IRRESISTIBLE LOVE [AFTERWORD] — IRISH

irresistible-love-special-2

Irresistible Love

Copyright © 2015 – 2016 IRISH, all rights reserved

2015. 08. 24 ~ 2016. 02. 14

Story`s Progress

Chapter 1Chapter 2 – Chapter 3Chapter 4Chapter 5Chapter 6Chapter 7Chapter 8Chapter 9Chapter 10SIDE STORY IChapter 11SIDE STORY II [Learn To Love]Chapter 12SPECIAL STORY

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata INCUBUS dan SUCCUBUS?

Makhluk immortal yang hidup dengan menghisap DARAH manusia?

Yang membuat manusia menjadi sama dengan MEREKA?

Apa kalian berpikir INCUBUS dan SUCCUBUS sama dengan VAMPIRE atau DRAKULA?

Siapa yang berkata jika paradigma seperti ini yang mendasari munculnya ide Irresistible Love?

Yang terpenting…

Kapan pertama kali kalian mendengar kata ‘Incubus’ dan ‘Succubus’?

Di Televisi? Internet? Film? Fanfiksi ini?

Kisah Irresistible Love ini sebenarnya sudah selesai aku kerjakan sejak bulan Mei 2015. Bisa dibilang, di waktu yang hampir bersamaan dengan kala pertama aku memberanikan diri untuk menjadi seorang author di dunia perfanfiksian.

Gak bisa dipercaya? Kalian bisa tanya sendiri sama sumber paling akurat, seorang yang mungkin muncul di beberapa kolom komentar fanfiksiku dengan nama samaran ‘voldy.

Dia adalah beta-readerku, yang sudah terlebih dulu membaca cerita Irresistible Love ini. Dan juga, sejak mempublish chapter ke-tiga, aku memutuskan buat merombak ending dari cerita ini. Mungkin voldy tau juga, kalau end dari Irresistible Love yang dia baca dan yang kalian baca, beda.

Saat itu juga muncul pertanyaan di benak aku, ketika aku membandingkan dua end yang jauh berbeda ini, apa aku udah membuat cerita ini dengan baik? Apa aku udah membuat sebuah akhir yang memuaskan buat readersku?

Mungkin afterword ini gak begitu penting, tapi aku akan sangat sangat berterima kasih kalau kalian menyempatkan diri untuk membacanya saat ada waktu luang.

Afterword ini juga mungkin bisa meluruskan beberapa pemikiran atau pendapat-pendapat ambigu yang kalian berikan pada cerita ini, dan juga ke authornya.

*aku sudah membedakan isi dari afterword ini berdasarkan warna tinta yang aku gunakan untuk mewarnai tulisannya, jadi kalian bisa memilah-milah sendiri bagian mana yang perlu dan tidak perlu kalian baca.

1 – Prologue

2 – Incubus-Succubus: Legend of their appearance

3 – IRISH`s Incubus and Succubus version

4 – Chanyeol ‘sees’ theory

5 – Storyline

6 – Cast ‘REAL’ introduction

7 – Q & A

8 – Epilogue

PROLOGUE

Sebagai seorang penulis yang baru memberanikan diri mengungkap jati diri dan menyebar-luaskan karya di dunia blogging selama setahun, aku bener-bener (luar biasa) gak menyangka kalau cerita Irresistible Love akan mendapat respon yang sangat baik.

Jujur, saat pertama kali aku ngeliat Irresistible Love ada di ‘Most Viewed’ di widget, saat aku ngeliat gimana statistiknya, aku terharu, aku (hampir) nangis (kalau gak percaya tanya si voldy, dia korban spam-ku saat itu) dan aku sungguh berterima kasih.

Itu juga yang jadi alasanku mengubah storyline (khususnya end) dari cerita ini. Karena aku sungguh sadar cerita ini masih banyak kekurangan, dan (pastinya) ketidak jelasan.

Dan aku sangat berterima kasih buat kalian semua yang sudah menyempatkan diri terus dan terus bertanya di kolom komentar tentang apa yang sebenarnya terjadi di cerita ini. Aku sangat menghargainya meskipun aku seringkali menjawab ‘akan ada jawabannya di next chapter’ dan aku tau jawaban itu membuat kalian bosen.

Incubus and Succubus: Legend of their appearance

Incubus ini berasal dari kata In (latin) yang artinya on top (di atas) dan Cubo (latin) yang artinya I Lie (saya berbaring) dan bisa diartikan juga ‘I lie on top’ dan di beberapa sumber mengatakan kalau Incubus adalah sosok demon jantan yang suka memperkosa wanita saat mereka masih tidur dan pada akhirnya wanita tersebut akan melahirkan seorang anak iblis, penyihir, atau anaknya akan lahir cacat. Succubus adalah versi wanita dari Incubus. Kepercayaan manusia terhadap makhluk ini sudah ada sejak Abad Pertengahan dan cerita tentang makhluk ini masih dipercaya di beberapa kebudayaan.

Incubus menurut beberapa sumber dapat juga mempunyai keturunan. Anak hasil dari hubungan seksual dengan Incubus dikenal dengan nama Cambion yaitu seorang anak yang lahirnya dalam keadaan mati (secara medis) tetapi bayi tersebut masih hidup dalam arti masih bisa bergerak dan menangis seperti layaknya bayi manusia biasa. Kondisi demikian pada anak akan berlangsung sampai dia berumur tujuh tahun dimana setelah itu anak ini akan terlihat seperti anak biasa.

Mereka dipercaya melakukan hubungan seksual secara nyata, dengan wanita maupun gadis, tak peduli mereka wanita baik-baik maupun wanita murahan. Seorang Incubus juga selalu akan tampak menarik perhatian karena mereka memiliki paras sangat rupawan. Mereka punya kemampuan untuk berubah wujud yang bisa membuat mereka bisa berubah wujud menjadi seorang yang ‘menggairahkan’.

Mereka juga tidak pernah hidup dengan sesamanya, dalam artian, mereka membenci Incubus lain dan tidak juga menjalin hubungan dengan Succubus.

*berasal dari beberapa sumber yang kuringkas jadi penjelasan seperti ini

IRISH`s Incubus and Succubus version

Di dalam versiku sendiri, aku sedikit banyak mengambil konsep legenda di atas sebagai acuan. Beberapa mungkin berpikir aku punya ide yang sama tentang Incubus, pemaksaan kehamilan, ‘tanda’ dan lain sebagainya but nope, aku bukan seorang yang mudah terinspirasi karya orang lain. Aku pure menggunakan sumber yang kupunya dan kukembangkan dengan imajinasiku.

So, in my verse. Kalian sudah menemukan bagaimana si Incubus ini memaksa wanita buat hamil anaknya, dan mereka juga sangat rupawan. Bedanya, anak yang dilahirkan bukanlah seorang iblis. Mereka juga gak sembarangan mencari korban. Dan gak juga semata-mata melakukan pemerkosaan untuk kepuasan.

Incubus versi-ku lebih bermartabat dan berpendidikan (LOL SEKALI BAHASANYA)

Chanyeol ‘sees’ theory

Mungkin ada beberapa yang bertanya-tanya, terutama tentang perubahan drastis seorang Park Chanyeol dari tokoh antagonis menjadi protagonis di sini. Terutama, perubahannya ini sangat mendadak di chapter 8 di saat ketika Song Heekyung meregang nyawa.

Lebih terdengar aneh lagi mungkin bagi kalian saat tiba-tiba aja si Park Chanyeol ini begitu aja tertarik sama Inryung, untuk kemudian punya takdir untuk mati dan nyatanya di chapter 12 di jelaskan dia sudah melihat semuanya yang akan terjadi.

Ini yang aku sebut sebagai Chanyeol ‘sees’ theory.

Kenapa? Karena pada dasarnya semua storyline ini sudah kubuat begini adanya. Chanyeol yang jahat dan selalu berkata-kata kasar sejak awal, untuk kemudian berubah jadi pahlawan penyelamat dan pada akhirnya mengorbankan nyawa.

Konsepnya, Chanyeol sudah melihat apa yang akan terjadi. Seperti yang dijelaskan Baekhyun di chapter 12, Chanyeol sudah tau kalau Baekhyun akan bertemu Song Heekyung, dan jatuh cinta sama Heekyung. Dia juga sudah melihat bagaimana dia akan tertarik sama Na Inryung.

Jadi kalian ngerti kan kenapa Chanyeol bisa berubah begitu saja?

Storyline

Pada dasarnya, aku bukan seorang author yang terbiasa menulis rapi storyline dari awal cerita sampai akhir cerita. Aku adalah seorang yang dapet ide ketika berhadapan dengan layar 14 inch yang sudah berumur kurang lebih tujuh tahun dan setia menemaniku meski dia mulai tua dan lelah.

Lalu, kalau aku gak pernah merencanakan storyline, gimana bisa aku ngebuat cerita yang berkesinambungan? Sejujurnya, sekali menghadap si kecil 14 inch yang sudah renta ini, aku bisa mengetik sekitar 10-40 lembar Microsoft Word berisi cerita. Yang kemudian aku potong-potong jadi beberapa chapter. Dan aku mencatat apa yang akan terjadi di akhir lembar terakhir yang kutulis hari itu.

Jadi, saat aku mempublish chapter 1, secara progress aku sudah berlarian di chapter 7, termasuk saat mengerjakan Special Story, sebenarnya Special Story ini sudah selesai sejak akhir tahun 2015. Tinggal aku baca ulang buat dikasih pemanis buatan sedikit-sedikit aja.

Dan Irresistible Love sendiri aku buat sebagai kisah cinta dua dunia (ini semacem kata-katanya familiar tapi aku lupa pernah denger dimana) antara manusia-non manusia. Mungkin gak perlu kujelaskan lagi bla-bla proses pertemuan dan bla-bla lain tentang perasaan dua insan non-manusia ini sebenernya ya. Karena masing-masing orang boleh menarik kesimpulan sendiri-sendiri.

Cast ‘REAL’ introduction

Aku bener-bener berterima kasih buat beberapa ‘real’ appearance yang sudah berbaik hati meminjamkan wajah mereka untuk menjadi visualisasi fanfiksiku. Karena cerita ini sudah end, jadi mungkin gak ada salahnya aku nge-reveal semua profile mereka dan alasan aku memilih mereka sebagai visualisasi kan?

  1. Byun Baekhyun

Lotte_dutyfree_EXO_28

Main vocal EXO ini baru saja berhasil masuk dalam list biasku ketika aku memutuskan dia buat jadi main cast Irresistible Love. Sayangnya, dia ini beagle line (bacanya begal line ya) dan aku gak bisa menerima kelakuan dia itu. Jadilah dia kusulap menjadi sosok dingin nan serius di sini. LOLOL.

  1. Park Chanyeol

tumblr_nrhbajUk8L1ub5ou5o1_500

Tiang EXO ini juga agak-agak cocok buat bersanding sama si Byun, kenapa? Karena mereka sama-sama begal line yang selalu lawak dan gabisa kuterima kelakuannya. Jadi dia kusulap menjadi seorang antagonis di sini.

  1. Song Heekyung

tumblr_m3t9u9ZxFJ1qj30xio1_1280

Song Heekyung punya karakter yang lively dan lovely di cerita ini. Dia super-baik, lembut, ramah, dan bla bla. Intinya, dia karakter wanita yang gak punya satu pun kejahatan. Saat itu aku sempet bimbang memilih visualisasi Heekyung, sampai aku ngerasa seorang Yoon Bomi, vocal A-Pink dengan karakter lively dan cute nya lah yang cocok. No bash ya, semua sudah terjadi, bash kalian gak akan berefek apapun.

  1. Na Inryung

tumblr_nmwwe7RbfG1us2d7co1_500

Bisa di bilang, Inryung ini begal line di persahabatan Hee-Ryung. Karena dia sangat cerewet dan annoying. Karakter Inryung sendiri pasti sering kalian temui di kehidupan nyata (ps: ituloh, kalo kalian punya temen yang kepoan, demen gosip, demen lirik-lirik cowok cakep, itu Inryung banget) dan si cantik Yuna dari AOA pun aku putusin buat jadi visualisasinya. Terutama karena Yuna ini cantik banget dengan rambut pendeknya.

  1. Byun Baekhee (child verse)

5726297_orig

Keimutan seorang Christina Fernandez Lee entah kenapa selalu kuidam-idamkan buat jadi adik. Karena dia begitu imut, dan punya eyesmile yang sejenis sama Baekhyun dan Bomi. Jadi dia adalah visualisasi Baekhee kecil.

  1. Byun Baekhee (adult verse)

IMG_20150502_023700

Banyak pertimbangan ketika aku memilih visualisasi Byun Baekhee di chapter 12 khususnya di Epilogue. Kenapa? Karena Baekhee ini tumbuh jadi persis kayak Heekyung kelakuannya, somplak, ramah, begitu. Tapi karena temenku, si voldy pernah ngeliat foto seorang Um Yejin keliatan mirip sama Baekhyun, dan karena Yejin juga masih dibawah umur, jadi aku pilih dia buat jadi Byun Baekhee versi immortal.

  1. Yoo Gaeul

Park_Se_Young_40140_13

Gaeul bisa disebut pencuri peran di cerita ini. Dia peran yang cukup gak penting tapi penting. Karena karakter dia cukup pemberontak tapi punya kelembutan hati, thanks to Park Seyoung, karena dia udah ngasih aku kesan dingin-tapi-baik di beberapa fotonya yang menginspirasiku untuk menciptakan seorang Yoo Gaeul.

  1. Park Chanyoung (child verse)

asdafsa

Inget tentang dua orang anak yang dipangku Chanyeol di chapter 5? Saat dia ngomong sama Baekhyun? Salah satu dari bocah itu adalah Park Chanyoung, yang sudah kumunculkan di chapter 5 padahal baru berperan penting di chapter 12.

  1. Park Chanyoung (adult verse)

chanyeol_34

Like a father, like a son. Seperti Inryung yang juga percaya reinkarnasi. Bisa kubilang, Chanyoung ada di dunia sebagai pengganti bapaknya. Apa kalian pernah denger tentang seorang bayi yang lahir dan wajahnya mirip/hampir persis sama saudaranya yang sudah meninggal? Well, karena kejadian seperti ini pernah terjadi secara real di kehidupanku, aku memakai konsep yang sama.

Q & A

EHEM EHEM. Sesi ini adalah sesi penyelesaian misteri. Aku tau cerita ini masih banyak menyimpan misteri (dan dendam) jadi biarkan aku menjawab semuanya sendiri tanpa harus bertanya apa kalian ingin tau jawabannya.

Q: Kenapa Baekhyun cuma menitipkan bayinya di Heekyung?

A: Ini pertanyaan paling klasik yang mungkin terlintas di benak kalian. Dan bisakah kujelasin kalau Baekhyun seorang konservatif yang super hati-hati saat memilih seseorang? Seperti kita yang pemilih saat berteman, Baekhyun juga begitu, guys.

Q: Apa Chanyeol bener-bener mati? Gimana bisa? Kan dia immortal.

A: Apa masih ada yang bertanya tentang hal ini? Jawabannya jelas ya. Dia memang mati. Gimana bisa? Aku rasa kisah Irresistible Love gak pernah menjelaskannya dengan jelas. Kenapa? Sebenernya aku gak pernah ngasih kepastian tentang gimana ‘immortal’ nya mereka. Dan seperti semua hal di dunia ini, bahkan hal yang disebut immortal pun bisa mati, begitu konsepnya.

Q: Kenapa proses kematian Chanyeol gak diceritain dengan rinci?

A: Guys, do you have feels? Setega itukah kalian mau memintaku membayangkan dengan imajinasi liarku tentang proses kematian seseorang apalagi itu adalah seorang Park Chanyeol?

Q: Tanda apa yang sebenernya ditinggalin Baekhyun di Heekyung, dan Chanyeol di Inryung?

A: Ada dua ‘tanda’ yang berbeda di sini. Milik Heekyung, dan satunya Inryung. Kujelasin satu-satu, tanda nya Heekyung itu invisible. Hmm, gimana ya menjelaskannya dengan gamblang, gini deh, kayak kamu-kamu yang nuduh temen pernah baca fanfiksi NC apa belum. Ada ‘insting’ dan ‘firasat’ yang bisa ngebuat kalian bedain mana yang beneran belum pernah sama yang bohong kan? Nah, tanda Heekyung kayak gitu. Karena dia sudah umm, ehem-ehem, gitu lah sama Baekhyun, jadi dia otomatis terlihat berbeda. Sedangkan punya Inryung, tanda yang diberikan itu semacam ‘mark’ atau cap, atau apa ya, sejenis bekas luka yang bentuknya berbeda dari luka lain dan bisa dikenalin sama bangsa nya si Chanyeol yang lain.

Q: Apa tanda itu ada efeknya?

A: Yap. Ada. Kalau di Heekyung, efeknya mungkin lebih ke arah hilangnya daya tarik Heekyung ini di mata Incubus lain, jadi dia lebih terhindar dari ‘serangan’ lainnya. Sedangkan tanda punya Inryung berefeknya kalau ada kontak fisik (sekecil apapun) antara Inryung sama Incubus lain. Beda kan ya? Hehe.

Q: Kenapa Baekhee berbeda? Dia beda kayak gimana sih?

A: Perbedaan Baekhee ini mungkin karena si Heekyung sendiri penerimaannya baik tentang kehamilan yang seharusnya dia benci dan dia tolak. Jadi, secara otomatis penerimaan dari dua belah pihak akan beda juga hasilnya sama yang satu pihak doang kan? Untuk bedanya Baekhee, aku lebih condongin si Baekhee ini lebih banyak ngambil sifat manusiawi dibanding Succubus lain, gak begitu spesifik kok.

Q: Apa masuk akal kalau akhirnya Inryung sama Chanyoung? Kan Chanyoung masih kecil di usia manusia.

A: Masuk akal. Nothing`s impossible in this world. Secara manusia kita memang bisa aja berkata Chanyoung masih bocah, masih anak-anak. Tapi di bangsanya, dia sudah dewasa dan selamanya terjebak di tubuh dengan keadaan seperti itu. Dia sudah dewasa, tolong hapuskan pemikiran bahwa Chanyoung masih kecil ya.

Q: Apa ada versi cerita lain atau lanjutan atau sekuel dari cerita Irresistible Love?

A: Nope. Never. Ever. Kenapa? Karena aku sudah membuat ceritanya cukup sampai di sini aja. Aku bukan seorang ahli membuat cerita sampai tujuh season, atau cerita yang setiap end selalu dikasih sekuel, sampe kutub utara jadi kutub selatan pun itu cerita akan muter-muter di situ aja, boring banget kan? Jadi aku lebih prefer mengakhirinya dan memberi cerita lain yang lebih fresh.

Q: Apa Baek-Hee dan Chan-Ryung akhirnya bersama? Kan mereka berbeda, satunya mortal, satunya immortal.

A: Tergantung dari mana kalian melihatnya. Aku yakin kalian bisa membuat akhir yang jauh lebih baik daripada aku. Karena imajinasi semua orang berbeda, aku yakin ada banyak versi dari ‘kebersamaan’ yang sebenernya, iya kan?

Epilogue

Yah, sekiranya beginilah afterword yang aku buat. Entah kenapa aku merasa perlu ngebuat afterword ini meskipun gak ada yang baca pada akhirnya. Aku cuma mau meluruskan beberapa ‘pemikiran’ yang luntang-lantung karena cerita ini.

Ucapan terima kasih ingin sekali kuutarakan untuk setiap orang yang pernah berkomentar di fanfiksi ini, dan beberapa orang yang sudah membantuku baik dalam bentuk masukan, hinaan, cemoohan, atau bahkan pujian. Tapi menyebutkan mereka satu persatu dan melewatkan seorang aja akan jadi dosa besar buatku.

Jadi aku ucapinnya secara gamblang aja ya.

Thanks to Tuhan Yang Maha Esa karena masih memberiku umur dan kesempatan hingga aku masih hidup dengan sehat tanpa cacat sedikit pun sampai cerita ini selesai.

EXO Fanfiction Indonesia karena udah jadi halaman yang sangat sempurna sebagai tumpuan cerita ini.

Untuk semua readers yang sudah meluangkan waktu dan kuota juga tenaga untuk membaca fanfiksi ini dari chapter awal sampe akhir.

Untuk semua siders yang turut menstabilkan statistik fanfiksi ini, aku berterima kasih karena ke-invisible-an kalian pun berpengaruh sama fanfiksi ini.

Voldy selaku beta-reader dan juru-bicara yang seringkali memberi masukan juga saran yang sangat amat membantuku.

My family, karena mereka sudah begitu sabar menerimaku yang seringkali berkencan dengan laptop.

And finally, Violet, my lovely laptop sekaligus sahabatku tercinta saat aku di rumah, terima kasih karena sudah bertahan menerima siksaan dari sepuluh jariku yang seringkali menyiksamu untuk mengetik dengan kecepatan penuh dan sering memaksamu kerja non-stop selama sehari penuh.

See you on my next afterword, guys!

73 tanggapan untuk “IRRESISTIBLE LOVE [AFTERWORD] — IRISH”

  1. Aku gatau kak irish bakalan baca komenku yang ini apa enggak. Mian kak irish. Aku gak komentar dari chap pertama. Aku tertarik. Sungguh. Aku suka. Banget. Aku hanya tidak suka berkomentar jika tak berbalas. Maaf ini egois memang. Tapi aku suka setiap kata demi katanya. Chapter di chapternya. Aku bahkan sampe nangis di beberapa chapter. Kalo ada yang bilang kaya baca novel best seller. Aku setuju banget. Aku bahkan mikir, nih orang dapet ide darimana. Begitu cerdasnya dia kah? Aku bahkan berpikir karena terinspirasi, aku bisa gak ya nulis kaya nih orang. Keren.
    Maaf kalo gak sopan. Tapi ini rasa lagumku.
    Ohya kak. Aku juga selalu baca cuap²nya. Aku setuju banyak hal sama kak irish. Thanks kak buat ff keren nya.

  2. Prtm x dngr kata incubus & succubus kyny di film di tv deh, tp ntah kpn.. cm pas awal bc ff irish yg ini, googling lg ttg incubus & succubus. Saya setuju incubus versi irish ini lbh bermatabat & berpendidikan 😀 wkkk~ bc karya2 irish dah ky bc nvl2 bestseller, cerita’ny bgs2 bgt, anti mainstream, bikin penasaran, bikin nagih! salut sm daya imaginasi irish yg terlampau tinggi, gaya penulisan yg rapi, detail & keren. bikin readers speechless ga tau hrs komen atau muji ky gmn lg. semua penjelasan di afterword ini lngkp bgt, makasih rish 🙂 u/ semua krj keras kamu berbagi bnyk imaginasi keren dg kami semua.

    1. XD buakakakakaka kak dirimu pasti tersesat di jalan yang salah karena udah menemukan cerita ini XD wkwkwkwk kok aku senang sekali sama bagian ‘bermartabat & berpendidikan’ itu kesannya cem mereka disekolahin dengan baik sebelum ngebunuh orang-orang XD wkwkwkwkwkw
      afterword seringkali emang aku bikin buat ngejelasin semua yang jadi pertanyaan dan engga bisa dimengerti kak XD

  3. Aku sebenernya lebih suka jd seorang “silent reader” tapi entah kenapa kalau ff-nya kamu rasanya gatel banget pengen cuap2 yg banyak. Mungkin karena aku jg suka sesuatu yg bergenre fantasi kali ya.

    Aku acungi banyak jempol buat karya kamu.

    Btw aku juga punya ide fantasi diotak, tapi aku bukan tipe orang yg pandai ngrangkai kata. Yah jadi mungin ide gilaku ini bisa km kembangin di ff projectmu kedepan. Simple sih, ambil cerita legenda indonesia tapi dikemas dengan koreanya. Soalnya kalau menurtku fantasi jenis makhluk immortal vampir dkk sudah banyak.

    Atau mungkin emang km sudah ada ide kayak gt, bakalan aku appresiasi bgt.
    aku Tunggu next projectnya ya rish.
    Salam kenal, astri.

    1. HUAHAHAHAHA XD syukur alhamdulillah kalo ff ku bisa menciptakan efek begitu kak XD semoga yang lain ada yang mikir begitu juga XD wkwkwkwwkwk
      AAAHHH ~~ KAK AKU JADI PENASARN KAN ITU IDENYA MACEM APA~ TANGGUNG JAWB LOH KAK~~~ HUHU
      iya sih, makhluk sejenis itu udah banyak, makanya aku mencoba menjelajahi dunia makhluk2 astral lainnya sekarang XD salken ya kak astri~~

    2. Pernah gak sih ngebayangin kalau seoul (korea) itu bukan bumi? Tapi dunia fantasy macam barbie thinkerbell dkk? Tp itu korea, bukan dunia dua dimensi. Atau mungkin korea pada tahun 3030 kali ya. Haha
      Dengan semua keajaiban yg ada itu, bikin konflik semacam legenda tangkuban perahu atau roro jonggrang atau danau toba. Yah, gak mesti legenda indo sih. Bisa aja legenda ala “IRISH” yg jelas bener2 nyulap korea jd dunia fantasy ala2 doraemon mungkin.
      Hahaha
      Ntahlah, mungkin karena aku lebih compare bgt sama kartun daripada sinetron indo kali ya. Jd otakku mesle kayak gitu. Bingung ya? Aku sendiri juga bingung jelasinnya. Jujur aja, itu ide numoang lewat dimimpi siang bolongku. Gak jelas dh alurnya.

  4. kak irish sebenernya masih ada pertanyaan yang mengganjal di pikiran. sebenernya fungsi (?) succubus selaku versi perempuan incubus itu apa? kok malah bukan succubus yang hamil anak incubus

    1. XD busyet, msih ada pertanyaan ternyata ya? wkwkwkwk jadi gini, kalo incubus sama succubus itu sebenernya ga bisa bersama. dari legenda yang aku baca sih begitu XD

  5. Terus kalo udah kaya gini w ksh komen n rish,jujur bkn org yg suka ksh pujian setinggi langit krn bingung ngasih pujian setinggi langit it gimana hahhaha 😃😃😃
    yg pasti krn aku puas sama ceritanya secara garis besar sukanya pake bgt sm cerita ini yaa meski pesan utk merealisasikan story of chan nya gpp yg penting ini cerita super duper keren banget riiiisssshhh daebak pokoknya 👍👍👍👍 gara” cerita ini kita akrab knl *yaa meski gk knl personal bgt* wkakkaka 😁😁😁

    1. XD buakakakakakak afterword itu berguna kak, biar tidak ada kesalahpahaman diantara kita XD wkwkwkwkwkwk thanks ya kaakk{} aku juga ngerasa kek kenal sama kakak padahal ketemu aja ngga pernah XD

    2. hahhaah sekalian biar gk ada sianida diantara kita gt knp wkakakak,nah makanya uda kaya tmn an lama bgt gt yaahh hahahah 😀

  6. huaaa kak irish, mksh bnyk buat ff keren yg satu ini……
    kalo bisa di bilang, ini ff favorit nadya kak…..

    semangat terus yaa kak untuk buat ff keren² yg lainnya….

    dan titip salam buat violet ya kak 😀 (Violet yg sabar ya :D)

    semangatttt terus kak irishhhhhhh

  7. Pokoknya jjang~ deh buat kak Irish , ampe after wordsnya pun di bikin 😀 pokoknya salut deh(y) makasih juga yah kak udah buat ff se bagus & sekeren ini , sebagai penikmat(?) ff fantasy yang butuh asupan imajinasi liar(?) sehari-hari 😀 ini berguna banget buat temanin hari-hari aku
    :mulai lebay:-_-”
    OKE POKOKNYA DI TUNGGU NEW FFNYA YA^^
    yang pasti yang lebih keren,fantastic~elastic~ /hahaha/

  8. So sweet sampe di buat afterword segala. sebenernya pas awal liat afterword tuh apa sih isi nya? kirain tentang kelanjutan ff nya eh ternyata tentang penjelasan2 yg sempet bikin org bertanya2 tentang irresistble love ini.
    Jujur aku denger kata incubus dan succubus itu baru di fd ini aja hahha makasih udah ngasih banyak istilah baru haha
    oya aku ga sadar kalo chanyeong ternyata udah ada di chap 5 tp kan emang ga terlalu di jelasin di sana nya juga. Overall karna semuanya udah di jelasin jd aku ga akan komen banyak2, sebagian yg di jelasin emang aku udah ngeri dan sebagian nya lagi aku makasih bgt karna udah mau cape2 bikin tulisan ini.
    oya buat penggambaran karakter aku punya imajinasi sendiri gpp ya hehhee tp karakter yg kamu pilih juga udah lumayan bagus walaupun aku ga terlalu kenal mereka.
    Sekali lagi aku juga makasih bgt karna kamu udaj bikin tulisan sebagus ini dan selalu bikin penasaran.. (maaf ya kepanjangan hahhaa)

    1. biar kerasa greget nya kalo ada afterword nya XD kali2 aja ada yang mau baca masa XD buakakakakakakakakka iyaaahh aku kan baik jadi semua yang membingungkan aku jelasin sedetil2nya di afterword, untuk ke depan mungkin beberapa ff chapter aku bakal kukasih afterword juga XD wkwkwkwkwkw di chapter 5 dia cuma jadi cameo XD
      thanks banget yaaa, XD gapapa masing2 orang kan punya imajinasi sendiri2 aku hargain kok XD wkwk thankyouuu~~

  9. Oh…. Ok aki ngerti.. Hehe…. Tpi chanyeong kgk ada beda bedanya acan ama si tiang… Gpp lah… Ffnya buagus buanget…. Keren lah pokoknya… Makasih kak^^

  10. hahahha ternyata bgini critanya , sbenernya aku ga ngerti sih sama jalan crita tpi aku baca aja tpi semua kebingunganku teratasi dgan Q & A yg kamu buat kak .
    aku ga lupa klo spesial story nya di post tgal 14 tpi yg prtama aku liat adalah afterwordnya jdi aku nanti aja komen nya soalnya lagi trkena kutukan 5 huruf itu ..
    okelah .. aku tunggu karya selanjutnya kak .. Fighting !!

    1. XD BUAKAKAKAKAKKAK itu Q and A membantu banget kan ya kan ya? XD wkwkwkwkwk kutukan 5 huruf apa ya…………../kemudian amnesia/ XD wkwk thankyou yaaa

  11. KAK IRIISH HADOOOH~
    ini penjelasan yg semakin membuat yoon berpikir bahwa kak irish itu TELITI BANGET ya sampe di rinci kek gini XD makin cintaaah :v ^^”
    ini lagi kek coklat beli dua gratis satu XD
    Yoon tunggu afterwordnya di OAO yaa.. wkwkwk

    1. XD buakakakakaka iyaaa, aku emang teliti loh serius XD semuanya udah aku rencanain XD OaO? Ahh, OaO end nya masih lumayan………….lama~ XD

  12. sama kyk para readers lainnya, selamat dan makasih buat eonni yg terus semangat pantang menyerah buat IL dari chap awal sampe afterword ini, awalnya pas aku nemu IL aku penasaran gimana ceritany, eehh ternyata serruuu, aku dan tentunya readers lainnya selalu nunggu kpan IL di post, pokoknya selamat and makasih bangeett udh ngisi waktu luang readers dngn ff eonni
    tetep semangat ya eonni nulisnya
    saranghaeyo eonni tersayang>o<

    1. XD buakakakak iya aku pantang menyerah kayak memperjuangkan emansipasi wanita /kemudian ditendang/ XD wkwkwkwkwk thanks bangeett udah selalu nunggu ff ini walau progressnya kayak bayi siput~~ NADO SARANGHAEYOOO~~ /TEBAR CONFETTI/

  13. hairihai Rishhh,,,,kayanya apa yg ingin ku ucap dh diwakilin ma readers yg lain,,,,,ucapan selamat dn trimakasih,,krn percaya atw tidak tulisanmu,,dh jd penghibur tersendiri dr hidupku yg flat dan membosankan,,jd aku berterimalasih,,krn lewat tulisanmu,,bisa sedikit mengalihkan duniaku,/heehe,,Afgan X/.
    *smoga sj kita bisa berteman lebih lama disini*
    *****lipe lope lope u Rish*****
    dr ku yg SkSD,,sok kenal sok deket!moga ga bosen ma namaku, ya!

    1. XD buakakakakakaka aku terharu juga karena ada yang baca afterword ini, antara pengen jambak baekhyun sama jambak diri sendiri :” XD wkwkwkwkwkwkk
      semoga aja kamu ga bosen sama fanfict abnormal buatanku XD wkwkwkwkwk thanks yaaa

  14. Makasih bgt ya kak irish yg udh bikin fanfic ini yg udh buat aku penasaran dan setiap aku baca chap terakhir selalu menangis *alay
    Aku suka ending nya cocok bgt, aku jatuh cinta sama semua fanficnya kak irish knp kakak gk jadi penulis aja menurutku cocok dan kalo kakak jadi penulis aku bakal baca semua cerita kak irish,
    ini udh selesai, kak irish udh sukses buat readers bahagia ^^
    Udh Cukup sekian~
    Makasih ~

    1. XD jangan nangiiiiss, aku ga berniat buat bikin nangis loh XD wkwkwkwkwkk ATIDAAKK~~ aku lebih cocok jadi pemimpi daripada penulis XD wkwkwkwkwkwkw

  15. Intinya aku makasih banget buat kakak yg udah ngebuat cerita sebagus ini, membuat kami (para readers) menikmati setiap kata yg kakak tulis.. Ini lebay, tapi aku mulai nge-fans sama kak IRISH, swear.. Entah kenapa cerita kakak membekas bgt..
    Aku penggemar fantasi, temen2 aku bilang gitu karena hampir semua deretan buku di lemari aku terdiri dari buku2 genre itu. And yeah, untuk pertama kali aku nemuin Author yang sehati sama aku. Seneng banget pasti, karena kebanyakan Author sukanya genre2 bangsanya romance, school-life, yg terlalu kental dan malah–menurutku–membosankan.
    Dan Irresistible Love milik kakak ini entah kenapa berasa sangat sangat bagus buat aku. Fantasinya dapet banget, penggambaran karakternya sempurna, dan cara kakak mendeskripsikan dan mengemas cerita ini bagus dan pas banget untuk aku. Ceritanya nggak klise dan menarik.. Jadi nggak cuman kumpulan ff romance aja..
    Aku nggak mau cerita panjang lebar,bisa2 jadi drabble dadakan.. Intinya aku nunggu ff kakak yg baru, terus semangat kakk.. Fighting!!!!!

    1. Aku juga berterima kasih ke kalian semua XD wkwkwkwk tanpa kalian fanfict ini ga akan hidup XD wkwkwkwkwk
      ADUH JANGAN NGEFANS SAMA AKU NGEFANS SAMA BAEKHYUN AJA~
      YEAH KITA SAMA! Aku ini pecinta fantasy, addicted, entahlah, aku percaya di kehidupan ini hal2 fantasy itu ada XD sesat ya? Sabodo teuing lah, buktinya banyak hal2 aneh yang gabisa dibuktiin secara ilmiah dan berakhir jadi fantasy XD itu bukti nyata fantasy`s real! /kemudian ditendang/ XD wkwkwkwkwk
      Aku sekarang mikir kalo Irresistible Love ga fokus sama school life sama sekali dan banyakan cerita kehidupannya XD /author apa ini/ XD wkwkwkwkwkwwkk
      Ya Tuhan aku harus belajar lagi buat mempertahankan apa yang aku bisa sekarang, aku jadi takut bikin cerita absurd lainnya XD wkwkwkwk thankyou yaaa~~~

  16. Yeheee
    kak irish teri akasih banyak atas 12 chapter dan sidemstory dah afterwordjya
    Aku gak nyangka baget kalau prosesnya unik gitu hehe
    Pokoknya semangat selalu untuk karya selanjutnya dan untuk kelanjutan karya2 yg lain ♥♥♥

  17. Entah kenapa walaupun cuman afterword kek gini menarik buat dibaca juga😂Mbak Irish pake jimat apa sih sampe aku ketarik gini😂😄 gasabar nunggu karya karya mbak yang lain😀😄 keep writting yuu mbak. Dua dunia itu bukannya lagu Isabela yah kalo gasalah yang nyanyi charlie?😅😂

    1. XD buakakakakakakakakak karena afterwordnya warna warni kaliii XD wkwkwkwk aku ga pake jimat, aku cuma pake doa aja pas mau ngeklik publish XD wkwkwk thanks yaaa XD
      OIYA BENER! SEKARANG AKU INGET ITU LAGU ST12 XD

  18. Afterword nya menurut ku lebih menarik dari pada irresistible love 😀 beneran loh ! Membaca curahan hati seorang Irish :’) . Oya irish , tentang visualisasi Na inryung kamu kayak nya nyinggung aku deh . Aku suka kepo , demen gosip , demen lirik2 cogan *curhat**abaikan* . Aku tersanjung banget sama kamu bisa buat ff sehebat dan sekeren ini , entah otak kamu terbuat dari apa ? Emas suho mungkin . Oke sampe sini aja komen nya ntar bila terus menerus bisa panjang nya satu kilometer . IRISH daebak !!

    1. afterwordnya kek prescon ya (kata salah satu reader) XD wkwkwkwkwk
      NAH LOH, ITU INRYUNG beneran ada di real life loh XD BUAHAHAHAHA XD anggep aja kamu Inryung deeh XD wkwkwkwk
      otakku terbuat dari bahan yang sama dengan punyamu~~ kita samaa~~ XD wkwkwkwkw thanks yaaa

  19. aku ingun sekali membaca end IL yang pertama,, sblum dirombak,, karena aku pernah berfikiran tentang ini.
    Akuu sependapat dengan irishh,, cukup sampai disini ceritanya,,, yappp ,, sekuel??? Membosankann menurutkuu,,, kita sependapat rish,, pertemuan kutub utara dan selatan akan makin rumitt,, ceritanyaa muter muter kayak kincir angin belanda ,,,,

    Duluu pas awal aku koment,,, irish pernah bilang klo dia hmpir keabisann ideee,,,, akuuu curigaaa,,,, dan irishhh mencurigakannnnn ,,, hhhaa ,,, IL udah selesai dibuat saat blan mei ’15,, jangan2 tepat ultahnya si byun baekhyun lagiii,,, 🙂

    Seorang bayi yang lahir dan wajahnya mirip/hampir persis sama
    saudaranya yang sudah meninggal? itu pernah terjadi dihidupmuu rishhh??
    Mksdkuu kehidupan pribadimuuu???

    Terimaksihhh irishhh sdh membuat certa iniii,,, 🙂 ,,,
    Aku tauu kau akan memberikan penjelsann dariii crta ini,,, dan kau akan memberikan afterwordnyaa,,,

    Bagaimana perasaan mu saat menyelesaikan cerita ini rishh??

    Aku merasakan kehilangan,, jujur saja saat pertama kali membacanyaa,, ahhh aku tidak bisaa menjelaskan dengan kata2,,,

    Untuk beta voldy muuu,, trmakashh ,,salam kenall darii kuuu 🙂 ,,,

    1. Aku ga pengen memamerkan cerita aneh ini di versi lama XD wkwkwkwkw lagian yang versi lama cuma jadi 5 atau 6 chapter kalo gak salah zhaf XD wkwkwkwk aku juga ga sanggup memikirkan apapun lagi buat cerita ini, semacem udah dikasih Tuhan ide sampe di sini doang XD hahahahahaha XD
      Kalo bulan Mei nya aku lupa selesai tanggal berapa, pokoknya bulan Mei XD /maksa/ XD wkwkwkwwkkwk iyaa bukan aku sih kalo kejadian yang lahir wajahnya persis itu, temen aku XD tp yang jelas bener ada dikehidupan nyata XD wkwkwk
      PERASAANKU SENANG SEKALI. MERDEKA. Aku sampe pengen jambak Baekhyun saking bahagianya zhaf XD wkwkwkwkwkwk abisnya gak kerasa udah enam bulan aja ini fanfict progress nya XD wkwkwkwkk nanti salamnya aku sampein zhaf XD

  20. Ditunggu karya karya kak irish selanjutnya.. aku suka maincast baek sama sehun plus fantasy dari kak irish kkkkkk~ yeayyy akhirnya tamat ILnya.. ditunggu dream,oh my lover dan sebagainya hehehe.. fighting kak!!!

  21. Nanti aja deh, komen yg special story, lagi agak males (?) Hehehehe. Yang ini aja dulu
    Hahahaha, aku komennya ini lebih ke penggambaran karakternya sih, keren2. Entah kenapa menurutku Bomi Apink cocok jadi penggambaran Heekyung-nya ^^
    Chanyeong child verse nya itu yang jadi Lee Hyun child verse di Hello Monster kan? Kkkkkk~~~
    Dan the rest of them, aku baru mengenalnya sekarang wkwkwkw.
    *ngacir ke special story

    1. XD ebuset sadis bener sampe males komen wkwkwkwk XD iyaaa emang dari awal keknya Bomi cocok sih XD buahahaha
      BENER, SERATUS BUAT KAMU XD itu bener lee hyun pas kecil XD wkwkwkwk

  22. ooh begitu ternyata kak.. akunya jadi tambah mudeng..
    thanks to FFnya yg bagus itu kak..
    DitungguKaryaSelanjutnyaKak..💕

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s