti ke depannya kita bisa saling mengenal lagi lebih akrab sampai lengket hahaha. Oh ya, makasih sudah baca ceritaku ❤❤❤❤❤

  8. Kak isan adalah salah satu author yang pengen kupedekatein dari dulu setelah kak zulaipatnam… Pedekate yuk kak hehehe /kagak sembuh2 ni anak/ #kaumpelangi

  9. Nama asli ane ya ‘Len’ itu Kak T_______T Jadi-jadi-jadi selama ini kamu gak tau kalo itu nama asli aku? TEGGAAAAAAAA /niruin Rossa/ kemudian dibalang akua/
    Sini, sini ane kasih peyuk virtual ()😄

Pip~ Pip~ Pip~

