CODE NAME LIV – Slice #1 — IRISH’s Story

irish-code-name-liv

Code Name LIV

With EXO’s Byun Baekhyun as B/B-54, EXO’s Oh Sehun as O’Child

And

OC’s Liv (known as LIV/54 viral’s code)

A sci-fi, family, slight!crime story rated by PG-16 in mini-chapterred length

DISCLAIMER

This is a work of fiction. I don’t own the cast. Every real ones belong to their real life. And every fake ones belong to their fake appearance. The incidents, and locations portrayed herein are fictitious, and any similarity to or identification with the location, name, character or history of any person, product or entity is entirely coincidental and unintentional. Any unauthorized duplication and/or distribution of this art without permission are totally restricted.

©2016 IRISH Art&Story All Rights Reserved


 

Sometimes the most real things in the world are the things we can’t see.”—The Polar Express, 2004, said by Liv.


[NOW] Chapter 1: Black Area and O’Child

██║ ♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ ║██

Index:

Black area: bagian dari internet dimana ada kemungkinan tetap terhubung ke internet tanpa terdeteksi.
Blind area: jaringan internet di dalam internet dimana semua koneksi akan terputus selama beberapa detik.
Chip: software.
Cyberviral: virus komputer.
Cyber-walker: pengguna internet, secara spesifik di sebut sebagai player/hacker.
Ether-net: internet.
IP adress: alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang memanfaatkan Internet Protocol dalam bentuk susunan angka biner.
IP transmitter: code command yang dikirim dalam bentuk angka biner dan bertujuan untuk mengirim IP adress penerima pada pengirim IP transmitter.
Player: hacker.
Walker: pengguna internet.

.

.

.

Liv adalah virus. Tak bisa dikatakan orang, ataupun benda tak nyata. Dia benda mati, tapi dia hidup. Dia bisa berpikir, bisa memiliki perasaan. Dan Liv, harus membobol Europol demi penciptanya, B. Sementara, ia menemukan seorang teman baru, O’Child.

.

.

.

In Liv’s Mind…

“Sudah ku katakan padamu, Liv, berhenti bermain-main di jaringan amatir. Kenapa kau selalu membantahku? Ada banyak player yang ingin mendapatkanmu. Bagaimana kalau mereka menangkapmu di jaringannya? Bagaimana jika identitasku terungkap?”

Aku bergeming kala B, penciptaku, mengomel tanpa henti sementara jemarinya sibuk bermain di keyboard komputer 128 bit kebanggaannya. Sesekali ia melirik ke arahku, seolah menunggu jawaban dariku padahal aku tak tahu harus menjawab apa.

“Kau mendengarku ‘kan? Hari ini kau datang ke jaringan O’Child, dan hampir saja terperangkap anti-virus miliknya. Kurasa kau sendiri bisa mengakses kemampuan O’Child bukan? Kenapa kau di sana?”

Aku masih bergeming. Alis B bertaut, menatapku benar-benar serius dan membuatku ingin sekali melarikan diri ke black area sehingga tak harus menghadapi kemarahannya.

“Tsk, kenapa kau tidak menjawab—ah, aku belum menyalan speaker, rupanya.”

Jemari B sekarang bergerak menekan tombol kecil di sisi komputernya. Ia membalik kursinya, menghadapku. Tidakkah ia tahu aku diam karena tak ingin menjawabnya?

“Liv?” panggil B.

“Aku di sini, B.” sahutku, masih saja aku sering terkejut dengan bagaimana B bisa mengubah resonansi sistemku menjadi sebuah frekuensi suara perempuan.

“Apa yang kau lakukan di jaringan O’Child?” tanyanya benar-benar dengan nada serius.

Kukeluarkan helaan nafas pelan, seperti yang sering B lakukan saat ia kesal. Dan tindakanku membuat senyum kecil tersungging di wajah B, ia pasti merasa tindakanku sangat lucu.

“Ayolah, Liv, aku tidak suka kau mengabaikanku.” ia mengerang pelan.

Menyerah, aku akhirnya menghubungkan sistemku dengan jaringan speaker milik B, mencari resonansi suara yang tadi kugunakan.

“Maafkan aku, B. Terkadang, beberapa chip lain buatan Aries memburuku saat aku online di sistem. Aku tidak mungkin bersembunyi di black areamu, B. Dan satu-satunya black area yang terbuka adalah milik O’Child.” terangku membuat B memejamkan matanya.

“Jadi, kau di kejar oleh Aries lagi?” tanyanya.

“Ya, kadang aku hampir tertangkap.” imbuhku.

B terdiam sejenak, ia kemudian membalik tubuhnya lagi, menatap monitor 30 inch miliknya. “Biar kuperiksa sistemmu dulu, Liv.” ujarnya tanpa nada.

“Baiklah…” aku diam, membiarkan B melakukan keinginannya, memeriksa sistemku.

Mau bagaimana lagi, B adalah penciptaku, dan aku hanya sebuah cyber-viral dengan code nama LIV, seperti B yang punya nama B-54, Ia menamaiku LIV, yang berarti 54 dalam angka romawi kuno.

Bagi cyber-walker—atau sering disebut sebagai player oleh sesama cyber-walker—lainnya, aku adalah ancaman sekaligus senjata ampuh. Karena B sudah menghabiskan separuh hidupnya untuk menciptakanku, aku sendiri tidak mengerti bagaimana bisa aku berpikir layaknya yang B lakukan.

Walaupun aku hanya sebuah cyber-viral tak bisa dilihat, tapi aku bisa bicara—saat B menghubungkanku dengan sebuah speaker, aku mampu berekspresi secara emosional, dan aku juga punya kesadaran. Sistemku dibangun serupa dengan jaringan neuron manusia yang mandiri secara fisik.

Dan… ya, aku bisa berpikir sendiri.

Aku bebas mengungkapkan informasi yang kudapatkan. Tidak seperti di abad ke-20 saat cyber-viral hanya bisa bekerja menghancurkan sistem internal perangkat lunak, aku bisa berada dimanapun.

Aku bisa berjalan-jalan dari ponsel ke ponsel, dari satu perangkat internal ke perangkat lain, aku bisa berjalan-jalan melewati sistem komunikasi, transportasi, dan semuanya.

B sudah membuatku menjadi cyber-viral tanpa batasan. Selama ada jaringan internet yang aktif, aku akan bisa berada dimanapun. Itulah mengapa di sistem hacking, B adalah hacker paling di incar Europol.

Aku tidak begitu mempedulikan apa yang B lakukan, atau apa yang ia lakukan berbahaya bagi kehidupan manusia. Karena aku hanya sistem yang dibuat dengan pemikirannya.

Aku memiliki pemikiran yang sama dengan keinginan B, begitulah cara kerjaku.

“Liv?”

“Ya, B?” aku sontak menyahut ketika B tiba-tiba memanggilku. “Kau yakin tidak terkena sistem apapun saat berada di black area milik O’Child?” tanyanya membuatku berusaha mengakses history walkerku tadi.

“Tidak, aku rasa aku tidak mengenai jaringan apapun di sana. Ada apa, B?”

B menggeleng, menyandarkan tubuhnya di sandaran kursi sembari menopang kepalanya dengan kedua tangan. “Rasanya aneh saat O’Child membiarkan black areanya terbuka begitu saja.” ujarnya.

Sejenak tercipta keheningan, sampai tiba-tiba B kembali berucap. “Liv, kau bisa masuk ke sistem Europol?”

“Europol? B, kau dan aku sama-sama tahu bagaimana penjagaan sistem di sana bukan?” ujarku membuat B menghela nafas panjang. “Aku menciptakanmu sebagai viral tanpa batasan, Liv. Kau seharusnya bisa masuk ke Europol. Kau bahkan sudah mengacak-acak kantor pusat FBI.”

“Apa ini yang kau inginkan? Membiarkanku masuk ke sistem Europol dan menghapus semua catatan kriminalmu? Menghapus semua data yang akan mengarah padamu, kemudian aku harus menghilang tanpa jejak?”

B tertawa pelan. “Bukankah aku sudah menjelaskan apa tujuanku menciptakanmu, Liv? Aku ingin kau menemukan pembunuh adikku, dan aku ingin hidup bebas setelah aku membalas kematian adikku. Apa itu tugas yang sulit untukmu?”

“Tapi B, Europol benar-benar—”

“Baiklah.” B memotong ucapanku dengan nada kaku, “jika kau tidak bisa melakukannya, aku akan menonaktifkanmu, lagipula, tidak sulit untuk membuat cyber-viral sepertimu lagi, Liv.”

“Tidak, B. Aku tidak mau dinonaktifkan.” ujarku menolak.

B tersenyum puas, bergerak menumpukan sikunya di meja sementara wajahnya tepat berada di depan monitor, membuatku bisa melihatnya dengan jelas.

“Kalau begitu, tidak keberatan untuk membobol Europol?”

 ██║ ♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ ║██

Pasar saham… informasi… keuangan negara… ah, semua hal membosankan dalam sistem online Seoul benar-benar tak berubah. Bagaimana bisa setiap hari yang berputar online hanyalah naik dan turunnya saham, informasi yang sama berulang-ulang, jadwal online yang sama…

Akh!

Seseorang memutus koneksiku. Sejenak aku berada dalam blind-area, sampai aku menemukan jaringan untuk kembali online. Aries, lagi. Ugh. Black area, aku butuh black area.

Dengan cepat aku melintasi jaringan ether-net terdekat, melewati beberapa saluran walker—aku tak bisa bersembunyi di jaringan milik walker karena jaringan mereka adalah jaringan terbuka—dan bahkan melewati beberapa black area player.

Aku terhenti saat melihat black area yang sangat kukenal, milik B. Haruskah aku berlari ke sana? Tapi berlari ke black area milik B sama saja dengan menyetorkan IP adress nya bulat-bulat pada player lain.

Ah, maaf B, aku harus berlari ke jaringan O’Child lagi.

Melalui beberapa saluran ether-net berbeda, aku mendapati diriku lagi-lagi masuk dalam black area milik O’Child. Black area, adalah tempat dimana kau bisa tetap terhubung ke ether-net tapi tidak terdeteksi. Beberapa viral sering bersembunyi di black area sistem dan menyerang saat sistem di non aktifkan.

Aku terkejut ketika black area yang kutempati tiba-tiba saja terhubung ke internal prosesor komputer pemiliknya, O’Child. Segera, aku menyelipkan diriku diantara jaringan lainnya, menguasai kinerja speaker dan keyboardnya, juga menghubungkan diri dengan computer-cam miliknya.

Sekon selanjutnya, kutahan diriku untuk tak bersuara melalui speaker kala siluet wajah seseorang memenuhi monitor. Dia… O’Child? Aku ingat benar bagaimana B selalu bertanding dengannya di s-net—saluran ether-net di dalam ether-net—juga selalu berebut popularitas di kalangan player lainnya.

Dan potret wajah O’Child akan membuat semua player tahu identitasnya, termasuk B. Ya, benar Liv. Hanya satu capture wajahnya dan—

“Wah, lihat siapa yang sudah beberapa kali bermain ke black areaku. Kau tidak berencana pergi bukan?”

pergi dari black areanya.

Ugh, tentu saja. Kau baru saja masuk jebakannya, Liv.

“Hmm, biar kulihat… sebaik apa sistemmu dibangun viral kecil…” ia bergumam sementara jemarinya sibuk mengetik command di keyboard yang—tidak!

“Tidak!”

Jemari O’Child terhenti kala tiba-tiba saja aku menerobos speakernya, berteriak menghentikannya.

“K-Kau… berteriak padaku?”

“Jangan meresetku! Kau akan merusak semua sistem yang ada padaku!” ujarku mengabaikan nada terkejutnya.

Ia baru saja akan meresetku! Apa ia benar-benar player? Saat semua player menginginkanku untuk melakukan command yang mereka inginkan, kenapa ia malah ingin meresetku?

“Bagaimana… kau bisa bicara?”

“Aku bahkan bisa melihatmu, O’Child.” ujarku, mengingat jika wajahnya tepat berada di depan layar monitor sekarang.

“Sial! Kau pasti sudah mengunggah fotoku ke s-net bukan? Aku benar-benar harus me—”

“Tidak! Tunggu! Aku tidak melakukan apapun!” cegahku saat ia lagi-lagi ingin meresetku.

“Bagaimana aku bisa percaya padamu? Seperti cyber-viral lain, kau hanya akan merusak sistem internalku untuk kemudian melacak IP adressku dan menyerahkannya ke hadapan umum!”

“Umm…” aku terdiam sesaat. “tadinya aku memang ingin seperti itu.” gumamku.

“Apa kau benar-benar cyber-viral? Aku tak percaya sebuah cyber-viral bisa—tunggu, kau… viral dengan code name LIV itu? Kau… properti B-54?”

“Ugh… Reset saja aku, O’Child. Sampai kapan pun kau tak akan menemukan informasi apapun tentang B dalam sistemku.”

“Benarkah?” ia menyunggingkan sebuah senyum kecil. Jemarinya kembali bermain di atas keyboard. “Oh, kau bahkan tidak bisa mengirim IP transmitter melewatiku, aku masih online sampai sekarang, dan dalam sistemku hanya ada aku.” ujarku kala ia mengetikkan command paling ketinggalan zaman yang digunakan player untuk mengirim IP transmitter—yang bertujuan untuk mengetahui titik koordinat posisi seorang pengguna ether-net.

“Lalu bagaimana kau bisa bicara? Bukankah B-54 yang mengaksesmu?”

“Astaga, tuan O’Child. Kau tidak mengenalku?” tanyaku, harga diriku—kupelajari bahasa ini dari B—seolah dihancurkan kala ia tidak tahu bagaimana canggihnya aku.

Kudengar O’Child terkekeh. “Aku tahu, kau viral paling di incar semua player karena kemampuan unlimited. Tapi kupikir selama ini B-54 ada di belakang layar dan melakukan setting A, setting B untuk mengarahkanmu.”

“Tidak, B tidak melakukannya. Aku bisa berpikir sendiri. Aku bahkan bisa mengirim IP adressmu sekarang juga.” ujarku membanggakan diri.

“Oh, kau viral yang sombong, sama persis seperti pemilikmu. Coba saja lakukan, kau tahu tidak ada celah keluar dari black areaku bukan?”

Aku terdiam beberapa saat, sebelum akhirnya aku menghela nafas panjang. Dan seperti ekspresi B, O’Child juga terkejut karena mendengar helaan nafasku.

“B-54 memang membuat sistemmu bekerja seperti otak manusia?”

“Ya. B menciptakanku seperti itu. Aku bisa berpikir, aku bisa merasa kesal, aku bisa merasa takut…” kuhentikan ucapanku sejenak, “tapi kenapa kau tidak melakukan apapun padaku? Aku adalah cyber-viral yang masuk ke dalam sistemmu.”

O’Child mengerjap beberapa kali, sebelum sebuah senyum muncul di wajahnya. “Aku tak pernah bicara dengan siapapun selama empat tahun ini.” ia menggeser tubuhnya, membuatku bisa melihat sebuah pintu besar dengan celah persegi kecil di bagian bawahnya.

“Kau lihat celah itu? Dari sana, aku berkomunikasi dengan dunia luar.”

“Maksudmu… kau terkurung di ruangan ini?”

Ia mengangguk. “Aku tidak tahu apa alasannya, atau tujuan mereka, tapi aku memang terkurung di sini. Dan kedatanganmu kuanggap sebagai tamu, karena kita bisa berbincang-bincang.”

“Tapi aku cyber-viral, kau tidak khawatir?”

“Kalau kau memiliki command untuk merusak sistemku, kau sudah melakukannya sedari tadi. Tapi kau malah mengkhawatirkanku. Tidakkah kau lucu, Liv?”

Aku terkejut mendengar ucapannya. “K-Kau memanggilku apa?”

“Liv.” Ia mengulang. “Namamu Liv bukan?” aku bergeming. Ini kedua kalinya seseorang memanggil namaku, bicara padaku, selain B, dan melihat ketenangan O’Child yang berbanding terbalik dengan emosi yang dimiliki B… rasanya aneh.

“A-Aku harus pergi sekarang.”

O’Child tertawa pelan, dan mengangguk-angguk. “Baiklah,” ujarnya membuatku curiga, “apa kau menyelipkan IP transmitter pada sistemku?” tanyaku segera disahuti tawa oleh O’Child.

“Apa kau akan datang lagi ke sistemku?” ia balik bertanya.

“Umm, tergantung…” ujarku tak yakin. “Tergantung apa kau dikejar cyber-viral lain atau tidak?” tanyanya kujawab dengan gumaman. “Kau tahu tidak ada black area lain yang tidak terjaga.” tuturku.

“Datanglah lain kali, Liv. Menyenangkan rasanya… punya teman bicara di tempat menyedihkan ini.”

Apa itu? Apa maksud ucapannya barusan? Ia… mengundangku datang kembali ke sistemnya? Liv, kau ditawari masuk ke mulut musuh lagi.

Ugh

 ██║ ♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ │█║♪ ♫ ║▌♫ ♪ ║██

“Kemana kau seharian ini, Liv?”

Oh, ya, menghabiskan waktu dengan mengudara seharian memang selalu membuat B bertanya-tanya. B selalu mengkhawatirkanku, karena jika viral lain di abad ke-20 seperti BlackShades, Agent.btz, atau MyDoom, diciptakan dengan jumlah ratusan, bahkan jutaan, B hanya punya aku.

Akulah yang selama ini menyebarkan trojan ke server, merusak malware, atau sekedar meretas hal-hal iseng saja. Bagi B, semua serangannya—bahkan beberapa serangan DoS—hanya percobaan saja, sebelum akhirnya ia berani menyerang NSA, kantor pusat FBI, dan tujuannya sekarang, Europol.

Entah mengapa B begitu yakin Ia bisa mengetahui data pribadi semua orang di dunia dengan meretas Europol. Ia begitu ingin mengetahui pembunuh adiknya. Setelah itu ia akan menghapus semua catatan kriminalnya dan hidup seolah tak terjadi apapun.

Bagiku, yang tak mengerti arti seorang ‘adik’ bagi B, maupun arti hidup ‘normal’ yang selalu B katakan, semuanya sama saja. Aku hanya perlu melakukan beberapa pekerjaan ringan sebelum B menilai kinerjaku lagi, dan lagi.

Terkadang ia melakukan beberapa upgrade yang… ugh, membuatku kehilangan beberapa memori.

“Liv? Kau sering mengabaikanku akhir-akhir ini.” aku tersadar saat B berucap, seolah mengingatkanku bahwa ia bisa kapan saja memusnahkanku. “Maaf, B, aku sedang senang bermain di sistem.” tuturku.

B menghela nafas panjang, ia kemudian mengetik beberapa command kecil sebelum akhirnya menyandarkan tubuhnya di kursi.

“Besok, kau harus masuk ke Europol, Liv. Kita kehabisan waktu.” ujarnya.

Kali ini aku yang tercekat. Europol? Besok? Sedangkan aku masih begitu sering bersembunyi di black area?

“Liv?”

“Ya, B.” ujarku. B menatap monitor sejenak sebelum Ia kembali bicara. “Aku tahu kau sudah menemaniku selama bertahun-tahun, Liv. Tapi jika besok kau tertangkap… maaf, aku tak bisa berbuat apapun.”

“Aku tahu, B.” tak ada kata lain yang sanggup kuutarakan. Memangnya aku harus marah padanya jika aku tertangkap? Yang benar saja.

“Aku akan lakukan upgrade terakhir malam ini… aku benar-benar butuh bantuanmu, Liv.”

“Ya, aku tahu, B.”

Memangnya apa lagi yang bisa kulakukan selain membantunya?

۩۞۩▬▬▬▬▬▬ε(• -̮ •)з To Be Continued ε(• -̮ •)з ▬▬▬▬▬▬▬۩۞۩

Cuap-cuap by IRISH:

Maaf fanfict ini gajelas sekali dan pasti gabisa dipahami………….sungguh maap. Tapi ini cuma twoshot kok pendek aja BUAHAHAHA. Tbh, aku belum pernah nemu fanfict model begini—yang dengan gajelasnya membahas virus komputer—jadi biarlah cerita ini absurd sendiri. Thanks for reading

.

Show! Show! Show! Let’s come to my SHOW!

[ https://beepbeepbaby.wordpress.com/ ]

Sincerely, IRISH.

117 tanggapan untuk “CODE NAME LIV – Slice #1 — IRISH’s Story”

  1. Keren gilaaaa ini ff😱
    Sejujurnya sih agak gak paham sama istilah2nya. Tapi ugh sumpah ini keren. Speechless aku kak Irish

  2. Aduh kakak keren bangettt
    Ini ff pertama yang aku baca genrenya unique❤
    Kerenn
    Yaa walaupun baca nya masih agak mikir sih:3
    But dari awal sampe akhir itu memukauu❤
    Ijin baca chap selanjutnya ya kaaakk

  3. haii kak Irish! tadi aku lagi pengen ngecek update-an ff baekhyun di exofanfiction, terus ngeliat ff kakak yang ini udah sampe after word, gatau itu udah final atau belum, terus aku coba baca yang chap 1 ternyata seru banget, suka genrenya jugaa, penuh misteri gitu. siapa sih yang gatau author Irish yang terkenal karena ceritanya selalu penuh misteri di dunia fantasy? apalagi design covernya? ugh ❤
    btw aku telat baca ff kakak ini, huhu, padahal udah sampai afterword, aku bakal baca sampai end deh, aku usahakan selalu tinggalkan komentar.
    xoxo dari fans mu ini kak Irish ❤

  4. Daebak, tidak kusangka ada juga cerita ttg virus, awalnya pusing bagaimana menvisualisasikannya tapi seiring berjlannya waktu *alay akhirnya bisa juga …
    fighting 🙂

  5. satu satuny yg bisa saya bayangin waktu baca; LIV itu kayak keren(aduh gman nulisny hehe..pokokny itu lho yg komptrny plankton di spongebob..) bisa ngomong gtuh..hehe.oh ya B..itu..bukan Baekhyun kan?

  6. Udah bc slice #1 ini dr last friday, tp blm leave a trace cz blm slese bc reviews di bwh2ny, cz krng afdol aja rasa’ny klo blm finish bc semua full 1 page. Awal2 bc tu kbayang sm istri’ny plankton di cartoon Spongebob 😀 tp ini jauh lbh keren, so visualisasi’ny keganti sm Jarvis’ny iron Man, CEO Stark Industries. Oh, real name’ny Irish tuh Rion ya & kamu.. sodara’ny Spongebob yg terpisah?? 😀 wkkk~ !! Kirain Irish tu udah real name kamu. Keren bgt Irish imaginasi’ny, slalu anti mainstream, far beyond d’future! Saya jd pengen nonton film Who Am I itu. Br pernah nonton film ttg hacker tu dorama Jpn yg jdl’ny Falcon klo ga slh, da bronis akuh Miura Haruma 🙂 Human bakal jd lbh individualis klo creation mcm Liv ini ada skrg/nanti. Wah, baik bgt irish ksh spoiler2, hm.. O’child tkh penting, obviously lah, seorang Sehun itu teramat sngt penting! Sehun bikin Liv jd ngberontak sm Baek?! Ending’ny bkl sdih? ada yg mati?? Sehun dikurung di mn? Krn dy hacker? & terlalu genius? & terlalu ganteng? Ade’ny baekhyun cewe?

    1. Buahhaha iya kak santai aja sama aku mah XD aku menerima komen kapan aja kok XD wkwkwkwwk ADUH KAK PENGEN NGAKAK… KENAPA AKU JADI TERDUGA RION? KENAPA? XD XD WKWKWK
      Ini astrall…. Aku sejujurnya merasa ini paling hancur imajinasi aku T.T karena bener-bener engga masuk akal gitu… huhuhu kudu gimana aku melanjutkan kehidupan astral aku kak? Kudu gimana? XD

    2. Juz be your best self aja 🙂 like always. Sngt creative, imaginative, great author with so~ many great works!! seru, keren, sngt menghibur, and.. always unpredictable! Smlm saya beneran nonton film germany who Am I itu lho, keren bgt! Biar lbh phm sm IT terminology dlm membaca lnjtn ff ini /biar ga gaptek/

  7. waaahhhhh keren banget.
    aku baru nemuin ni ff di chap 4, seneng banget nemuin ff tentang IT, makasih juga ka irish buat indexnya itu sangatsangatsangat berguna buat aku yg sekolah di jurusan IT. MAKASIHMAKASIHMAKASIHMAKASIH. lanjut terusnya kaa… fighting!

    1. XD buahahaha padahal ini fanfiksi astraaalll sekali ya XD wkwkwkwkwk
      BTW INI AJARAN SESAT, TOLONG JANGAN DIPERGUNAKAN DI PELAJARAN, YANG ADA AKU HARUSNYA BELAJAR DARIMUH ~

  8. ok…ini ff keren bin absurd…tapi lebih ke kerenya sih…intinya aku suka sekali…gak bisa aku rangkai melalui kata-kata…SUMPAHHH KEREN

  9. sumpah ini aku ninggalin tapi belum baca isi khayalanmu ini.
    mau ngebaca tapi mata udh ngos-ngosan, mau pergi tanpa komen ntar rugi kuota./paan sih gk nyambung dh

    tapi kalau baca sekilas kayaknya ini lepas dari cerita makhluk astral bin ajaib mu itu ya rish? oke, wajib dibookmark biar gak ilang.
    hahahaha

    1. kakrion masa ngga kenal?
      ini selimut hangat, panggilannya seli kalo ngga imut
      manggil hangat juga boleh

  10. Wouw, ternyata irish bikin tema hacker n cyber gini
    Aq selalu suka baca ginian, suka pas bayangin si B ngutak atik komputer gt ato si liv lari2 ngakses2 gt, keren deh
    Jd ingat drama sama komiknya bloody monday

    Ijin baca ya irish

  11. Halo kak irish^^
    Kak pas aku nemu ff ini tuh aku abis baca novel DanBrown jadi pas baca -baru beberapa kalimat , blank ~ dan aku mikir ‘ini ff aneh, ini ff apa pelajaran anak smk xD waks’ dan gak aku baca , paginya aku kasih ke temen nyuruh dia baca ! Trs aku tanya “ngerti?” Dia bilang ngerti & seruu. Dorr ! Nahlo dia aja ngerti masa aku nggk *gengsidong, Danbrown aja aku baca masa ini nggk* pulang sklh aku lngsng baca
    Daaan , ini FF terunik dan super kereennn (y) yg aku baca \●/
    Irish kerenn :*:*:*:* imajinasimu sekeren imajinasi spongebob :V
    Today, I’m your fans
    Semangat trs nulis ffnya kk

    1. Halohaa XD thanks udah mampir di ff abnormalku yang lain XD wkwkwkwkwk ini emang ff aneh karena tembus ke pelajaran TKJ BUAHAHAHAHAHA XD /kemudian dilempar/ aahh aku semakin terharu karena kamu berasa mempromosikan ceritaku ke temenmuu /peluk peluk/ XD wkwkwkwkwk thanks bangeeettt, masa karya senpai dibandingin sama akuh XD wkwkwkwkwk thanks banget serius aku terhuraayy XD wkwkwk mungkin aku saudara spongebob yang terpisah XD BUAHAHA XD thanks yaaa

  12. Demi apapun kaaaaak ini KEREEEN PAKE BANGET
    Emang sih aku agak lemot bacanya soalnya emang ga begitu ngerti masalah IT XD
    Tapi aku suka banget, pas udah mulai baca “kak Irish mulai lagi deh sci-finya bisa aja:3”
    Wkwk good job kak, aku mau ke chapter dua yaaa

    1. XD buahahaha aku juga pas bikinnya luemot saaanggatt karena aku gapaham masalah per-IT an juga XD wkwkwkwkwk aku cinta scifi dan fantasy aw aw XD wkwkwkwk thanks yaa

  13. PLISSS…. INI KEREN BANGETT
    Maafkan baru komen, diriku baru buka wp ini, eh terus liat ff ini.. dan mulai baca dari chapter awal *apalah.. apalah-_-
    Hmm aku baca ini kok jadi inget film who am i, yang si benjaminnya pinter kelewatan, dan ku kira dia punya 4 kepribadian, dan taunya temennya itu beneran ada..

    Dan for the first time aku nemuin ff kayak gini.. author jjang!! Oiya aku panggil author apa, kak irish aja yaa._.
    Keep writing~

    1. XD buahahahahahah apaan ini aneh tau, aku sempet minder mau post ff gajelas ini. sebenernya, motivasiku bikin ini ya karena who am i, gak aku tulis di disclaimer sebagai ‘inspired’ atau ‘adapted’ kenapa? karena isinya secara keseluruhan beda sama who am i, cuma konsep ‘hacker’ aja yang aku pake XD wkwkwkwkwk
      ini pertama kali ya bikin ff aneh sejenis ini XD wkwkwkwkwk
      thanks yaa XD duh gapapa panggil begitu XD

  14. oke aku bingung wkwkwk,, abis baca bingung sendiri
    tapi keren irish-ssi aku suka ide yang entah dari mana irish dapet sampe bisa bikin ff sekeren ini *lebay* wkwk
    keep writing!! hwaiting ^^

    1. Buahahaha iya emang ceritanya agak membingungkan dan gajelas ya huhu~ makanya kukasih index biar ga semakin bingung sama istilah2 disini XD wkwkwk thanks yaa

  15. kaka irish kau lakukan apa lagi pada ff muuuuu, sumpah ini bikin imajinasi melayang layang diudara. aku pikir ntar sehun jatuh cinta sama liv haha. apa mungkin si sehun itu adeknya baekhyun yang disembunyiin. baca ini keinget sama who am I? -____- ntar tuh si liv bisa bobol europol terus ketangkep terus memberontak akhirnya dia di jadiin kayak humanoid trus jatuh cinta sama sehun, terus nikah (emang lu pikir plankton-__- #plakk abaikan) hahaha terus mereka melakukan perjalanan buat nyari humophage lain hahaha ketemu sama incubbus, terus perang sama VPGN, dibantu sama A-VG terus perang dunia ketiga dimulai. hahaha terus habis itu sehun harus mengalami percobaan pembunuhan. ini apaan sih kenapa jadi giniii-___- ayolah, ini ff pertama yang aku baca tentang virus virusan. kek virus cinta gitoh #eaak #PLAKK oh my kak irishkuuu, kenapa kau membuatku baper begini. terus berkarya kakak. fighting!!

    1. Buahahaha aku apain lagi ini ff? XD jadi abnormal ya hahhahahahha XD duh ya engga dong, gak semudah itu alur ceritaku bisa ditebak XD indah banget kalo dibikin jatuh cinta, wkwkwkwkwkk XD kenapa ini kenapa sampe tembus ke incubus dan humanoid XD wkwkwkwkwkwkwk thanks komennyaa XD

  16. Udah aku bilang dari awal..
    Dari masih 10 langkah mendapatkan pacar..
    Liv ini harus dijadiin. HARUS HARUS HARUS!
    dan bener kaan keren bangeeett..
    Wkwkwkwkwk..
    Aku sok sok an berasa kaya hacker juga bacanya..
    kenapa aku ngebayangin suara liv nya kek cewek songong gitu?
    wkwkwkwkwkww..
    ini kereeennn..
    shoot kedua nya dijadwal aja juseyo..
    HAHAHHAHHAHAHA~

    1. LIV jadi kok XD ini buktinya dia release duluan dibanding yang lain, abisnya ini udah panjang dan hampir end progressnya cuma kepikiran aku panjangin dikit biar greget dan menggemaskan kayak aku ka ne XD wkwkwkwkwkwkk kan karakternya baekhyun songong jadi Liv ngikut dia juga XD

    1. Ini abnormal dan anehh, aku sempet khawatir pada gamau baca karena gapaham sama ceritanya huhu~ kulihat dulu yaa, kalau di chap 2 gak cukup nendang nanti kuganti jadi chapter huehehe

  17. Finally B-29 (54) rilis jugaa~ 😀
    summary nya dari film kesukaan akuu, sukak, apa kalimat itu maksudnya si liv? .-.
    Pas nemu kata europol aku lgsg keinget sama bourne sama who am I juga hehehe (btw mksih sama frau akhirnya bs nonton film kece badai ini, mksih jg sama yg uda donlotin xD)
    Keinget sama si clay sama si benjamin yg udah bikin hoax kalo dia punya 4 kepribadian, dn mengakibatkan aku banyak mengumpat krn di ending film ini sungguh.. kmvrt bener wkwkwk
    No system is safe ‘-‘ semua buatan manusia meskipun punya europol pun pasti lah bs di bobol, ya gak LIV? fighting!! liv gaboleh mati..
    Btw ini kelanjutannya bakal gmn ya? Mengingat ini hanya 2shot ._. Kirain chaptered looh, kn jarang” nih ada ff beginian 😀 /authornya lambai”~
    Serius ini keren gilak. Dunia per hacker an, id*, cyber-walker, cyber-viral, cyber-crime serius ini buat aku sugoooi 😀 sukak kata”nya itu loh, bikin kita ngerasa pinter. Gatau abis baca ini ngerasa pinter aja gitu. Absurd ya? eheh
    Btw aku kepo nih, Liv bs masuk europol gak ya? Ato malah ketangkep? ato mgkn id B-54 terkuak trs masuk penjara? kemudian inget si o’child.. ngapain ya dia dsini wkwk
    Gregeet!! Baek boleh ugha nih meranin kek ginian, cabe yg suka maen eyeliner (komputer), tiba” bs nyiptain cyber-viral yg mau nembus europol lagi, gila lu mas, keren sumpah 😀 maju terus KBBI!! wakwkwwk
    Eksistensi sehun juga, di poster dia bening banget omayaa :v baek juga mayan bening di poster ahem :v hahahaha. Baek smntr menghilangkan titel cabe, ples sehun yg sok”an pinter dsni hueheh
    Sukak sama cara penggambaran km ttg LIV ‘-‘ dia keren!! Sungguh aku bs ngerasain seolah” LIV ini idup, g hanya sekedar virus yg bahkan tak berbentuk, kok jd keinget istrinya plankton ya xDD tp liv ini keren, knp? Krn dia diprogram supaya bs mikir sendiri, sehun kalah pinter nih sama baek hahaa entar diajarin nyabe hun tenang aja/?
    Km pasti kepikiran liv bs ngmg gegara laptop yg punya gender itu ya? /ceritanya soktau nih
    Btw lepiku gendernya cewek, yg keluar suaranya mbak” cewek bule model speaker nya gugel translate gitu. Hm makanya dia suka sensi, loading nya suka lama, jgn” dia bedakan dulu kali ya
    Serius smpk skrg aku masih waow aja sama keberadaan hacker. Mikirnya positip ya. Mrk canggih bener, bs bhs pemrograman yg isinya html, biner, tanda petik, kurung, huruf”, kotak” persegi, segitiga, bundar dll yg aku gabakal paham waks. Mgkn bsk” ada tuh yg beneran nyiptain cyber-viral model liv yg aksesnya unlimited dn bs bobol apapun. Wohoho cyber-crime beneran tuh._. Ato mungkn udah ada cmn aku aja yg gangerti. Maklum anak baik gasuka ngebobol/?
    Next shot nya sangat ditunguu~!!! ganbateneee :D:D:D

    1. DEMI DEWA KERANG, kenapa kamu masih sebut ff ini sebagai B-29? Kan imej kerennya jadi hancur bergantikan sama sabun cuci. Sebenernya, aku mau ganti itu Europol, tp karena udah gabisa berpikir lebih jauh lagi akhirnya cukuplah aku puas dengan menjadikan Europol aja. Lagipula di mbah gug (gugel ohok) itu Europol yang lebih perhatian sama masalah-masalah cyber-crime kayak gini. ITU AKU YANG DOWNLOAD SEHARIAN BTW. HUFT.
      Sayangnya disini kamu tidak akan mengumpat dan paling2 sedih aja sama end nya. Kukasih spoiler loh ini HAHAHAHAHA. Semua buatan manusia emang bisa dibobol dan bisa rusak. Bahkan Titanic sekalipun /apaan/ XD wkwkwkwk
      Liv gak mati, bukan dia yang mati lebih tepatnya.
      Dirimu mau ini jadi chapterred? Harus komen tiap chapter! Wajib! Kalau engga, ku END in dengan sadis dengan gaya thriller. Ehem. Mungkin LIV ini jadi mini-chapter berhubung projek chapterredku banyak sekali (kamu tau sendiri kan?)
      Berasa aku mengarang bebas sekali pas bikin semua istilah itu, beberapa emang terinspirasi dari istilah2 nyata yang ada tapi maknanya kugeser BUAHAHA /maaf/ biar greget nanti kutambahin, kukasih index lagi biar gak bingung.
      LIV BISA MASUK APA ENGGAK? tergantung doa dan dukungan orang tua tentunya /apaan/ dan juga jangan lupa peran O’Child disini akan begitu penting. Mungkin dia bisa membuat Liv memberontak /spoiler lagi/ dan juga, Baekhyun bisa kok jadi manly, serius dia bisa. Kamu selalu ngeledek dia cabe sih, padahal dia itu manly walau gapunya adam’s apple.
      NGAKAK SIYAL;;; SETELAH KAMU SAMAIN LIV-KU SAMA B-29 SEKARANG SAMA ISTRI PLANKTON YANG KATAMU PAS KECIL JADI KALKULATOR DAN GEDENYA JADI KOMPUTER. KAN NGAKAK.
      Aku tjinta karena pake BaekHun disini~ YEAY DAN POSTERNYA SUDAH KUPERBARUI. BAGUS KAN BAGUS? GAK SERAME POSTER YANG KUPAMERIN WAKTU ITU HUEEE~
      EH LEPIKU JUGA CEWEK LOH. UALAY YA. AKU GASUKA. AKU MAUNYA DIA COWO. JADI KUKASIH NAMA JOHNNY. TAPI DIA CEWEK JADI KUKASIH NAMA IRENE /APAAN/
      Hacker ini sebenernya keren-keren sekali karena mereka berotak encer, sayangnya keberadaan mereka di dunia ini tersembunyi dan terselubung. Kalau aja jurusan kita tidak sekhusus ini mungkin aku sudah berkeliaran mencari tentang sastra dan informatika yang jadi sumber ketertarikan nomer satuku. Hiks. Nasib.
      AKU BILANG JUGA APA. SEMUA KHAYAL DAN IMAJINASIKU TENTANG SCI-FI INI ADA KEMUNGKINAN UNTUK JADI NYATA. Kayak Actroid itu juga, itu nyata ada! Aku yakin sekali beberapa tahun kedepan LIV bisa bener-bener ada. Dan aku bangga dong karena sudah meramalkan kemunculan Liv di alam semesta.
      TUNGGU YA NEXT NYA!!!

  18. irish kereeennnn, huft berasa nemuin jati diri lagikan setelah lama aku linglung, tiba2 kangen sama istilah2 gini :3 2 chapter aja kan? gk banyak2? soalnya aku lagi rada gimana gitu sama fanfic yg kebanyakan chapter, apalagi di page ini, bejibun fanfic jadi bingung.. semangat irish, ditunggu chapter selanjutnya yaaa.. makasih

    1. Istilah2 abnormal ini ;_; ya ampun jati diri kamu kemana aja?? /digampar/ wkwkwkwkwk XD iyaaa disini banyak pilihan cerita/? /apaan/ XD thankyou yaaaaa❤

  19. Kak rish, ini sumpah demi apa pun idenya dpt drmn 😍😍 aku penasaran sm akhirannya. Seru bgt bacanya sampe ngumpet2 baca wkt les :v semangat lanjutinnya kak irish ^^

    1. Idenya dapet dari kegilaan imajinasiku yang begitu abnormal XD wkwkwkwkwk sempet nya aduh baca pas les, harusnya belajaaarr XD jangan bacaaa XD thanks yaaaa

  20. Ka ilish ffnya keren!! Waah aku jdi bayangin klo beneran ada sistem kaya gtu bsa idup kya manusia wkwk…wajah kita yg selalu di depan lepi bisa terdeteksi wkwkwk…btw si baekhyun genius banget dah

  21. Hai haiiiiii. . Aku bacaa juga disiniiiii wkwkwkwkwk. . Duuuh gak bisa bayangin kamu itu dapet idenya darimana siiih ini cerita Limited Edition bangeeet. . Gak pernah yg nemuin gini diff. . . Wahahah otak kamu emang DAEBAK kalo disuruh yang fantasy2 gituuuuu

    Semangaaat yaaa buat nextnyaaa XD

    1. Kamu baca dan komen juga disiniii XD aaahh aku jd terharu sekali hueeeeeee XD ini nemunya entah dimana dan bagaimana yang jelas ide ini absurd sekali :’) wkwkwkwkwkwwk XD daya imajinasiku ini tinggi sekali emg XD thanks yaaaa

    2. Ahahahaha iyaaaaa. . . Kereeen siiih wkwkwk. . Aku paling suka kalo yg hacker gituu tapi yg gak nyangka si B ini nyiptain virus yang bisa kek gituuuuu. . Duh duuh emang jauh dari kata romance tapii entah kenapa sukaaaaaaaa. . .

    3. Ya Tuhan aku harus baca banyak referensi demi part 2 ;_; supaya ga malu2in wkwkwkwkwkwk XD aahh nanti deh kuselipin romance dikiiiiiit aja XD wkwkwkwkwkkwk

    4. Kalo gitu semangaaat yaaa dear buat bacanyaaa. . Aku sebagai reader cuma bisa kasih semangat dooang supaya kamu lancar nulis lanjutannyaa ehehehe
      Iyaa gak ada juga gpp kok romancenyaaa wkwkwk jadi kebayang muka si cabe lagi di mv Dream wkwkwk XD sumveh dia gak cocok banget sebenernyaa kalo romance2 gitu. . Keliatan gaje bin awkward XD tapi bolehlah kasih dikit

      SEMANGAAT YAAA ^^

    5. Buahahahaha XD aku suka ada yang mau baca ff abnormal ini XD wkwkwkwkk thanks yaa XD aduh jangan bayangin muka dia disana serius aku pen gampar dia disana XD

Pip~ Pip~ Pip~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s